Mendidik Anak Perempuan Jadi Pribadi Tangguh

Mendidik Anak Perempuan Jadi Pribadi Tangguh

Si kecil cantik, untuknya sobat perlu mendidik anak perempuan jadi pribadi tangguh. Ini adalah sebuah anugrah mendapatkan keturunan yang menjadi sebuah kebanggaan yang membahagiakan. Sobat sebagai orang tua perlu berbagai strategi tersendiri untuk mendampingi tumbuh kembang putri terbaik yang dimiliki.

Agar si buah hati menjadi wanita dewasa yang tangguh dan memiliki pribadi yang baik. Gookalian berikan beberapa tips yang bisa dijadikan referensi.

Mendidik Anak Perempuan Jadi Pribadi Tangguh

Sebelum dalam menerapkan berbagai tips yang disajikan dibawah. Alangkah baiknya sobat perlu mengerti karakter anak dalam berbagai hal di kehidupannya. Seperti pada saat belajar, mengenal orang, bertemu dengan orang lain dan sebagainya.

1. Menunjukkan Kasih Sayang

Ekspresikan bentuk kasih sayang sobat kepada sang buah hati. Tunjukkan bahwa benar-benar sayang kepadanya dengan memberikan pelukan, ciuman, dan membuka dialog setiap saat. Dialog terbuka antara hati secara akrab dapat dilakukan rutin, dan jangan malu.

Mungkin saat si wonder woman kecil sudah beranjak dewasa, kegiatan kasih sayang di atas mungkin malu dilakukan di depan teman-temannya. Tunjukkan kasih tersebut saat dirumah saja.

Kasih sayang sangat penting untuk anak di usia manapun. Meski tidak mesti berbentuk uang, anak yang kekurangan kasih sayang dapat mengalami akar kepahitan dalam hati sehingga membentuk pribadi yang kurang baik dimasa depan.

2. Didik Anak Mengenali Diri Sendiri Dalam Mendidik Anak Perempuan Jadi Pribadi Tangguh

Saat beranjak dewasa, akan ada berbagai perubahan pada tubuh mereka. Usia pubertas dapat mengagetkan jika tidak pernah diberitahukan sebelumnya. Mulailah mengenalkan pendidikan tentang Sex sejak usia beranjak 10 tahun untuk mempersiapkan masa pubertasnya.

Mengenalkan berbagai organ reproduksi dan memberikan warning siapa saja yang boleh melihat (hanya orang tua saja) jika ada masalah tertentu. Mencegah pelecehan sexual yang cukup marak dapat sobat tanamkan pada anak. Berikan penjelasan untuk memproteksi berbagai hal yang berhubungan dengan masa depannya.

3. Tanamkan Nilai Dan Moral Agama Kehidupan Sejak Kecil

Kesadaran untuk melakukan hal yang benar melalui nilai dan moral agama akan tumbuh bersamaan dengan usianya. Nilai dan moral dalam kehidupan yang bernilai tinggi juga akan membentuk sikap pada anak perempuan saat menghadapi masalah.

Nilai-nilai agama yang benar dan baik dapat ditanamkan pada mereka seiring usianya yang semakin dewasa. Nasihat dapat juga disisipi nilai-nilai agama yang baik dalam memandang kehidupan dan segala permasalahannya.

4. Menempatkannya Pada Lingkungan Yang Baik

Memilih sekolah berarti memilih bagaimana anak akan tumbuh bersama dengan teman-temannya. Lingkungan sebagai tempat belajar, baik itu sanggar, sekolah, dan klub olahraga akan berdampak pada pertumbuhannya. Sobat perlu selektif dalam memilih lingkungan yang bakal jadi tempat dia tumbuh.

5. Memonitor Pergaulan

Setelah memastikan memilih lingkungan belajarnya yang baik. Sobat masih harus melakukan pengecekan dengan mengenali orang tua teman-temannya. Pergaulan dengan lawan jenis perlu ditekankan untuk berteman secara sehat.

Ajarkan anak agar memiliki wawasan tentang berperilaku baik dengan orang baru. Menambah teman akan sangat bagus, akan tetapi perlu sobat ajarkan untuk selektif dalam memilihnya.

6. Membangun Sikap Percaya Diri

Potensi yang dimiliki oleh si cantik perlu sobat dukung. Dukungan positif akan membuat dia lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Dukungan ini akan membuat potensi tersebut lebih maksimal.

Izinkan dia untuk memilih salah satu organisasi kepemimpinan di sekolah. Rasa percaya diri akan dipupuk lewat teman satu perjuangan dan latihan kepemimpinan yang didapat.

Asah kemampuan atau bakat sejak kecilnya. Kepercayaan diri dapat terbangun lewat skil yang mungkin tidak dimiliki teman-teman sebayanya.

7. Ajarkan Kemandirian

Sikap manja yang menjadi sifat alami anak perempuan perlu disikapi dengan baik. Agar dia tidak terlalu mengandalkan orang lain adalah dengan menerapkan sikap tanggung jawab sejak dini. Berikan tugas rumah yang sesuai dengan usianya, lewat hal ini dia akan belajar berbagai kemandirian.

Mengajari anak untuk mengurus kebutuhannya sendiri semisal untuk mandi, berpakaian, menyiapkan keperluan sekolah dan makan dapat dilakukan sejak dini. Berikan model prestise dan punishment, artinya ada pencapaian atas kemandirian yang anak lakukan dan hukuman apabila tidak patuh.

8. Menjadi Panutan Dalam Mendidik Anak Perempuan Jadi Pribadi Tangguh

Ibarat dalam kata guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Sama saja jika sobat sebagai orang tua hanya memberikan omongan saja tanpa melakukan perbuatan. Tingkah laku sobat, cara berpakaian, cara memperlakukan orang lain akan ditiru oleh anak. Sebagai supercopy dari orang tua, sobat juga terus memperbaiki diri.

Ajarkan bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Rasa tenggang rasa dengan kawan dan mudah memaafkan bisa dilakukan dengan perbuatan nyata. Agar si cantik bisa menirunya dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa tips dalam memberikan pendidikan pada anak perempuan agar menjadi tangguh dan berpribadi baik. Ini adalah sebuah proses belajar seumur hidup yang tidak dapat dengan mudah dilakukan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *