Perhatikan Sebelum Membeli Ponsel Lipat Di Tahun 2021

Membeli Ponsel Lipat Di Tahun 2021

Apakah membeli ponsel lipat di tahun 2021 cukup Worth It ? Atau ponsel pintar dengan sebutan Foldable Phone ini sebenarnya dibutuhkan oleh sobat? Gookalian tunjukkan beberapa informasinya.

Membeli Ponsel Lipat Di Tahun 2021

Ponsel lipat, ataupun ponsel dengan tampilan penuh di kedua sisi tersebut sudah eksis sejak lama dan mulai terkenal di tahun 2020 lalu. Untuk tahun ini tidaklah salah jika model ponsel keren tersebut merupakan mainstream atau sudah sangat menjamur.

Beberapa merek ponsel sudah memulai membuatnya dimulai Samsung, Motorola dan Microsoft. Untuk tahun lalu, sobat yang membelinya mungkin hanya membayar style yang ditawarkan, bukan satu paket sebuah ponsel sebagaimana mestinya. Namun mungkin akan berbeda dengan tahun dimana produsen memberikan yang terbaik untuk pelanggannya.

Apakah Tahun 2021 Jamannya Ponsel Lipat ?

Salah satu alasan yang tidak bisa dielakkan siapapun bahwa tahun ini kita punya lebih banyak pilihan dalam meminang ponsel yang layarnya bisa dilipat (Foldable). Dimulai dari Samsung Galaxy Z Fold 2 yang beresolusi layaknya tablet mini atau Microsoft Surface Duo. Atau yang baru di tahun 2021 ini ada beberapa diantaranya:

  • Samsung Galaxy Z Fold 3 5G,
  • Galaxy Z Flip 3 5G,
  • Moto Razr 5G,
  • Xiaomi MI Mix Fold,
  • Huawei Mate X2,
  • Royole Flexpai 2
  • TCL Trifold
  • Oppo X 2021 Rollable Phone
  • LG Wing

Beberapa ponsel yang telah disebutkan tersebut tidak hanya memiliki model dilipat (Flip) untuk membukanya seperti buku. Ada yang dibuka tutup atas bawah layaknya ponsel jadul (Fold), Roll seperti rolling door, dan Swivel dimana ada tambahan layar yang bisa dilebarkan kemudian diputar sesuai keinginan.

Bahkan TCL sudah berani menelurkan ponsel dengan 3 layar sekaligus yang bisa dilipat dan cukup luas jika dibentangkan. Dari berbagai pilihan tersebut, pantas sekali jika sobat mulai melirik ponsel masa kini yang telah keluar di tahun ini.

Apakah Worth It Membeli Ponsel Lipat Di Tahun 2021 ?

Praktis ketika sobat membeli ponsel lipat akan mendapatkan keuntungan setidaknya 2 layar yang bisa saling digunakan. Atau memperkecil ruang ponsel ketika dimasukkan kedalam saku. Manfaat ini akan meningkatkan kenyamanan penggunaan ponsel pintar.

Sebut saja jika sobat membeli Samsung Galaxy Z Flip 3 dengan harga sekitar 16 jutaan. Spesifikasi yang ditawarkan bukan main-main. Selain stylish, dapur pacu Snapdragon 888 ber fabrikasi 5 nm membuatnya sangat lihai untuk banyak kegiatan. Dari pekerjaan multitasking biasa dan tentunya bermain game. Fitur anti air IPX8 juga disematkan pada ponsel membuat sobat bebas bermain bersama pada kondisi berair. Speakernya juga sudah menggunakan Stereo untuk mendengarkan musik lebih enak.

Dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan pada merek lain juga bisa membuat sobat semakin diuntungkan. Setidaknya telah disematkan prosesor generasi Snapdragon ke 8 dan sekelasnya. Tinggal pilih saja kira-kira yang mana spesifikasi dan harga yang cocok untuk sobat.

Kekurangan Ponsel Lipat

Terlepas dari segala kelebihan atau Worth It To Buy yang tersematkan pada ponsel lipat. Sobat juga harus mengetahui berbagai konsekuensi yang terjadi jika memang berminat meminang ponsel yang keren ini.

Karena belum menjamur seperti ponsel layar sentuh pada umumnya, harga perawatan akan cukup mahal jika terjadi kerusakan. Tapi untuk kerusakan yang buka kecerobohan pengguna akan masuk dalam garansi.

Selain itu ponsel lipat punya kelemahan lain. Teknologi ini bergantung pada OLED fleksibel, sebuah teknologi yang membuat lapisan layar lebih tipis daripada panel biasa. Panel yang lebih lama ini lebih keras dan mungkin lebih tebal. Ketebalan berarti kekuatan yang menyebabkan layar tidak mudah pecah atau rusak karena penggunaan biasa.

Ponsel lipat mengorbankan sifat keras pada layar sehingga lebih fleksibel. Umumnya menggunakan lapisan plastik sehingga bisa dimasukkan atau lebih mudah dilipat. Samsung menyatakan ponsel Fold mereka bisa dilipat sampai 200 ribu kali. Tapi layar plastik ini sangat riskan, bahkan bisa rusak karena tekanan dari pulpen saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *