Konsumsi Makanan Agar Cepat Haid

Sobat mungkin perlu mengonsumsi makanan agar cepat haid. Karena tidak jarang siklus bulanan wanita ini agak terlambat, meskipun hal ini mungkin normal pada sebagian kasus. Ada banyak faktor yang menyebabkan haid agak lambat dari biasanya, beberapa faktor juga sebaliknya.

Dilansir dari Healthline, setidaknya beberapa faktor dibawah ini memengaruhi lama cepatnya periode haid:

  • Berat badan
  • Asupan makanan
  • Kehamilan (Implantation bleeding)
  • Menyusui
  • KB
  • Stres
  • Kurang olahraga
  • Gangguan makan (anxiety)

Gookalian juga telah melansir beberapa sumber untuk sobat. Bahwa bisa mengonsumsi makanan agar cepat haid. Kalau memang siklus tersebut lambat, dengan beberapa jenis makanan tertentu sobat bisa mempercepatnya.

Makanan Agar Cepat Haid

Berikut ini sobat bisa mengonsumsi makanan mungkin dalam jumlah yang cukup (tidak berlebihan) sehingga memudahkan siklus haid terjadi. Umumnya makanan-makanan tersebut membantu kontraksi rahim.

Jahe

Bahan bioaktif yang dikandung pada jahe akan membantu memanaskan tubuh. Panas ini memicu kontraksi rahim. Direkomendasikan untuk membuat seduhan jahe, sebagai herbal dengan sifat magis yang merangsang aliran menstruasi. Jahe bisa dibuat jus dengan tambahan madu. Atau direbus dengan tambahan bahan yang sama.

Seledri

Sebagai bahan alami yang biasa ditambahkan dalam makanan tertentu. Seledri dibuat jus dan dikonsumsi 2 kali sehari, akan mampu meningkatkan sirkulasi darah panggul dan rahim. Hal ini akan menginduksi proses haid sobat.

Baca Juga!  8 Kebiasaan Alami Tingkatkan Kesehatan Mental

Nanas

Mengkonsumsi nanas pada saat haid adalah tidak membahayakan. Hanya saja sobat akan mengalami pendarahan yang lebih hebat dari biasanya. Artinya semakin banyak darah keluar, karena sifat uterotonic yang dimilikinya. Rahim akan berkontraksi lebih kuat menimbulkan lebih deras alirannya haid. Tentunya jika dikonsumsi saat haid tidak lancar atau belum juga datang, akan mempermudah untuk segera cepat keluar. Karena penelitian menunjukkan setidaknya 50% dari mereka yang muda, mengalami peningkatan aliran darah karena konsumsi nanas.

Parsley

Kandungan dalam bahan ini yaitu apiol dan myristicin menstimulasi kontraksi uterus/rahim. Setidaknya dibutuhkan 6 gram dari parsley untuk menginduksi haid agar lebih cepat keluar. Kandungan bahan makanan ini juga berpengaruh terhadap aktivitas hormon estrogen.

Pepaya

Makan pepaya secara teratur juga membantu dalam mengontraksikan otot-otot rahim. Selain menghasilkan panas dalam tubuh, buah ini juga mengandung karoten. Zat ini merangsang atau mengatur kadar hormon estrogen dalam tubuh. Secara alami, ini menyebabkan menstruasi lebih sering. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa lebih efektif konsumsi pepaya yang masih mentah untuk mempercepat haid.

Susu Dan Kacang Kedelai

Unsur isoflavon dalam kedelai memengaruhi kinerja hormon estrogen. Ada yang terdampak kandungan ini dalam tubuh sehingga mempercepat proses menstruasi. Namun sebagian penelitian juga mengatakan unsur dalam kedelai dapat memperlambat masa haid datang.

Makanan Tinggi Vitamin C

Konsumsi buah atau makanan yang memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi seperti kiwi, lemon, jeruk, citrus, lada, tomat, brokoli dan sejenisnya mampu menginduksi haid. Aktivitas vitamin C akan menaikkan kinerja hormon estrogen dalam tubuh. Ketika hormon tersebut meningkat, aktivitas kontraksi uterus akan meningkat juga dan menstimulasikan kondisi darah untuk mencair. Vitamin C mengurangi aktivitas hormon progesteron yang berfungsi menebalkan dinding rahim.

Baca Juga!  Cara Mencegah Tumpukan Plak Gigi

Beberapa Tips Lain Berhubungan Dengan Makanan Agar Cepat Haid

Selain konsumsi beberapa jenis bahan makanan diatas, sobat bisa mencoba beberapa langkah mudah untuk mencegah periode haid yang lama:

Berhubungan dengan suami istri, ini membantu kontraksi uterus agar siklus haid cepat datang
Menggunakan botol kaca berisi air panas yang ditempatkan diatas perut. Selain mengurangi rasa sakit akibat haid, ini juga bisa membantu
Hindari minuman bersoda dan kafein, karena mampu mengubah periode haid menjadi tidak teratur
Cuka sari apel, membantu memulihkan peradangan yang menghambat proses haid dengan menambahkan ke 2 sendok kecil dalam minuman untuk 2 kali sehari

Itulah beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk mempercepat datangnya haid. Jagalah pola makan dengan baik, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta olahraga yang cukup. Agar hormon dalam tubuh yang memengaruhi siklus haid bisa normal, dan lancar.

Check Also

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert 1

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert

Adobe Genuine Service Alert adalah notifikasi yang muncul ketika ada dugaan penggunaan software Adobe yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *