Gejala Kecemasan Akibat Penggunaan Smartphone

Gejala Kecemasan Akibat Penggunaan Smartphone

Gejala kecemasan akibat penggunaan Smartphone adalah sesuatu yang benar terjadi. Apakah sobat merasakan beberapa gejala-gejala yang menyebabkan diri cukup cemas berkaitan dengan ponsel pintar?

Sebaiknya sobat harus berhati-hati jika beberapa hal dibawah ini terjadi pada diri. Karena Smartphone juga bisa menjadi sumber penyakit akibat dari penggunaan yang tidak sesuai.

Gejala Kecemasan Akibat Penggunaan Smartphone

Seringkali kita tidak ingat waktu karena keasyikan mengusap-usap layar menikmati berbagai konten di platform Smartphone. Data menunjukkan setidaknya kita menghabiskan 2 jam di depan layar. Hasilnya akan lebih banyak jika sobat golongan anak muda yang belum memiliki pekerjaan tetap.

Padahal Smartphone digunakan untuk menghilangkan stress karena kerjaan sehari-hari. Dapat mengatasi rasa bosan dalam pekerjaan. Akan tetapi apabila terlalu sering malah berakibat pada beberapa masalah dibawah ini.

FOMO (Fear of Missing Out)

Smartphone adalah alat untuk mencari semua informasi di dunia. Disana juga menyajikan berbagai info terbaru tentang apa yang lagi ngetrend. Banyak orang kemudian mengikuti trend yang sedang naik daun membuat mereka terlihat keren karenanya. Bagi orang yang mengalami gangguan kecemasan akibat terlalu sering menggunakan ponsel pintar mereka mengalami FOMO atau rasa khawatir akibat tidak bisa melakukan aktivitas bahagia seperti orang lain.

Kejadian ini membuat orang merasakan iri tentang trend yang sedang terjadi di dunia maya. Seolah-olah dia harus terus mengecek sosial medianya dan ikut apa yang sedang ramai orang lakukan. Jika tidak bisa mengikutinya, dia merasa tertinggal. Biasanya orang dengan rasa FOMO cenderung mengabaikan kegiatannya sendiri dan terus mengikuti apa yang orang lain lakukan untuk bahagia. Bahkan karena terlalu dianggap sebuah hal yang penting, rasa tertinggal menyebabkan mereka menjadi depresi.

Nomofobia

Phobia merupakan kata yang terdapat dalam masalah kesehatan mental yang satu ini. Sobat pasti sudah tahu, artinya adalah ketakutan seseorang dengan sesuatu. Nomofobia adalah salah satu gangguan dengan gejala rasa takut jika tidak memegang Smartphone. Rasa cemas akibat jauh dari ponsel adalah gejala yang diakibatkan dari kecanduan perangkat.

Inilah dampak buruk yang dihasilkan jika sobat terlalu lama bermain Smartphone. Sobat jadi tidak bisa fokus pada hal lain jika tidak bersama dengan Smartphone. Perasaan cemas akan mengikuti ketika jauh dari ponsel. Jika rasa cemas tersebut menyangkut hal-hal tidak penting selain pekerjaan (misalnya), sobat harus berhati-hati karena ini merupakan gejala kecemasan akibat kecanduan Smartphone.

Gejala Kecemasan Akibat Penggunaan Smartphone Pada Low Battery Anxiety

Sebuah gejala kecemasan yang terjadi ketika perangkat yang digunakan tersebut dalam kondisi yang tidak optimal. Misalnya baterai ponsel dibawah 10%, pasti merasa panik untuk segera mencari tambahan daya, colokkan bahwa akan merasa takut apabila tidak membawa charger.

Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh perusahaan LG di tahun 2016. Didapatkan hasil bahwa sekitar 90% orang merasa takut jika baterai ponsel mereka habis atau tidak mendapatkan daya.

Rasa tersebut dimulai sejak adanya pemberitahuan warna merah pada baterai. Bahkan sebelum itu, ada yang sudah merasa takut dan cemas jika ponsel mereka daya nya lemah. Biasanya gejala kecemasan ini punya beberapa ciri-ciri. Diantaranya:

  • Sering minta bantuan untuk mengisi daya ponsel
  • Pesan di tempat makan hanya karena ada colokkan listriknya, bukan untuk beneran menikmati hidangan
  • Suka meminjam charger ke teman
  • Punya charger lebih dari satu, terpasang di tempat biasa dia berada
  • Bahkan sampai mengabaikan panggilan atau pesan dari orang lain hanya untuk menghemat baterai

Sindrom Phantom Vibration

Ini merupakan sebuah penyakit yang memberikan perasaan bahwa ponsel berdering atau bergetar karena ada notifikasi tertentu. Padahal sebenarnya tidak. Perasaan bahwa ada sesuatu di ponsel padahal memang ponsel sedang diam alias salah penafsiran ini cukup berbahaya. Karena sobat akan sangat tidak fokus pada pekerjaan apabila ponsel sekedar bergetar karena notifikasi email tidak penting.

Itulah beberapa gejala rasa cemas akibat penggunaan Smartphone yang berlebihan. Segera lakukan konsultasi dengan psikolog jika sobat mengalaminya begitu parah. Atau bisa dengan mengurangi frekuensi penggunaan ponsel pintar dengan menggantinya dengan kegiatan positif lainnya seperti berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *