Ngecas Laptop Semalaman Apakah Aman ?

Kebiasaan ngecas laptop semalaman itu sepertinya sudah jadi hal yang tidak asing bagi sobat. Karena harus beristirahat setelah bekerja dan tidak mau menunggu laptop terisi penuh. Langsung ditinggal tidur sampai esok paginya. Apakah dengan mengisi daya laptop semalaman ini berbahaya? Gookalian punya jawabannya untuk kamu.

Apakah Ngecas Laptop Semalaman Aman?

Sebenarnya untuk hal ini ada yang mengatakan aman ada juga yang mengatakan tidak aman. Ini disebabkan oleh perbedaan teknologi dan juga pengalaman telah dilalui oleh para pengguna laptop. Jadi disini admin memberikan jawaban dari sudut pandang yang berbeda. Dua sudut pandang ini bisa sobat jadikan referensi sehingga tidak selalu memvonis bahwa melakukan pengisian daya laptop itu selalu berbahaya. Berikut jawabannya:

Charge Laptop Semalaman Aman

Tidak dipungkiri teknologi saat ini menjadikan cara kita memperlakukan barang elektronik lebih mudah. Misalkan teknologi lawas di hp, kita perlu mengisi daya yang lama ketika baru dibeli. Namun kecanggihan teknologi baterai membuatnya bisa langsung dipakai seperti biasa. Hal sama juga ada pada baterai laptop. Inilah beberapa alasan mengapa ngecas laptop semalaman aman:

Baca Juga!  Cara Mengunci Akun Twitter Menjadi Privat

1. Fitur Auto Cut Off

Yaitu sebuah fitur yang membuat sobat jadi lebih nyaman ketika ngecas laptop. Karena ketika baterai sudah 100% terisi, otomatis sistem akan memutus pengisian ke baterai. Daya dari charger yang akan digunakan untuk keperluan laptop. Sehingga tidak lagi ada kasus overcharge atau baterai terus diisi tanpa henti jika belum dicabut. Cara untuk mengecek apakah ada fitur auto cut off ini bisa sobat cek melalui:

Device Manager

Tekan tombol Windows lalu langsung ketik Device Manager. Pilih menu tersebut sobat akan diarahkan ke aplikasi. Klik disebelah kiri Battery untuk memperluas. Pastikan ada fitur Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery. Jika ada, berarti laptopmu ada fitur penghentian isi daya secara otomatis.

Logo Baterai Di Task Bar

Jika pada saat sobat ngecas, dan laptop digunakan untuk kegiatan yang tidak terlalu berat. Cek ikon baterai di bagian bawah kanan/task bar. Jika terdapat tulisan Available Plugged In, Not Charging berarti aman. Baterai laptop tersebut telah diputus pengisian dayanya. Dan laptop menggunakan daya dari charger langsung. Tulisan Not Charging saat kondisi baterai 100% – 75% mengindikasikan teknologi cut telah ada pada laptop.

2. Laptop Keluaran Diatas 2015 Aman

Umumnya laptop keluaran diatas tahun 2015 tersebut saat ini sudah punya fitur auto cut. Jadi lebih tenang dan tidak khawatir baterai bocor saat mengisi daya tanpa harus melepasnya. Asus memiliki Auto Cut Off dan merk Acer memiliki teknologi Trickle Charging. Keduanya sama-sama melepaskan pengisian daya jika baterai telah penuh. Kemudian menggunakan daya dari charger untuk sistem.

Baca Juga!  Windows 10 demo download free

3. Life Cycle Baterai Ketika Tidak Diisi

Beberapa sumber mengatakan bahwa aman mengisi baterai semalaman karena ini berhubungan dengan siklus hidup baterai. Ketika baterai tidak diisi, maka dayanya akan menurun yang menyebabkan penurunan siklus hidup batera. Jadi ketika baterai digunakan oleh sistem, akan mengurangi lama hidupnya. Kalau diisi dayanya terus menerus, maka life cyclenya sedikit berkurang daripada dibiarkan tidak terisi. Sehingga untuk meminimalisir pengurangan life cycle, mengecas semalaman tidak masalah.

Pendapat Bahwa Ngecas Laptop Semalaman Tidak Aman

Ada juga banyak orang dengan teorinya menyebutkan bahwa mengisi daya semalaman itu tidak direkomendasikan. Ada yang mungkin masih takut baterai bocor karena belum mengerti. Namun alasan-alasan dibawah ini cukup logis juga untuk sobat perhatikan:

1. Terlalu Sering Ngecas Semalaman Merusak Baterai

Jika sobat hanya sekali dalam satu tahun membiarkan laptop terus diisi daya semalaman mungkin tidak akan berpengaruh ke baterai. Tapi jika dilakukan dengan sering, ini akan mengurangi masa hidup baterai di laptop.

Karena hal ini dapat memicu trickle charging terus terjadi. Trickle charging adalah pengisian daya terhenti, ketika telah mencapai beberapa persen dibawahnya. Baterai akan diisi lagi sampai tepat penuh. Hal ini akan mengurangi masa hidup bateri jika dilakukan berulang-ulang. Ya artinya kembali lagi bahwa tidak direkomendasikan untuk mengisi daya semalaman penuh.

2. Listrik PLN Merusak Charger Dan Komponen Baterai

Kalau di kota mungkin kita akan tenang dengan daya dari PLN yang terus stabil bahkan di malam hari. Kalau di daerah desa mungkin bisa berbeda. Di malam hari bisa saja terjadi lonjakan daya dari PLN yang dapat merusak komponen charger. Menembus ke IC Charger dan berdampak pada baterai menjadi bocor. Bahkan lebih parah lagi akan merusak motherboard. Dimana meskipun baterai masih normal, kerusakan motherboard membuat baterai tidak dapat terisi. Atau daya baterai tidak masuk ke motherboard untuk menghidupkan mesin. Akhirnya laptop hanya bisa hidup kalau dicas saja.

Baca Juga!  Cara Mengatasi VLC Tidak Muncul Gambar

Kesimpulan akhir yaitu dari beberapa sumber bahwa sebenarnya aman untuk mengecas semalaman asal tidak dilakukan setiap hari. Karena baterai punya masa hidup, maksimalkan penggunaannya dengan tidak menghabiskan daya dibawah 5%. Sebagian juga merekomendasikan untuk melepas charger ketika 95% untuk tidak mengurangi life cycle baterai.

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *