Rabu , September 28 2022

Hal Untuk Di Pertimbangkan Sebelum Solo Travelling

Gookalian punya beberapa hal untuk sobat pertimbangkan sebelum solo travelling untuk berjaga-jaga dan juga lebih siap menghadapi berbagai hal. Sebagai satu hal mengasyikan berlibur sendirian ke sebuah tempat yang mungkin menantang juga. Bagi mereka berkepribadian introvert, sendiri adalah cara mengembalikan energi setelah menghabiskan waktu dengan banyak orang.

Mereka yang mungkin telah mandiri dalam segala hal memutuskan untuk melakukan solo travelling. Padahal resiko yang ditimbulkan bisa lebih banyak ketimbang melakukannya bersama dalam satu tim. Tapi simak beberapa hal yang perlu dipikirkan jika sobat memang benar ingin bepergian sendirian.

Pertimbangkan Sebelum Solo Travelling Beberapa Hal Dibawah Ini

Ada yang mengatakan bahwa travelling sendirian adalah pengalaman yang menakutkan. Tapi tidak sedikit yang mengatakan bahwa ini luar biasa dan membebaskan diri. Terlepas dari itu semua, ada pokok-pokok permasalahan yang perlu sobat perhatikan sebelum berwisata sendiri.

1. Kesiapan Dana Juga Cadangannya

Segala resiko di jalan harus diperhatikan dengan seksama. Wajib untuk sobat mempersiapkan dana tambahan. Kadang di tempat wisata kita terlalu kagum dengan barang lokal yang dijual disana. Sehingga khilaf, menghabiskan uang yang seharusnya disisakan untuk keperluan lainnya.

Jadi biaya untuk keseluruhan perjalanan, penginapan, makan, termasuk masuk objek wisata tertentu itu harus diluar dana cadangan. Baru ditambah biaya tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk belanja kebutuhan mendesak. Apalagi dalam keadaan pandemi, bisa saja ada biaya tambahan yang tidak terduga.

Baca Juga!  Surga Wisata Di Pulau Karimun Jawa yang Sangat Mempesona

2. PR Yang Harus Diselesaikan Atau Perencanaan

Solo travelling adalah bebas, sobat bisa secara fleksibel mengubah jadwal bahkan tanpa perencanaan sekalipun. Namun bukan berarti packing semua barang terus tancap gas tanpa rencana sama sekali. Kerjakan PR yaitu melihat cuaca tempat tujuan, akomodasi penginapan, makanan, budaya, transportasi nantinya disana bagaimana. Informasi ini bisa sobat cari di internet dengan mudah. Meskipun begitu, tidak semudah itu mencari informasi akurat tentang sebuah tempat.

Periksa apa saja yang harus dipersiapkan untuk objek wisata yang dikunjungi Misalkan beberapa mitos atau larangan sebuah tempat yang harus dipatuhi. Review di Google Maps mungkin akan membantu menyelesaikan beberapa masalah yang ada disana. Perencanaan jadwal waktu juga harus dibuat sedemikian rupa biar liburan sobat tidak berantakan.

3. Kondisi Badan Yang Sehat

Ya meskipun mungkin sobat tidak akan bepergian saat sedang sakit, menjaga kondisi badan tetap bugar adalah penting. Misalkan sobat sudah memesan tiket untuk keberangkatan liburan Solo pada tanggal tertentu. Ternyata sehari sebelumnya malah terserang flu. Bisa jadi liburannya batal. Maka dari itu, penting untuk menjaga makanan, olahraga, dan berbagai hal yang menyehatkan. Sehingga pas hari H sobat berangkat, tidak ada penghambat dari badan yang kurang sehat.

Persiapkan perlengkapan kesehatan untuk solo travellingmu. Karena sobat harus mandiri ketika nanti berada di tempat wisata dan tidak membebani orang lain. Siapkan obat untuk kondisi sakit tertentu dan obat-obat umum (balsem, plester, parasetamol, antibiotik dan sejenisnya).

4. Internet, Alat Komunikasi, Dan Peta

Sobat harus bisa memastikan kondisi baterai ponsel dan kuota mencukupi saat melakukan solo travelling dengan jadwal tertentu. Bila perlu gunakan dua ponsel yaitu satu ponsel pintar untuk internetan mengakses peta dan satu lagi khusus hp biasa yang baterainya tahan lama untuk menelpon dikala baterai smartphone habis. Alat komunikasi sangat penting karena sebagai nyawa kedua untuk mencari informasi dan menghubungi nomor-nomor penting yang sebelumnya telah dicatat dalam PR.

Baca Juga!  Tempat Wisata Di Jakarta yang Belum Banyak Diketahui Orang

Untuk peta, sobat bisa manfaatkan Simpan Peta Offline di ponsel pintar. Yaitu dengan mengunduh peta tempat destinasi wisata. Setelah disimpan, bahkan sobat cukup menggunakan GPS tanpa harus menghidupkan data seluler jika memang kondisinya tidak ada sinyal.

5. Memberitahu Orang Tua

Restu orang tua gak boleh diremehkan, meskipun kamu hanya ngetrip sendirian ke sebuah tempat yang dekat. Mungkin akan cukup sulit meyakinkan orang tua bahwa sobat akan melakukan solo travelling apalagi kalau cewek. Meskipun terlihat tidak meyakinkan, namun pengalaman solo ini akan menambah kemandirian. Tidak jarang mereka yang bepergian sendiri mendapatkan teman baru, suasana baru yang menyenangkan. Pastikan untuk setiap titik-titik perjalanan sobat orang tua diberi tahu. Doa dan restu orang tua penting, pertimbangkan sebelum solo travelling ini sobat lakukan untuk kelancaran.

6. Kemas Barang Dengan Jenius Dan Ringan

Tidak semua barang harus sobat bawa untuk bepergian sendiri dalam jangka waktu beberapa hari. Bawa barang bawaan yang penting-penting saja. Dan pastikan bahwa tidak membawa barang yang mungkin bakalan ada ketika sobat bepergian. Misalkan peralatan mandi, di hotel ini sudah ada dan mungkin tidak perlu membawa untuk menghemat tempat.

Itulah beberapa hal untuk sobat pertimbangkan sebelum solo travelling. Jangan lupakan juga tips aman berwisata lainnya.

Check Also

Destinasi Wisata Pulau Baru di Nusa Tenggara Barat

5 Destinasi Wisata Pulau Baru di Nusa Tenggara Barat

Sejak gelaran MotoGP 2022 di Indonesia beberapa waktu yang lalu, daerah Mandalika ternyata masih menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.