Cara Mengatasi Kepala Pusing Menurut SehatQ.com

Cara Mengatasi Kepala Pusing

Kepala pusing atau sakit kepala merupakan suatu kondisi yang umum terjadi pada banyak orang setiap harinya. Dalam beberapa kasus, sakit kepala mungkin mengindikasikan gejala berbahaya yang tentunya perlu penanganan lebih lanjut kepada ahlinya.

Pada masing-masing orang tingkat sakit atau nyeri yang dialami pun berbeda-beda, mulai dari ringan hingga berat. Begitupula dengan durasi sakit kepala atau pusing yang dialami juga berbeda, beberapa orang mungkin hanya mengalami pusing beberapa menit saja, namun ada yang hingga berjam-jam.

Ketika beraktivitas tentunya kepala pusing akan menghambat gerak dan membuat produktivitas menjadi menurun. Tidak sedikit orang yang memilih untuk meminum obat untuk mengatasi kepala pusing ini dengan cepat, namun ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi gejala penyakit kepala pusing yang kita alami secara alami yakni dengan beberapa cara sebagai berikut.

Cara Mengatasi Kepala Pusing

Cara Mengatasi Kepala Pusing Secara Alami

Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu pemicu timbulnya sakit pada kepala yakni dehidrasi atau kekurangan air, studi mengatakan bahwa dehidrasi ringan sekalipun dapat memicu perubahan cara berpikir dan bertindak seseorang yang dapat memicu timbulnya sakit pada kepala seperti pusing.

Memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya merupakan salah satu hal yang baik untuk kesehatan selain untuk menghindari keadaan kepala pusing yang menyerang.

Kompres

Langkah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengurasi sakit kepala atau kepala pusing yakni dengan melakukan kompres pada kepala kamu baik menggunakan air hangat maupun dingin.

Kompres dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di area tersebut yang memicu timbulnya sakit kepala, namun kompres dingin hanya dapat meredakan sakit kepala sementara. Sedangkan kompres hangat dapat membantu melenturkan otot-otot yang tegang yang berguna membantu mengurangi sakit kepala.

Minum Teh Herbal

Kandungan yang ada pada teh herbal atau bahan herbal lainnya seperti jahe dapat membantu meringankan kepala pusing yang menyerang. Studi mengatakan bubuk jahe memiliki efek yang mirip dengan obat yang dapat membantu meringankan sakit kepala.

Beberapa teh herbal yang berpotensi meringankan sakit kepala kamu yakni seperti peppermint, kamomil, dan lavender.

Olahraga

Aktivitas fisik atau olahraga merupakan salah satu cara alami yang efektif untuk membantu meringankan kepala pusing atau sakit kepala yang kamu alami. Dengan menggerakan tubuh secara aktif akan membuat peredaran darah menjadi lancar guna menyuplai kebutuhan oksigen sehingga dapat tersebar merata keseluruh tubuh.

Hal tersebut tentunya dapat memberikan berbagai manfaat salah satunya yakni mengatasi kepala pusing.

Cukup Tidur

Salah satu penyebab yang paling umum dari sakit kepala yakni tidak terpenuhinya kebutuhan tubuh untuk beristirahat, oleh karena itu memperbaiki pola tidur merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kepala pusing yang sering kamu alami.

Memijat Bagian Tertentu

Kegiatan memijat juga dapat membantu mengurangi kepala pusing yang kamu alami, secara naluriah umumnya seseorang akan melakukan hal ini untuk mengurangi sakit yang dialami. Hal tersebut merupakan cara yang patut di coba, kamu bisa memijat bagian sekitar kepala seperti leher, pelipis, atau rahang untuk mengurangi ketegangan otot sehingga dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada kepala.

Relaksasi

Cara lainnya yang juga efektif dan patut kamu coba untuk mengatasi kepala pusing atau sakit kepala yakni dengan melakukan teknik relaksasi. Jika kamu terlalu lama duduk cobalah untuk berdiri dan menggerakan tubuh agar dapat membuat sirkulasi oksigen pada tubuh menjadi lebih lancar dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Cobalah untuk menenangkan pikiran dan membuat tubuh nyaman sehingga pusing pada kepala yang mungkin disebabkan oleh aktivitas kerja kamu dapat menjadi lebih ringan.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi kepala pusing atau sakit kepala yang patut kamu coba, dengan begitu kamu mungkin bisa tidak ketergantungan dengan obat untuk mengatasi permasalahan kepala pusing yang kamu alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *