Memakai Maps Saat Berpergian Tips Agar Gak Nyasar

Sobat yang sering berwisata sangat butuh tips memakai Maps saat berpergian. Apalagi mengunjungi tempat yang mungkin belum pernah sobat kunjungi. Generasi milenial atau Z seperti sobat pasti tidak asing dengan menggunakan Google Maps.

Seperti layaknya Aku Peta pada serial kartun Dora, Maps memberikan kita kemudahan untuk pergi ke suatu tempat. Untuk tujuan berwisata, sekedar lewat saja, atau menuju ke rumah teman yang berbagi lokasi dengan sobat.

Pasti sobat cukup menyenangkan apabila sepanjang perjalanan pemandangan dan treknya bagus. Akan tetapi pernahkah sobat mendengar berbagai keluhan orang yang tersesat alias salah pilih jalan akibat Google Maps ? Nah, tulisan kali ini Gookalian sajikan sebagai tips dalam menggunakan Maps ketika bepergian agar sobat tidak tersesat.

Tips Memakai Maps Saat Berpergian

Sobat perlu melakukan beberapa hal agar tidak nyasar saat berpergian. Maksudnya bukan nyasar sih, lebih ke ketepatan memilih jalan agar nggak diputer-puterin sama Maps.

1. Simpan Peta Offline Ketika Menggunakan Maps Saat Berpergian

Satu yang wajib ketika sobat mengunjungi sebuah tempat adalah menyimpan peta. Di ponsel pintar kamu, ketika membuka Maps kamu bisa mengunduh peta offline. Peta ini berbentuk kotak yang bisa digunakan saat ponsel sobat tidak ada data seluler.

Perlu mendownload peta offline yang sesuai dengan jalur dari tempat kamu mulai berangkat sampai ke tujuan di Maps. Sobat gak akan kelabakan pas di tengah jalan gak ada sinyal sama sekali.

Untungnya smartphone bisa jalanin GPS dengan lancar tanpa koneksi internet. Ini dimanfaatkan melalui peta yang sudah diunduh tadi. Sehingga gak perlu panik lagi kalau di tengah jalan gak ada sinyal.

Peta yang diunduh offline ini juga penting apabila ada jalan yang ditutup. Kamu bisa mengambil rute lain yang bisa dilalui.

2. Gunakan Jalur Mobil, Hindari Tol Dan Feri

Sobat harus menggunakan jalur mobil saat menentukan rute. Setelan ini bisa dipilih sebelum mulai berjalan pada rute. Ketuk pada gambar mobil untuk menghindari jalan-jalan kecil yang dipilihkan oleh Maps. Tujuannya agar kamu nggak di sesatin sama Google Maps.

Sebelum memilih rute, pada 3 titik di pojok kanan atas sobat bisa pilih Opsi Rute. Centang sesuai dengan kondisi dan keinginan saat diperjalanan. Seperti Plat Genap/Ganjil, centang hindari jalan tol dan feri untuk sobat yang tidak ingin melewati jalur tersebut.

Opsi hindari jalan bebas hambatan harus dicentang apabila sobat menggunakan kendaraan sepeda motor. Agar tidak salah masuk ke jalan tol karena tidak sesuai dengan kendaraan sobat.

3. Pastikan Lokasi Akurat

Sering banget temen atau bahkan sobat sendiri mengirim lokasi Maps tidak sesuai atau tidak akurat. Hal ini akan mempengaruhi Google dalam menentukan rute perjalanan juga. Jangan sampai lokasi yang ingin kamu tuju ternyata malah di tengah sawah atau di bawah jembatan karena lokasi yang dikirim tidak akurat.

Saat mengirim lokasi atau saat sedang ingin ke suatu tempat, sobat perlu dahulu memastikan titik Maps menunjukkan lokasi yang akurat. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi masalah diatas.

Sobat juga harus mengetahui apakah sebuah objek wisata di Maps benar-benar ada. Jangan-jangan sudah tutup atau pindah lokasi. Dengan membaca berbagai informasi di internet, kendala ini jangan sampai terjadi dan memilih objek lainnya.

Beberapa tips diatas bisa memudahkan sobat dalam berpergian menggunakan peta. Perhatikan kendaraan, baterai ponsel dan berbagai hal lainnya agar lebih nyaman dalam perjalanan dan cepat mencapai tujuan.

Check Also

Tips Berwisata Perjalanan Jauh

Tips Berwisata Perjalanan Jauh Biar Seru

Untuk sobat, ada beberapa tips berwisata perjalanan jauh terkhusus untuk di dalam negeri saja. Ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *