Cara Memilih Sayuran Yang Baik

Gookalian – Cara memilih sayuran yang baik mungkin sebuah skil yang harus dimiliki oleh seorang ibu. Tapi tidak menutup kemungkinan sobat dan semua anggota keluarga perlu mengetahui beberapa dasar dalam pemilihan bahan makanan sehari-hari ini. Khususnya mengetahui sayuran yang masih segar penting untuk mendapatkan kandungan nutrisi maksimal dan menjauhkan dari penyakit.

Sayur yang baik akan memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh kita. Dengan ini tubuh akan menjadi sehat dan terjauh dari penyakit akibat kekurangan zat dari sayuran. Lalu bagaimanakah cara memilih sayuran yang baik?

Cara Memilih Sayuran Yang Baik

Untuk ibu yang membeli bahan ini dari tukang sayur keliling, supermarket atau pasar secara langsung harus memastikan masih segar. Kebiasaan masyarakat kita, yaitu membeli sayur di pagi hari dan menghindari terlalu siang agar tidak mendapatkan sayur yang layu. Berikut ini panduan untuk sobat dalam melakukan pemilihan sayur yang baik:

Membeli Sayur Di Pagi Hari

Seperti yang telah dijelaskan diatas. Segeralah berbelanja sayur di pagi hari. Ini akan mempermudah sobat dalam mendapatkan sayuran berkualitas baik sebelum ketinggalan. Cocok juga pagi hari setelahnya menyiapkan masakan untuk sarapan maupun makan siang.

Baca Juga!  Kenali Penyebab Anak Merasa Kesepian

Sayuran Tidak Layu/Masih Segar

Caranya yaitu melihat daun dan tangkainya. Apabila sudah kusut berarti tidak segar. Ciri lain yang masih segar adalah daunnya berwarna lebih cerah/segar sesuai denga warna asli. Hindari mengambil sayur yang daunnya sudah berubah warna atau pudar. Warna yang menguning perlu diperhatikan, karena indikasi sudah berkurang kesegarannya.

Cek Daun

Ini yang paling utama pada sayuran yang memiliki daun berwarna hijau dan lain sebagainnya. Untuk kangkung, bayam, kenikir usahakan memilih yang belum layu. Layu ditandai dengan daun yang sudah tidak keras atau kelihatan lembek. Untuk yang masih bagus, ketika disentuh daunnya masih keras.

Tidak Keriput

Ketimun, tomat, maupun wortel yang sudah dalam hitungan hari akan menunjukkan kulit yang keriput. Ini penting untuk dihindari, karena kalau terlampau lama meskipun kelihatan keriput di bagian luar. Bisa saja didalamnya sudah ada ulatnya. Maka dari itu selalu pilih jenis sayur yang tidak keriput bagian kulitnya.

Aroma Khas Yang Segar

Cara memilih sayuran yang baik dengan membau pada beberapa jenisnya. Aroma cukup kuat dan khas akan muncul dari tiap-tiap jenis sayuran. Jika ada bau yang aneh atau terlalu menyengat bau kurang sedap berarti sudah tidak segar lagi.

Belum Terlalu Dibersihkan

Misalnya pada bayam yang masih ada akarnya dengan sedikit tanah. Atau kentang yang masih sedikit kotor. Sayuran yang tidak terlalu bersih berarti belum diproses terlalu lama. Akar dengan sedikit tanah menjaga kesegaran daun dan batang sampai diatas meja dapur. Beberapa sumber mengatakan kalau masih sedikit kotor lalu dibersihkan sendiri nyatanya lebih sehat dan nikmat.

Baca Juga!  Cara Menentukan Ukuran Kondom yang Tepat untuk Anda

Tidak Mengandung Pestisida

Apakah sayur yang bagus tanpa cacat itu kelihatan sehat tanpa pestisida? Nyatanya tidak. Ulat yang memakan daun hingga bagian sayuran tersebut berlubang, menandakan tidak ada kimia dalam penanamannya. Karena kalau terlalu cantik bisa jadi penanamnya menggunakan obat kimia untuk mengusir hama pembuat sayuran kurang Eye Catching. Berhati-hati karena ini berdampak jangka panjang terhadap kesehatan.

Langsung Beli Dari Petani Terpercaya

Ini merupakan salah satu cara mengetahui apakah sayur menggunakan obat kimia pestisida atau tidak. Yaitu meninjau langsung kebun dan juga membelinya secara langsung. Selain itu, sayuran yang dibeli ketika panen pasti sangat segar. Ya kalau memang sobat beruntung bisa tinggal dekat dengan petani sayuran.

Itulah beberapa cara memilih sayuran yang baik untuk keluarga. Santapan sehari-hari, pilih yang terbaik. Cuci hingga bersih dan perhatikan cara memasak agar kandungan sayur tidak hilang. Keluarga akan mendapatkan manfaat ini untuk mencapai hidup sehat.

Check Also

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert 1

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert

Adobe Genuine Service Alert adalah notifikasi yang muncul ketika ada dugaan penggunaan software Adobe yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *