Cara Atasi Kakak Adik Sering Bertengkar

atasi kakak adik sering bertengkar

Perkelahian merupakan hal yang biasa terjadi. Bagaimana cara atasi kakak adik sering bertengkar tersebut ? Sebagai orang tua, sobat mungkin sudah tahu, pertengkaran antara kakak dan adik dipicu oleh masalah sepele. Meskipun pertengkaran tidak berlangsung lama, tetap saja hal ini harus jadi perhatian khusus.

Cara Atasi Kakak Adik Sering Bertengkar

Beberapa sumber bisa dijadikan acuan untuk melakukannya. Sebagian adalah mencegah kecemburuan sosial yang terjadi antar keduanya. Berikut ulasannya:

Menjadwalkan Kesibukan

Dengan rutinitas tertentu yang telah disepakati dalam keluarga maka tidak ada lagi perseteruan terjadi. Misalnya jadwal menyapu rumah yang harus dilakukan berdua sesuai waktu yang ditentukan. Sehingga tidak ada lagi rasa iri tentang siapa yang harus menyapu rumah hari ini.

Hal ini juga berlaku untuk rutinitas lainnya sepert mandi. Kakak harus mandi terlebih dahulu sebelum adik. Ini akan melatih tanggung jawab dan disiplin, daripada berebut kamar mandi setiap kali jam menunjukkan waktu sore.

Atasi Kakak Adik Sering Bertengkar Dengan Saling Menghormati

Langsung memberikan contoh secara nyata bahwa ayah atau ibu saling meminta maaf ketika memiliki kesalahan. Saling menghormati dengan tidak adu mulut dan tidak menyela pembicaraan lawan. Dengan melakukan praktek langsung, maka secara sengaja ataupun tidak kakak adik akan mencontohnya.

Menghormati perbedaan seperti pemilihan warna, model baju, dan lainnya adalah penting. Ajarkan bahwa perbedaan adalah hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Asalkan tidak mengganggu lainnya, itu tidak menjadi masalah. Malah dengan perbedaan bisa saling melengkapi dalam satu keluarga.

Memberikan Prestise

Prestise adalah sebuah penghargaan dari apa yang dicapai oleh seseorang. Ketika kakak bisa menjaga adik dengan baik dan tidak saling bertengkar, keduanya bisa diberikan hadiah. Misalnya ditinggal kedua orang tua seharian namun tidak ada yang bertengkar. Ibu atau ayah pulang memberikan hadiah berupa hasil kerukunan yang telah berjalan.

Hadiah tidak hanya berbentuk fisik berupa boneka atau barang kesukaan kakak dan adik. Memberikan pujian pada mereka sebagai akibat dari perilaku baik merupakan umpan balik yang bisa sobat lakukan. Sanjungan dan pujian manis saat mereka tidak bertengkar dalam sebuah kesempatan.

Seimbang Dalam Memberikan Kebutuhan Keduanya

Kecemburuan sosial karena salah satu dari kakak maupun adik mendapatkan lebih banyak dari orang tua bisa terjadi. Mereka perlu untuk dicintai dan dihargai sama besarnya tanpa ada perbedaan. Kakak adik tidak akan lagi mencari perhatian lebih dengan bersaing. Berikan ucapan yang sama dan rasa kasih sayang yang seimbang untuk adik kakak.

Berikan Peringatan Untuk Menyelesaikan Tugas

Tanpa perlu marah-marah ketika kakak adik bertengkar sobat bisa memberikannya peringatan. Untuk tidak melanjutkan perselisihan sehingga tugas mereka bisa diselesaikan secara individu. Ajarkan cara mengatasi konflik secara positif, adil, dan saling menguntungkan. Sehingga tidak ada lagi yang bertengkar akibat kecemburuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *