Wednesday , September 22 2021

Cara Mengenali Karakter Anak Dalam Belajar

Agar mudah menyesuaikan model parenting untuk anak, sobat Gookalian perlu tahu cara mengenali karakter anak dalam belajar bahkan sejak dini. Beberapa kesuksesan anak dalam belajar salah satunya dipengaruhi oleh bagaimana sobat mengenali karakter anak khususnya saat belajar.

Dengan mengetahui karakter tumbuh kembang anak dalam belajar, sobat bisa menyesuaikannya. Sehingga proses belajar maksimal membuat anak cepat berkembang sesuai dengan keinginan. Ketepatan dalam mengenali tipe-tipe anak dalam belajar atau memahami sesuatu sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Ketika karakter anak telah sobat ketahui dalam belajarnya, hal ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu lebih terpicu. Salah satu metode dalam parenting ini cukup penting untuk sobat ketahui. Dengan cara mengenali karakter anak dalam belajar, capaian dalam belajar dan output anak yang cerdas akan lebih tinggi. Anak juga akan lebih senang ketika karakter yang dia miliki bersesuaian dengan lingkungan yang diciptakan oleh orang tua/sobat.

Cara Mengenali Karakter Anak Dalam Belajar

Secara umum terdapat 3 tipe belajar pada anak yang bisa sobat ketahui. Visual, Auditori, dan Kinestetik. Ketiga hal ini mungkin tidak asing sesuai dengan bahasanya yaitu gambar, suara, dan gerak.

Mengamati perilaku sehari-hari dan cobalah berikan sedikit demi sedikit stimulus yang berhubungan dengan 3 tipe belajar tersebut. Dari Manakah dari ketiga yang cukup efektif ditanggapi dan diterapkan oleh anak. Namun, sobat perlu tahu dahulu 3 jenis karakter anak dalam belajar berikut ini.

Mengenali Karakter Anak Dalam Belajar Pada Tipe Anak Auditori

Tipe anak yang satu ini ditunjukkan dengan karakter pendengar yang baik. Metode konvensional seperti sekolah biasa dimana guru menerangkan murid cocok untuk anak ini. Anak akan cenderung diam, menyimak dan mencatat ketika mendapat penjelasan dari guru atau orang tua. Meskipun pandangan tidak fokus, namun pendengaran telinga mereka terpasang dengan baik.

Alat-alat suara/audio akan dengan mudah menjadi stimulus dalam belajar anak dengan tipe auditori. Bisa dengan merekam materi pelajaran yang harus dihafal kemudian memutarnya kembali saat belajar. Lagu-lagu yang disukainya bisa dijadikan instrumen untuk belajar dengan diganti lirik materi belajar. Anak akan lebih mudah menghafal berbagai materi.

Beberapa sumber mengatakan anak auditori cenderung aktif dalam berbagai diskusi. Dalam kelompok, anak mudah menghafal lagu dengan cepat.

Karakter Anak Visual

Sesuai dengan karakternya yang suka dengan tampilan, gambar dan warna. Anak dengan tipe ini memiliki ingatan fotografis dimana hal ini berhubungan dengan visual. Mereka suka memperhatikan hal sekitar berupa gejala alam dan suka memperhatikan kenampakan detail sebuah gambar.

Dengan menggunakan Mind Map di buku pelajaran mereka, akan lebih mudah dalam belajar. Diagram, alur, dan gambar dalam buku catatan mereka cukup membantu proses belajar. Sobat bisa menstimulasi proses belajar dengan gambar atau video pendek.

Menonton video di Youtube (harus dengan pengawasan sobat sebagai orang tua) bisa digunakan untuk mencari tahu dan eksplorasi bentuk benda misalnya. Atau dengan gambar-gambar tertentu untuk ditebak membuat anak lebih cepat belajar. Karena begitu antusias dengan visual, seringkali anak dengan tipe ini terdistraksi oleh hal lain yang bergerak di sekitar. Gangguan ini akan memperlambat proses belajar, sobat sebagai orang tua perlu mengatasi hal ini.

Karakter Anak Kinestetik

Mengenali karakter anak dalam belajar salah satunya mudah menyerap informasi yang melibatkan aktivitas fisik adalah tipe kinestetik. Ketika belajar mereka biasanya dibiarkan aktif bergerak. Anak tipe ini akan tidak nyaman jika harus diam dalam waktu cukup lama.

Aktif, kritis dan banyak bertanya umumnya menjadi ciri utama karakter anak ini. Terkadang orang tua salah bahwa anak menderita gangguan hiperaktif, namun jangan cepat menyimpulkan hal ini.

Untuk anak dengan karakter kinestetik, sobat bisa menggunakan berbagai gabungan metode dalam membimbingnya belajar. Seperti visual, audio dan gerak dengan mengikuti aktivitas dalam maupun luar ruangan. Cobalah untuk meniru berbagai hal positif di Youtube bersama.

Anak dengan tipe ini perlu selalu dijelaskan segala hal secara logis dan runut. Sobat perlu juga untuk belajar memberikan penjelasan yang baik setiap anak ini bertanya.

Ditambah dengan aktivitas yang tidak mau diam membuat sobat perlu memberikan ruang gerak yang cukup luas. Sobat juga perlu terus menuntun anak menyelesaikan apa yang dimulainya, karena cenderung mudah terganggu oleh berbagai hal disekitar karena keaktifannya. Pastikan anak diberikan waktu rutin untuk mengemukakan pendapat atau pikiran mereka juga agar yang terpendam dapat diutarakan.

Demikian sobat Gookalian cara mengenali karakter anak dalam belajar. Mendidik anak sesuai dengan karakter dininya memanglah tidak gampang. Tetapi semua bisa dilakukan dengan terus belajar. dengan mengenali karakter anak dalam belajar orang tua bisa memberikan les atau sekolah yang sesuai. Sebagai bekal pengetahuan untuk keluarga.

 

Check Also

Cara Agar Lemari Tidak Dimakan Rayap

Cara Agar Lemari Tidak Dimakan Rayap

Bagaimana cara agar lemari tidak dimakan rayap ? Sobat perlu tahu bahwa diperlukan pencegahan sebelum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *