Selasa , April 16 2024

Cara Mengatasi Salah Bantal

Sangat diperlukan cara mengatasi salah bantal yang merupakan rasa sakit di leher akibat dari salah posisi tidur. Rasa nyeri dirasakan bisa sepanjang hari. Sulit menggerakkan leher kekanan atau kekiri, kalau dipaksa jadi sakit.

Menurut Healthline, sakit leher ini disebabkan dari posisi tidur maupun penggunaan alas kepala (bantal) yang tidak tepat. Penyebab lain disebabkan oleh posisi tubuh yang buruk sepanjang hari. Cedera dan kaget otot karena gerakan yang tidak pernah dilakukan. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Simak dari Gookalian buat sobat.

Cara Mengatasi Salah Bantal

Umumnya rasa sakit tersebut terjadi akibat terganggunya kontraksi pada otot-otot. Otot kejang atau kontraksi secara terus menerus. Untuk itu diperlukan usaha untuk meredam kontraksi penyebab leher kaku. Meskipun dibiarkan dalam beberapa hari dengan bantal biasa, namun hal ini bisa mengganggu kegiatan sehari-hari sobat. Maka diperlukan berbagai cara mengatasi salah bantal agar bisa meredam rasa sakit dan mempercepat pulih serta melakukan pencegahan:

Konsumsi Anti Nyeri

Jika harus bekerja dan tidak bisa mengurus rasa sakitnya, sobat bisa langsung coba minum obat anti nyeri seperti ibuprofen, acetaminophen, maupun parasetamol. Obat diperlukan untuk gejala sakit yang tidak tertahankan. Namun jangan terlalu sering, jika diikuti kejadian yang sering juga lebih baik konsultasi ke dokter.

Baca Juga!  Cara Mencegah Tumpukan Plak Gigi

Adapun alternatif bahan alami untuk membantu memulihkan rasa sakit bisa dicoba. Jahe, kunyit, bawang putih dan sejenisnya bisa dikonsumsi. Meskipun khasiatnya tidak bisa langsung dirasakan. Atau coba baluri dengan minyak esensial, minyak kelapa hangat pada pusat sakit.

Kompres Air Dingin Atau Hangat

Masukkan air dingin dalam botol kaca, atau sekalian masukkan di kulkas agar dingin. Tempatkan botol dingin pada daerah yang sakit. Untuk yang tidak terlalu kuat dengan es batu, hal tersebut bisa dicoba.

Selain itu, dengan handuk dingin maupun hangat juga bisa digunakan. Terapi panas maupun dingin membantu mengendurkan otot leher yang kaku atau tegang.

Pijat Dengan Lembut

Dengan gerakan memijat yang dikonsentrasikan terus menerus secara lembut dapat mengurangi rasa tidak nyaman. Sobat mungkin bisa menambahkan balsem otot atau sejenis freshcare saat memijat. Setelah dipijat, lakukan peregangan ringan namun pastikan perlahan agar tidak memperparah rasa sakit.

Memijat dengan gerakan keatas dan kebawah. Dibagian tengkuk tengah. Kemudian pijak kearah luar maupun dalam. Urut dari punggung belakang hingga di bawah rambut, lakukan hingga rileks.

Membuat Leher Santai

Cari posisi dimana leher bisa rileks, artinya rasa tegang berkurang. Bisa dengan duduk santai seperti biasa atau mengistirahatkan dalam sementara waktu. Tidak melakukan aktivitas yang memicu leher bergerak dengan keras. Hindari aktivitas yang berat karena dapat membebani leher.

Baca Juga!  Cara Memperbarui Data BPJS Kamu Beserta Langkahnya

GUnakan bantal khusus leher yang berbentuk melingkar. Ini bisa membantu leher tetap santai meskipun sedang bekerja. Gunakan saat kondisi sakitnya agak parah. Ketika sudah cukup baik, bisa dilepas untuk membiasakan leher.

Tidak Memutar Dan Membunyikan Leher

Biasanya ketika ada rasa kaku atau tegang di leher, seketika langsung memutarkan atau menyembunyikan leher tersebut. Ini sering terjadi pada pagi hari setelah bangun dan terjadi salah bantal. Padahal gerakan ini malah membuat leher menjadi pegal. Menambah cedera baru seperti rasa sakit lebih parah dan nyeri akibat terjepit. Ini adalah cara antisipasi sebelum sakit karena salah bantal terjadi. Otomatis jangan dilakukan lagi jika leher belum benar pulih dari rasa sakit.

Menggunakan Bantal Nyaman

Jika sebelum nya sakit leher terjadi karena bantal tidak nyaman. Mempercepat pemulihan rasa sakit dengan menggunakan bantal yang nyaman. Tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah, namun sesuai dengan postur tubuh agar leher kembali rileks dan mempercepat hilang rasa sakit.

Cara Mengatasi Salah Bantal Dengan Pencegahan

Agar sobat tidak terkena leher tegang akibat posisi tidur yang salah, ada beberapa poin yang penting sebagai pencegahan seperti:

  • Melakukan olahraga teratur
  • Peregangan semua anggota gerak tubuh
  • Konsumsi makanan rendah kolesterol
  • Hindari makanan tinggi purin (penyebab rematik seperti melinjo dan lain-lain)

Beberapa tips diatas bisa sobat terapkan baik pencegahan maupun penanganan tepat ketika gejala salah bantal terjadi. Kaku dibagian leher khususnya tengkuk ditengarai karena gejala darah tinggi, hati-hati untuk menghindari kebiasaan yang membuatnya meningkat. Tetap jaga pola makan dan tubuh sehat.

Baca Juga!  8 Kebiasaan Alami Tingkatkan Kesehatan Mental

Check Also

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert 1

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert

Adobe Genuine Service Alert adalah notifikasi yang muncul ketika ada dugaan penggunaan software Adobe yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *