Senin , September 26 2022

Mengenal Croffle Makanan Kekinian

Apakah sobat pernah mendengar Croffle makanan yang tidak boleh dilewatkan trennya saat ini? Sobat juga bisa menjadikan jenis makanan renyah ini untuk bisnis makanan online. Gookalian akan memberikan informasi tentang bentuk, penyajian dan bagaimana makanan ini jadi viral. Simak infonya dibawah ini.

Mengenal Croffle Makanan Kekinian

Croffle masuk dalam hidangan cemilan seperti halnya wafer atau makanan ringan sejenisnya. Camilan ini pernah hits dan sampai sekarang mungkin banyak orang yang mengenalnya. Fakta-fakta tentang makanan ini bisa sobat temukan dalam tulisan ini.

Bahan Dan Cara Pembuatan Croffle Makanan Kekinian

Bahan dasar dalam adonan Croissant merupakan yang dibutuhkan dalam pembuatan Croffle. Adonan tersebut dicetak dengan waffle. Sebuah bentuk cetakan yang memiliki bentuk seperti wafer atau kotak-kotak. Jadi sebenarnya Croissant yang dibentuk dengan waffle.

mengenal croffle mirip waffle

Adonan berbahan dasar tepung terigu, gula pasir, mentega beku, susu skim, ragi instan, telur ayam, air hangat dan garam. Ragi dituangi air hangat kemudian diaduk dibiarkan mengembang. Gula pasir, tepung terigu, mentega, susu skim, dan garam dicampur merata dalam wadah lain sebagai adonan tepung. Adonan ragi kemudian ditambah telur sedikit. Jika sudah jadi, campur kedua adonan dan diaduk hingga merata dan padat. Adonan diuleni hingga kalis dan elastis kemudian didiamkan 30 menit sampai mengembang. Sambil menunggu, pipihkan mentega beku dengan kayu rolling pin lalu simpan di kulkas 15 menit. Adonan dikeluarkan lalu diberikan mentega tadi diatasnya, lipat. Giling kembali adonan agar lebih menyatu. Masukkan ke cetakkan alat waffle yang telah dipanaskan dan diolesi mentega. Masukkan pada tempat diatas kompor lalu panaskan sampai kecoklatan dan sajikan.

Dilihat dari caranya, cukup mudah kan. Bahannya juga tidak sulit untuk ditemukan. Sesuaikan ukuran bahan dengan keinginan dan porsinya. Jangan lupa menyimpan adonan pada kulkas agar ragi tidak cepat aktif mengubah tekstur adonan.

Karena adonannya adalah sama seperti croissant, umumnya croffle adalah camilan croissant dengan bentuk tersendiri atau sesuai cetakannya. Karena biasanya croissant berbentuk bulan sabit. Cetakan waffle dan cara membuat yang tidak dipanggang lalu di pres adalah kombinasi croissant dengan waffle menjadikannya croffle.

Bagaimana Croffle Makanan Ini Jadi Viral

Kang Min-Kyung merupakan seorang penyanyi terkenal asal Korea Selatan. Kudapan croffle ditunjukkan di rumahnya, dan katanya ini merupakan favoritnya. Maka dari itu, camilan ini menjadi viral setelahnya. Hal ini disebabkan orang yang berpengaruh membuat bahan yang sebelumnya redup mulai naik kembali.

Pasalnya croffle sudah populer sebagai jajanan ala street food di Korea Selatan beberapa tahun sebelumnya. Rasa manis, gurih, dan renyah dari croffle nyatanya cocok juga di lidah orang Indonesia. Tak ayal makanan ini mulai menjamur dijual di berbagai wilayah. Bahkan pada puncak viralnya beberapa waktu yang lalu, orang-orang sampai rela mengantri untuk bisa mendapatkannya.

Beberapa sumber mengatakan bahwa croffle dibuat oleh pastry chef asal Irlandia di tahun 2017, yaitu Louise Lennox. Sebenarnya, hanya sebuah waffle yang disiram dengan saus manis. Namun menjadi viral termasuk di negeri sendiri karena beberapa hal diantaranya:

Semakin bagus mentega nya semakin enak atau rich rasanya. Tekstur ditentukan oleh cara melipat/fold adonan
Cetakan waffle membuat tekstur yang crispy diluar namun tetap empuk didalam tentunya dengan teknik pemanasan yang tepat dan aktivitas ragi

Baca Juga!  Ngopi Nuansa Jawa di Wedang Kopi Prambanan

Check Also

Cara Agar Tofu Tidak Hancur

Cara Agar Tofu Tidak Hancur Saat Dimasak

Perlu memperhatikan cara agar tofu tidak hancur ketika dimasak. Bahan makanan yang terkenal lembut ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.