Cara Mencegah Alergi Debu Kambuh

Cara Mencegah Alergi Debu Kambuh

Alergi terhadap debu? Gookalian ada tips cara mencegah alergi debu kambuh sehingga tidak menyusahkan lagi. Paling umum alergi terhadap debu ditandai dengan selalu bersin diikuti mata merah, hidung gatal, batuk-batuk dan lain sebagainnya. Yang lebih parah sampai sesak nafas karena reaksi asma oleh tubuh dalam menangkal zat penyebab alergi. Perlu pencegahan agar tidak terjadi lagi.

Cara Mencegah Alergi Debu Kambuh

Sudah pasti ketika gejala alergi ini sobat alami bakalan membuat hari-hari menjadi tidak produktif. Bersin dan gatal tidak nyaman akan menyerang. Ini bisa kambuh karena sedang membersihkan rumah seperti menyapu. Seharusnya dihindari berbagai debu, namun juga beberapa tips ini agar tidak hanya bersih tapi juga mencegah alergi kambuh.

Perhatikan Kasur Sobat Cuci Seprai Secara Berkala

Disarankan untuk sobat yang punya masalah alergi ini, mencuci seprai tidak dengan mesin cuci. Manual dengan menyikat lembut semua bagian luar maupun dalam sprei. Memang akan melelahkan, akan tetapi ini akan membersihkan tungau debu yang menempel sebab tidak bisa dilakukan dengan mesin cuci. Setelah dicuci, jemur hingga benar-benar kering. Atau menggunakan pengering dengan suhu 55 derajat selama 15 menit.

Selain mencuci sprei, rutin lakukan menjemur kasur untuk membunuh tungau maupun bakteri yang senang tinggal disana. Bantal juga ikut, karena sinar matahari akan menghilangkan kondisi yang lembab. Kondisi yang disukai tungau tinggal yang dapat menyebabkan alergi. Pastikan juga sobat menggunakan sprei dan sarung bantal anti tungau untuk mencegah perkembangbiakan alergen.

Cara Mencegah Alergi Debu Kambuh Adalah Tidak Menerbangkan Debu Saat Bersih-Bersih

Caranya adalah menggunakan penyedot debu dan kain basah. Dua hal ini akan mengurangi debu yang berterbangan akibat menyapu atau cara biasa. Lakukan pembersihan rumah secara rutin untuk menghindari tumpukan debu yang tidak sehat.

Menyingkirkan Barang Atau Sumber Debu

Karena debu merupakan tempat berkembang biak tungau, pantang untuk membiarkan berbagai barang tak terpakai terbengkalai. Sebaiknya simpan dalam wadah atau diluar ruangan biasanya. Disarankan untuk mengurangi penggunaan barang yang bisa jadi sarang debu. Misalnya karpet, gorden yang sulit dicuci. Jika barang tersebut masih bisa digunakan atau sering berinteraksi dengannya, sobat perlu membersihkan secara rutin.

Hiasan dinding, meja, mainan,boneka, buku-buku dan lain sebagainya berpotensi meninggalkan debu. Sebaiknya tidak disimpan di kamar atau ruang keluarga jika tidak dipakai. Meminimalkan barang tidak terpakai ada dalam ruangan akan membuat sobat lebih cepat membersihkannya.

Menggunakan Masker

Sebagai pencegahan yang mungkin membuat sobat tidak nyaman adalah dengan masker. Disarankan menggunakan masker N95 dengan penyaringan yang lebih ketat sehingga bagus mencegah alergi terdeteksi saluran pernafasan. Adapun ini juga bisa digunakan saat sedang melakukan bersih-bersih.

Jika memang sangat sensitif, meminta bantuan ke orang lain bisa dilakukan. Ini untuk kesehatan diri, apabila memang rumah cukup lama tidak dibersihkan. Menyewa jasa atau meminta bantuan keluarga membersihkan rumah adalah ide bagus. Konsultasikan atau periksakan keadaan sobat apabila memang semakin tidak nyaman atau memberatkan ke dokter pelayanan terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *