Cara memperbaiki windows yang tidak bisa tersambung ke internet

Jika Anda sedang mengalami masalah tidak bisa tersambung ke internet pada windows, jangan khawatir. Masalah ini bisa terjadi pada siapa saja dan ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya. Pada artikel ini, kita akan membahas secara rinci langkah-langkah untuk memperbaiki masalah koneksi internet pada windows yang tidak bisa tersambung.

Beberapa hal yang akan dibahas dalam artikel ini termasuk cara memeriksa koneksi jaringan, melakukan restart perangkat networking, memeriksa pengaturan jaringan, dan memperbarui driver perangkat jaringan. Selain itu, kita juga akan membahas beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab masalah koneksi internet pada windows dan cara mengatasinya.

Dalam panduan ini, kami akan memberikan penjelasan langkah demi langkah dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga Anda dapat memperbaiki masalah ini sendiri tanpa harus menghubungi teknisi profesional. Jadi, mari kita mulai membahas cara memperbaiki windows yang tidak bisa tersambung ke internet.

Cara memperbaiki windows yang tidak bisa tersambung ke internet 1

Periksa Koneksi Jaringan

Jika komputer Anda tidak bisa tersambung ke internet, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa koneksi jaringan. Pastikan kabel jaringan terhubung dengan baik antara modem/router dengan komputer, dan tidak ada kabel yang lepas atau rusak.

Ada beberapa cara untuk memeriksa koneksi jaringan:

  • Periksa lampu pada modem/router apakah menyala atau tidak. Jika tidak, restart modem/router terlebih dahulu.
  • Buka command prompt dengan menekan tombol Win+R kemudian ketikan cmd dan tekan enter. Setelah itu, ketikan ipconfig dan tekan enter lagi. Periksa apakah IP Address, Subnet Mask, dan Default Gateway sudah terisi atau belum.
  • Jika Anda menggunakan Wi-Fi, pastikan koneksi Wi-Fi sudah terhubung dan masukkan password yang benar jika diminta.

Jika setelah memeriksa koneksi jaringan, masalah tetap berlanjut, maka lanjut ke langkah berikutnya.

Restart Perangkat Networking

Setelah memeriksa koneksi jaringan dan masih mengalami masalah tidak bisa tersambung ke internet, langkah selanjutnya untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan melakukan restart perangkat networking.

Baca Juga!  Menjaga SSD Dari Batas TBW

Perangkat networking yang dimaksud adalah modem, router, atau perangkat lain yang digunakan untuk koneksi internet. Kita dapat melakukan restart dengan cara mematikan perangkat tersebut terlebih dahulu, kemudian menyalakannya kembali setelah beberapa saat.

Proses restart akan memungkinkan perangkat networking untuk menyegarkan koneksi internet. Hal ini akan membantu mengatasi masalah koneksi internet pada windows yang tidak dapat tersambung ke internet.

Jika setelah melakukan restart masalah masih terjadi, mungkin perlu dilakukan langkah-langkah selanjutnya untuk memperbaiki masalah koneksi internet pada windows yang tidak bisa tersambung.

Periksa Pengaturan Jaringan

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah koneksi internet yang tidak bisa tersambung adalah dengan memeriksa pengaturan jaringan pada windows.

Hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Periksa apakah pengaturan jaringan dibuat secara otomatis atau manual.
  2. Jika menggunakan pengaturan manual, pastikan pengaturan tersebut sesuai dengan yang diberikan oleh penyedia layanan internet.

Jika pengaturan jaringan tidak benar, bisa menyebabkan masalah koneksi internet. Untuk memeriksa pengaturan jaringan, ikuti panduan berikut:

  1. Buka Control Panel di Windows.
  2. Pilih Network and Internet, kemudian Network and Sharing Center.
  3. Pada jendela Network and Sharing Center, pilih Change Adapter Settings.
  4. Klik kanan pada koneksi yang digunakan untuk mengakses internet, kemudian pilih Properties.
  5. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), kemudian klik Properties.
  6. Periksa apakah pengaturan IP dan DNS dibuat secara otomatis atau manual.
  7. Jika menggunakan pengaturan manual, pastikan pengaturan tersebut sesuai dengan yang diberikan oleh penyedia layanan internet.
  8. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Setelah memeriksa dan memperbaiki pengaturan jaringan, coba sambungkan kembali ke internet dan periksa apakah masalah koneksi internet sudah dapat diatasi.

Perbarui Driver Perangkat Jaringan

Jika langkah sebelumnya tidak berhasil memperbaiki masalah koneksi internet pada Windows yang tidak bisa tersambung, kemungkinan masalah terletak pada driver perangkat jaringan yang tidak terbaru. Pastikan driver perangkat jaringan yang digunakan sudah diperbarui ke versi terbaru dan kompatibel dengan Windows yang digunakan.

LangkahKeterangan
1.Jalankan Windows Update untuk memeriksa pembaruan driver yang tersedia.
2.Jika driver perangkat jaringan belum terbarui melalui Windows Update, periksa situs web produsen perangkat jaringan dan unduh driver terbaru yang sesuai dengan jenis perangkat jaringan dan versi Windows yang digunakan.
3.Setelah driver terbaru diunduh, instal driver tersebut dan restart komputer.

Penting untuk selalu memperbarui driver perangkat jaringan secara teratur untuk memastikan koneksi internet tetap stabil dan lancar.

Baca Juga!  Cara Print Bolak Balik Otomatis dan Manual

Nonaktifkan perangkat keamanan sementara

Jika koneksi internet pada windows terputus dan tidak bisa tersambung, langkah selanjutnya adalah menonaktifkan perangkat keamanan sementara. Beberapa perangkat keamanan seperti firewall atau antivirus dapat memblokir koneksi internet dan menyebabkan masalah pada jaringan.

Untuk menonaktifkan perangkat keamanan sementara, ikuti langkah berikut:

  1. Buka pengaturan perangkat keamanan yang terpasang pada windows.
  2. Cari opsi untuk menonaktifkan firewall atau antivirus sementara.
  3. Pilih opsi untuk menonaktifkan sementara.
  4. Coba sambungkan kembali ke internet.

Jika setelah menonaktifkan perangkat keamanan sementara koneksi internet sudah normal kembali, pastikan untuk mengaktifkan kembali perangkat keamanan tersebut setelah selesai menggunakan internet. Hal ini akan memastikan komputer tetap terlindungi dari ancaman yang dapat membahayakan keamanan data dan privasi pengguna.

Reset Pengaturan Jaringan

Jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil memperbaiki masalah tidak bisa tersambung ke internet pada windows, maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah mereset pengaturan jaringan. Reset pengaturan jaringan akan mengembalikan pengaturan jaringan ke pengaturan default dan dapat memperbaiki masalah koneksi internet. Berikut adalah langkah-langkah untuk mereset pengaturan jaringan:

  1. Buka menu Start dan ketik “CMD” pada kolom pencarian.
  2. Klik kanan pada aplikasi Command Prompt dan pilih “Run as administrator”.
  3. Saat jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah “netsh winsock reset” dan tekan tombol Enter.
  4. Setelah proses selesai, ketik perintah “netsh int ipv4 reset” dan tekan tombol Enter.
  5. Ketik juga perintah “netsh int ipv6 reset” jika Internet Protocol versi 6 digunakan dan tekan tombol Enter.
  6. Tutup jendela Command Prompt dan restart komputer.

Jika setelah mereset pengaturan jaringan masalah tetap terjadi, sebaiknya hubungi penyedia layanan internet atau bawa komputer ke teknisi profesional untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Periksa Penggunaan Data

Jika windows Anda tidak tersambung ke internet, pastikan penggunaan data internet tidak melebihi batas yang ditentukan oleh penyedia layanan internet. Penggunaan data yang melebihi batas dapat mempengaruhi koneksi internet pada windows dan menyebabkan tidak bisa tersambung ke internet.

Baca Juga!  Cara Mengembalikan Akun Google Yang Dihapus Permanen

Untuk memeriksa penggunaan data, Anda dapat melakukannya dengan cara:

  1. Melihat tagihan bulanan dari penyedia layanan internet Anda.
  2. Mengunjungi situs web penyedia layanan internet, lalu cek penggunaan data Anda dari akun Anda.
  3. Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memantau penggunaan data Anda.

Jika penggunaan data internet sudah mencapai batasnya, Anda perlu menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk memperbarui atau menambah kuota data.

Dengan memeriksa penggunaan data internet secara berkala, Anda dapat mencegah masalah koneksi internet pada windows yang tidak bisa tersambung ke internet karena batas penggunaan data yang terpenuhi.

Hubungi Penyedia Layanan Internet

Jika setelah melakukan semua langkah-langkah di atas dan masalah koneksi internet pada windows masih belum dapat teratasi, sebaiknya segera hubungi penyedia layanan internet.

Penyedia layanan internet akan membantu menyelesaikan masalah yang dialami dan dapat melakukan pengecekan apakah memang ada masalah pada jaringan internet di wilayah pengguna.

Jika diperlukan, penyedia layanan internet juga dapat mengirimkan teknisi untuk mengecek langsung perangkat dan koneksi internet.

Jangan ragu untuk menghubungi penyedia layanan internet karena mereka siap membantu memperbaiki masalah koneksi internet yang dialami pengguna.

Periksa Hardware Komputer

Jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil, kemungkinan masalah terletak pada hardware komputer. Untuk memeriksa hardware komputer, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Matikan komputer dan pastikan kabel jaringan terpasang dengan baik di port yang tepat. Kabel jaringan harus terhubung dengan baik dan tidak ada kabel yang lepas atau rusak.
  2. Periksa kartu jaringan dan pastikan kartu tersebut terpasang dengan benar di slot PCI atau PCIe. Jika kartu jaringan tidak terpasang dengan benar, komputer tidak dapat terhubung ke internet.
  3. Periksa apakah ada kerusakan pada hardware komputer seperti kabel jaringan yang rusak atau kartu jaringan yang tidak berfungsi. Jika ada kerusakan, segera ganti bagian yang rusak dengan yang baru.
  4. Jika Anda tidak yakin dengan cara memeriksa hardware komputer, sebaiknya minta bantuan dari teknisi profesional. Mereka dapat membantu memperbaiki masalah hardware pada komputer Anda.

Jika setelah memeriksa hardware komputer, masalah koneksi internet tetap belum teratasi, sebaiknya hubungi penyedia layanan internet atau bawa komputer ke teknisi profesional.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa langkah untuk memperbaiki masalah koneksi internet pada windows yang tidak bisa tersambung. Namun, terkadang kondisi yang berbeda-beda memerlukan solusi yang berbeda-beda pula. Jadi, cobalah untuk memahami akar masalah dari setiap kondisi. Jangan ragu untuk menghubungi penyedia layanan internet atau membawa komputer ke teknisi profesional jika semua langkah gagal memperbaiki masalah.

Mudah-mudahan informasi yang disajikan dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah koneksi internet pada Windows yang tidak bisa tersambung.

Check Also

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement 1

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog Anda selain dari iklan biasa? Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *