Cara Cek Komputer Mendukung Windows 11 Atau Tidak

Bagaimanakah cara cek komputer mendukung Windows 11 ? Karena belum lama saat artikel dirilis, Windows 11 telah dirilis oleh Microsoft. Jadi sobat mungkin gak sabar pengen nyoba beberapa fitur yang bisa dirasakan. Belum lagi banyak Leak yang mengatakan bahwa sistem operasi terbaru generasi Windows ini memiliki kecenderungan mirip dengan Mac OS. Benarkah begitu? Infonya Gookalian bagikan buat sobat dibawah.

Cara Cek Komputer Mendukung Windows 11

Teknologi yang ditawarkan oleh perangkat komputer dari jaman ke jaman selalu mengalami peningkatan. Misalkan pada segi keamanan Windows 7 dibanding Windows 10, memiliki skor 16% vs 7% untuk kerentanannya dalam terkena malware/virus (zdnet). Ditambah lagi dengan teknologi mesin yang telah upgrade pada poin keamanannya yang sebelumnya tidak ada.

Singkatnya, Windows 11 membutuhkan prosesor dengan inti 2 atau lebih (Dual Core or more) dengan Clock Speed 1GHz atau lebih tinggi. Untuk RAM membutuhkan sedikitnya 4 GB atau lebih dengan penyimpanan 64 GB. Yang paling terbaru, untuk dapat melakukan instalasi Windows 11, komputer/PC harus memiliki tingkat keamanan yaitu TPM (Trusted Platform Module) versi 1.2 ke atas dan dukungan SecureBoot Capable (Keamanan Boot di BIOS). Namun sekarang TPM versi 2.0 menjadi tidak dapat ditawar lagi. Untuk lebih mudahnya, sobat bisa cek melalui langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi Browser, baik itu Chrome atau Mozilla di komputer atau laptop sobat
  • Kunjungi https://www.microsoft.com/en-us/windows/windows-11
  • Scroll ke bawah, temukan Check For Compatibility
  • Klik Download App
  • Tunggu proses unduhan aplikasi PC Health Check Setup hingga selesai
  • Instal/klik 2 kali aplikasi PC Health Check Setup
  • Centang I Accept The Term
  • Klik Instal dan tunggu proses
  • Klik Finish jika sudah selesai dan biarkan centang Open Windows PC Health Check
  • Aplikasi tersebut akan terbuka
  • Klik pada Check Now

Jika terdapat informasi This PC Can’t Run Windows 11 maka secara umum komputer atau laptop sobat tidak bisa dipasang Windows 11.  Namun ada hal lain yang perlu diperhatikan terkait hal tersebut.

laptop tidak bisa windows 11

Alasan Komputer Tidak Mendukung Windows 11

Menimbang spesifikasi yang dibutuhkan diatas, bisa saja komputer menjadi tidak mendukung apabila komponen yang dibutuhkan absen. Seperti teknologi TPM minimal versi 2.0 yang diharuskan dimiliki oleh sebuah komputer. Bertujuan untuk keamanan data standar masa kini, terdapat Chip yang menyimpan Kunci Enkripsi dan Kredensial di Motherboard komputer. Termasuk Secure Boot yang disematkan pada pengaturan BIOS menjadi kunci utama lainnya sistem operasi Windows 11 dapat diinstal pada sebuah perangkat komputer.

Tidak cuma 2 teknologi tersebut yang harus ada. Keduanya juga harus dalam keadaan aktif pada pengaturan BIOS komputer/laptop. Beberapa laptop perlu membuka setelan Secure Boot menjadi Off terlebih dahulu agar dapat melakukan instalasi Windows versi lama (7 atau 8.1). Ketika setelan ini nonaktif, maka software pada tutorial diatas tidak akan mendeteksi Requirement untuk dapat menggunakan Windows 11.

Maka dari itu, sobat perlu mengaktifkan terlebih dahulu TPM dan Secure Boot pada BIOS komputer. Yang biasanya diakses melalui tombol F2 atau Del saat menghidupkannya. Setelah diaktifkan, sobat bisa kembali melakukan tutorial diatas. Biasanya setelah diaktifkan (jika memang ada 2 komponen tersebut) tombol centang pada aplikasi yang menujukkan informasi bahwa sebuah laptop/komputer bisa diinstal Windows 11 akan muncul.

Check Also

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik Angka

Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik Angka

Keyboard komputer tidak bisa mengetik angka disebabkan oleh berbagai masalah. Dengan beberapa tips dari Gookalian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *