Haruskah Berlari Sambil Dengar Musik ?

Berlari Sambil Dengar Musik

Gookalian bakalan bahas berlari sambil dengar musik. Sobat sebagian mungkin suka jogging atau berlari sebagai kegiatan olahraga untuk tujuan kesehatan. Apakah sobat suka olahraga berlari menyehatkan ini ? Sobat pasti ada juga yang suka melakukan aktivitas berkeringat ini sambil mendengarkan lagu juga.

Jika berlari dengan memutar musik dan menggunakan earphone misalnya mungkin sesuatu yang bersifat menyenangkan. Ada juga yang kurang suka dengan kegiatan ini karena mungkin menjadi kurang fokus dan mengganggu.

Sebenarnya kegiatan berlari sendiri sih menyehatkan. Namun apakah sobat tahu apa saja kelebihan dan bahaya kegiatan berlari tersebut sembari mendengarkan musik ? Simak ulasannya.

Manfaat Berlari Sambil Dengar Musik

1. Berlari Konsisten Lebih Terjaga

Bagi mereka pecinta jogging atau berlari sambil terikat dengan musik di telinga, akan membuat langkah pergerakan lebih konsisten. Pelari bisa berlari  dengan bagus karena beberapa musik atau podcast dirancang mampu memberikan ritme itu. Ritme berlari dan pernafasan inilah yang membuat sobat bisa lebih fokus.

Musik yang tepat, tentunya berlari akan dapat begitu fokus dan konsisten. Sobat perlu tahu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa performa terbaik pada kegiatan jogging maupun berlari didapatkan dengan mendengar musik sesuai tempo langkah kaki.

Tempo lagu yang rendah bisa digunakan untuk langkah kaki yang lebih pelan. Musik dapat disesuaikan dengan kegiatan rutin untuk olahraga sobat sesuai keinginan.

2. Meningkatkan Semangat

Banyak orang yang dapat tergugah hati dan pikirannya lewat lagu yang didengar. Hal ini berhubungan juga dengan berlari. Orang yang berlari sambil mendengar musik cenderung lebih termotivasi daripada yang tidak.

Perasaan positif yang terbawa ketika berlari membuat performa lebih optimal. Musik yang menggugah semangat membuat tubuh siap menghadapi berbagai rintangan saat berlari. Hal ini meningkatkan kualitas dan kuantitas berlari sehingga membuat tubuh lebih sehat.

Sobat bisa membuat daftar lagu yang paling disukai ketika melakukan kegiatan rutin jogging. Hal ini akan membawa Mood yang baik untuk kesehatan mental dan fisik.

3. Berlari Lebih Mudah Atau Ringan

Studi menunjukkan, mendengarkan lagu ketika berlari dapat menghambat sinyal rasa sakit dari tubuh ke otak. Hal ini akan sangat membantu dalam mengurangi rasa letih akibat berlari. Berlari akan lebih ringan karena lebih fokus untuk terus melaju tanpa merasa keletihan. Musik menambah kekuatan dan tenaga berdampak pada jogging yang lebih ringan daripada sama sekali tidak mendengarkan apapun.

Kelebihan Berlari Tanpa Musik

1. Mencegah Terburu-Buru

Karena efek musik yang menyebabkan berubahnya ritme berlari. Dengan tidak mendengarkannya sobat bisa lebih fokus untuk tidak terburu-buru. Apalagi kalau lagu yang didengar memiliki beat yang cepat. Ini dapat membuat sobat seolah-olah tergesa, padahal kegiatan olahraga ini mungkin tidak seperti itu.

2. Menikmati Suasana Sekitar Dan Lebih Waspada

Sobat akan lebih fokus pada keadaan sekitar saat berlari. Peka dengan keadaan sekitar sangat penting apabila ada objek lain yang dapat mengganggu rute berlari sobat. Kepekaan sobat yang berkurang ini dapat dihindari dengan baik apabila fokus pada keadaan sekitar.

Sobat perlu tahu di berbagai belahan dunia terdapat spot rute berlari yang sangat indah. Ketika sobat kehilangan musik, sobat bisa menikmati indahnya pemandangan saat berlari. Ada begitu banyak hal menarik dapat disaksikan tanpa perlu terganggu oleh suara dari musik

3. Lebih Fokus Ritme Pribadi

Fokus pada ritme detak jantung dan nafas pada diri sendiri akan sangat bagus. Ini dapat membuat sobat bisa secara alami mencari ritme tubuh sendiri. Sobat akan lebih tahu kemampuan tubuh sendiri dan untuk laju lari dibandingkan dengan jumlah tenaga yang dikeluarkan.

Pada akhirnya pilihan sobat untuk menggunakan media musik saat berlari ataupun tidak, hal tersebut tidak menjadi masalah. Tetapkan rute berlarimu dan waspada dengan keadaa sekitar. Sesuaikan batas tubuh dan jangan lupa melakukan pemanasan ketika sobat ingin berlari.

Entah menggunakan musik atau tidak. Enjoy your life dengan tetap memperhatikan berbagai hal tentang keselamatan dan kesehatan pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *