Rabu , September 28 2022

Cara Melihat Video YouTube Yang Dihapus

Sobat mungkin perlu cara melihat video Youtube yang dihapus. Mungkin karena bikin penasaran, pernah viral atau berbagai alasan lainnya. Beberapa kasus sebenarnya video yang tidak bisa dibuka di Youtube belum tentu dihapus oleh pemiliknya. Ada alasan tertentu dimana sobat tidak bisa mengaksesnya. Namun masih ada harapan untuk dapat melihatnya kembali. Tipsnya dari Gookalian untuk sobat.

Penyebab Video Youtube Tidak Bisa Dibuka

Selain dihapus oleh penggunanya, ada beberapa alasan tertentu video tidak dapat dibuka. Sobat mungkin melihat bahwa sebuah video di Youtube telah tidak ada memang karena telah dihilangkan oleh pemiliknya. Namun ada alasan lain dibawah ini:

Video Dikenakan Batasan Wilayah

Pemilik video dan juga Youtube bisa menentukan apakah sebuah video boleh ditonton oleh mereka dari negara luar. Indonesia mungkin menjadi salah satu negara yang tidak memperbolehkan memainkan sebuah konten di Youtube. Umumnya konten yang mengundang keresahan atau komentar netizen lebih banyak bisa saja diblokir dari sana.

Dikenai Batasan Umur

Ini juga salah satu penyebab video tidak dapat dilihat karena akun Google yang dimiliki. Banyak video yang dikenai batasan usia karena terdapat konten didalamnya mengandung hal yang tidak boleh ditonton seseorang dibawah umur.

Pemilik Konten Diblokir Youtube

Salah satu yang menyebabkan sebuah video tidak dapat diakses adalah kebijakan Youtube yang diterobos oleh pemiliknya. Ada aturan-aturan tertentu di Youtube yang tidak boleh dilanggar dan jika dilakukan akun akan diblokir, hangus dan tentunya pemilik akun.

Baca Juga!  Tema Berbayar Menjadi Gratis Di Vivo, Oppo, Realme

Cara Melihat Video YouTube Yang Dihapus

Setelah mengetahui penyebab mengapa sebuah url/link video Youtube tidak bisa dibuka. Berarti belum tentu dihapus oleh pemiliknya. Ada hal lain yang menyebabkannya seperti itu. Berikut ini tips dari Gookalan untuk sobat dalam mengatasi masalah ini:

Menggunakan VPN

VPN bisa sobat akses menggunakan aplikasi di Android dan juga di komputer/PC. Keduanya sama-sama perlu diinstal untuk kemudian digunakan untuk bisa mengakses Youtube. Karena beberapa video dicekal di negara, maka VPN akan berfungsi menyamarkan wilayah yang kita tempati saat ini menjadi negara tujuan agar bisa membukanya.

Untuk ponsel android langkah menggunakannya:

  • Di android, buka aplikasi Play Store
  • Cari dibagian atas, ketikkan: TurboVPN
  • Instal aplikasi tersebut
  • Jika sudah diinstal selanjutnya dibuka
  • Gunakan negara Singapura atau Amerika. Keduanya paling umum negara video tidak dicekal. Atau bisa menggunakan wilayah lain.
  • Coba lagi membuka url/link Youtube yang tidak bisa diakses atau bertuliskan dihapus

Untuk di PC juga hampir sama:

  • Buka aplikasi Chrome
  • Kunjungi alamat: turbovpn.com
  • Klik Download gratis (free)
  • Setelah diunduh, instal aplikasi TurboVPN
  • Aktifkan aplikasi dengan memilih negara tertentu
  • Cobalah untuk membuka kembali video Youtube yang telah dihapus

Menggunakan Akun Youtube Sesuai Umur

Jika video tidak dapat diakses karena tidak diperuntukkan untuk dibawah umur. Maka yang perlu diganti adalah akun Google. Umur yang dimiliki dalam identitas saat membuat akun Google adalah kuncinya. Sobat ketika membuat akun Google minimal memiliki usia 20 tahun agar aman ketika mengakses semua video dengan rentang umur tertentu. Mengganti akun Google dengan yang memiliki usia wajar untuk menontonnya.

Menggunakan Wayback Machine

Wayback Machine adalah sebuah alat dari situs archive.org yang fungsinya melakukan tangkapan tampilan sebuah situs pada waktu tertentu. Cara kerjanya adalah Wayback Machine akan melakukan Scan/memindai sebuah situs pada suatu waktu tampilan original pada waktu tersebut akan sebisa mungkin dimuat semua. Kemudian mesin akan menyimpan semua tangkapan kenampakan situs tersebut pada waktu dia melakukanya.

Baca Juga!  Tips Memilih Hp Dual Speaker

Cara kerja situs tersebut ini yang bisa sobat manfaatkan untuk mengembalikan tampilan awal sebuah video Youtube yang telah dihapus. Langkah menggunakannya adalah:

  • Buka aplikasi Browser seperti Chrome/Firefox
  • Masukkan alamat untuk dikunjungi: archive.org
  • Klik sebelah kanan Wayback Machine
  • Masukkan url/link video Youtube yang tidak bisa dibuka itu lalu Enter
  • Akan muncul waktu (tanggal) Wayback membaca aktivitas web tersebut
  • Pilih waktu dimana video setelah dimunculkan atau sebelum waktu penghapusan
  • Nikmati konten yang telah dihapus

Namun jangan terlalu berharap dengan situs ini karena tidak 100% berhasil untuk cara melihat video Youtube yang dihapus. Situs ini tidak melakukan Scan pada seluruh website di dunia. Juga tidak melakukannya setiap hari, sehingga kemungkinan video sudah dihapus memang tidak masuk dalam scan mesin ini.

Pada akhirnya, jika memang video murni dihapus oleh pemiliknya dan dihapus oleh si Youtube. Mungkin sobat benar-benar tidak dapat mengaksesnya lagi. Tidak ada salahnya untuk mencari judul video yang sama pada pencarian Youtube. Siapa tahu ada orang lain yang memang sama bahwa video tersebut kontroversial. Sehingga dia melakukan upload ulang pada akun mereka. Ini bisa jadi jalan untuk sobat yang menginginkan konten yang telah dihapus dikembalikan.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.