Rabu , September 28 2022

8 Tips Aman Berwisata Harus Tahu

Gookalian punya 8 tips aman berwisata untuk sobat saat keluar negeri maupun dalam negeri. Dibutuhkan tindakan pencegahan untuk tetap aman saat bersenang-senang. Karena menikmati pemandangan atau makan dapat meningkatkan resiko diri sendiri. Tetap aman dengan beberapa tips dibawah ini.

8 Tips Aman Berwisata

Beberapa tips dibawah ini akan mengurangi resiko selama perjalanan. Hindari beberapa hal dan nikmati wisata sobat.

1. Simpan Dokumen Dalam Bentuk Digital

Scan atau foto dokumen penting di internet menjadi pencegah kehilangan sesuatu. Tanpa perlu membawa barang-barang penting namun menjadikannya digital adalah ide yang bagus. Apabila kehilangan terjadi, sobat tidak pusing karena dokumen asli masih tersimpan dirumah.

Dompet fisik juga berisi surat penting seperti SIM, STNK yang penting. Hal ini jika dicuri dapat dimanfaatkan oleh penjahat. Tinggalkan barang-barang yang tidak penting atau tidak berhubungan perjalanan di rumah. Salin dalam bentuk dokumen berupa scan atau foto. Jadi berkas digital ini dapat digunakan untuk keadaan darurat karena berisi foto resep obat.

2. Tidak Membawa Banyak Uang Cash

Sangat penting untuk membawa uang sedikit saja saat berpergian atau wisata. Terutama untuk wilayah yang banyak menerima pembayaran digital. Ini mengurangi kesempatan pencuri agar tidak bisa mengambil apa yang sobat miliki. Termasuk didalamnya pengambilan uang dari orang yang tidak dikenal. Pastikan membawa kartu yang tidak memiliki biaya transaksi luar negeri saat mengunjungi negara luar.

Baca Juga!  Pesona Indah dan Uji Adrenalin Pantai Timang Yogyakarta

3. Jangan Terlihat Seperti Turis

Semakin homogen jenis pakaian yang sobat pakai ketika berada di suatu wilayah maka semakin aman. Artinya menggunakan pakaian lokal membuat sobat tidak terlihat layaknya turis adalah aman. Berjalan dengan rasa percaya diri dengan mengadaptasi style lokal, menyembunyikan Google Maps di ponsel dapat membuat sobat seperti menyatu dengan wilayah. Ketika menggunakan ponsel, tetaplah sambil berjalan tentunya dengan hati-hati.

Lebih jauh lagi, familiarlah dengan jalan disekitar hotel/penginapan. Hafalkan jalan dengan baik untuk kembali ke tempat istirahat. Kalau sobat ingin melihat rute jalan lebih lama di peta, berhenti ke dalam kafe atau toko akan lebih baik daripada diluar.

4. Membagikan Rencana Liburan Dengan Orang Terpercaya

Jika sobat ingin berwisata sendirian maupun dengan teman, bagikan rencana liburan ke keluarga atau kolega dirumah yang dipercaya. Berikan informasi detail misalkan sobat baru dari sebuah objek wisata kemudian telah kembali di hotel. Dengan tersambungnya informasi ini akan membuatmu lebih aman.

Gunakan pesan yang memberikan tanda bahwa sobat sudah aman atau sedang mengalami masalah. Meskipun bisa dalam bentuk kode seperti percakapan biasa jika didengar orang lain. Demi keamanan, bisa juga berbagi lokasi langsung (Live Locations) ke teman terpercaya atau keluarga melalui ponsel.

5. Meneliti Saran Perjalanan Disana

Ada kondisi dimana sebuah objek wisata mempunyai potensi yang diluar prediksi. Misalnya objek wisata air terjun dimana banjir bisa terjadi menyebabkan air bah. Atau wilayah gunung yang sering terjadi tanah longsor. Membaca berbagai informasi penting ini akan membuat perjalanan lebih aman. Menghindari wilayah rawan bencana ketika telah sampai disana. Bisa dicari melalui website sesuai wilayah yang dikunjungi maupun Google.

Baca Juga!  Pesona Indah dan Megah Candi Borobudur yang Sulit Dikalahkan

6. Menginformasikan Rencana Wisata Ke Kartu Kredit

Saat Bank mengetahui mau kemana sobat bepergian, akan mengurangi resiko kartu tertelan atau masalah akun lainnya. Jika hal tersebut terjadi, sobat bisa jadi terdampar di tempat wisata. Karena mungkin saja di luar tersebut, ada pola menggunakan uang atau kartu kredit. Ini bisa diantisipasi dengan memberitahu Bank.

7. Tidak Menggunakan Wifi Sembarangan

Wifi publik bisa saja mencuri data sobat. Sebisa mungkin tidak memasukkan kata sandi atau email saat browsing dengan Wifi kafe atau tempat umum. Mengantisipasi berbagai pencurian data, gunakan VPN terpercaya yang memberikan keamanan saat berselancar di internet.

8. Asuransi Perjalanan

Sebuah jenis asuransi yang tetap membuat sobat nyaman dan aman ketika berlibur. Pastikan telah mendapat asuransi perjalanan ini. Bermanfaat untuk menghindari berbagai biaya tambahan diluar rencana. Termasuk didalamnya biaya yang tidak dapat kembali seperti delay penerbangan dan sejenisnya. Kehilangan barang bisa juga diganti jika sobat telah menggunakan asuransi.

Dengan mendapatkan berbagai keamanan di perjalanan saat berlibur juga. Sobat perlu mempersiapkannya terlebih dahulu tapi. Sehingga liburan aman dan nyaman.

Check Also

Destinasi Wisata Pulau Baru di Nusa Tenggara Barat

5 Destinasi Wisata Pulau Baru di Nusa Tenggara Barat

Sejak gelaran MotoGP 2022 di Indonesia beberapa waktu yang lalu, daerah Mandalika ternyata masih menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.