Saturday , July 31 2021

Fakta Jamur Truffle Yang Mengejutkan

Pernahkah sobat mendengar tentang fakta jamur Truffle ? Seperti layaknya jamur Ekor Kalkun yang pernah dibahas oleh Gookalian. Pasti ada khasiat kesehatan yang dikandung dalam jamur tertentu. Salah satunya di jamur Truffle juga. Namun yang mengejutkan ada pada harga jamur ini, memang seberapa mahal sih? Simak fakta lainnya juga dibawah ini.

Fakta Jamur Truffle

Jamur Truffle merupakan salah satu spesies jamur yang dikenal di seluruh dunia. Meskipun begitu, jamur yang tumbuh secara liar ini tidak bisa diatur pengelolaannya. Jenis tumbuhan yang mengolah zat sisa dalam makhluk hidup lain ini tidak bisa tumbuh di sembarang tempat.

Harga Mencapai 1,5 Milyar Fakta Jamur Truffle

Tepatnya di tahun 2018 yang lalu, harga jamur ini bisa mencapai 1,5 milyar dengan berat bahkan kurang dari 1 kg (850 gram). Jenis yang putih dibeli oleh seorang warga Hongkong dengan harga 30 kali lipat dari harga biasa.

Biasanya jenis jamur Truffle berwarna hitam dibanderol 5,6 juta rupiah per 450 gram. Sedangkan yang putih bisa luar biasa mahal. Dengan berat yang sama bisa mencapai 31 juta rupiah.

Sangat Sulit Ditumbuhkembangkan

Salah satu yang mungkin jadi alasan kenapa jamur ini begitu mahal ada pada proses mendapatkannya. Perlu kondisi wilayah dengan ketinggian tertentu untuk bisa tumbuh dengan baik. Ditambah perlu menanam pohon Ek sebagai inangnya. Biasanya butuh waktu 3-7 tahun jamur Truffle muncul dibagian bawah pohon tersebut.

Di alamnya, jamur mahal ini tumbuh secara liar dan tidak bisa diatur pertumbuhannya. Kondisi alam dengan kandungan tanah, cuaca dan geografis khusus saja yang bisa menumbuhkan jamur ini.

Berasal Dari Benua Eropa

Pertama kali diperkenalkan di Eropa dan sekarang sudah menyebar ke puluhan negara di dunia. Jamur Truffle hitam (tuber melanosporum) tumbuh subur di wilayah Perigord barat daya Perancis. Jenis yang hitam ini berkembang dengan cepat di bulan September sampai Desember.

Sedangkan yang berwarna putih (tuber magnatum) dapat ditemukan di Italia Utara (Piedmont) di area pedesaan Alba. Yang berwarna putih kecoklatan ini tumbuh subur di musim dingin dan musim gugur saja.

Khasiat Untuk Kesehatan

Jamur Truffle mengandung antioksidan dan anti inflamasi. Dua kandungan yang bisa menjaga tubuh tetap fit dari radikal bebas dan kerusakan sel akibat serangan alergi maupun agen penyakit. Lebih jauh lagi, kandungan yang dimiliki jamur ini bisa mencegah dan mengobati kanker.

Mengkonsumsi jamur Truffle dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker maupun tumor. Tubuh akan kuat melawan sel jahat tersebut dengan resisten alias tahan dengan serangannya. Selain itu, secara umum dapat mengobati sakit kepala, pembentukan otot dan melancarkan peredaran tubuh.

Manfaat dan berbagai kondisi jamur Truffle sendiri adalah salah satu yang membuatnya berharga fantastis. Semakin berguna dan langka sebuah bahan di alam, akan berpengaruh pada harganya. Layaknya jamur Ekor Kalkun yang meskipun tidak dapat dikonsumsi secara langsung, kandungan ketika sudah jadi sediaan obat dapat memberikan manfaat yang besar untuk menyembuhkan tubuh yang sakit.

Check Also

Persiapan Menu Makanan Puasa di Bulan Ramadhan

Persiapan Menu Makanan Puasa di Bulan Ramadhan

Gookalian – Karena sebentar lagi umat islam akan jalani ibadah puasa Ramadhan. Pernah coba liat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *