Rabu , September 28 2022

10 Fitur Privasi iOS 15 Sobat Harus Tahu

Versi paling baru iOS seperti layaknya fitur privasi iOS 15 membawa teknologi keamanan yang lebih jauh lagi. Terdapat beberapa fitur seperti menyembunyikan alamat email dan lainnya yang akan dibahas oleh Gookalian pada artikel ini.

Apple memberikan banyak cara untuk melindungi privasi penggunanya. Sobat calon pemilik iOS 15 yang terbaru tidak perlu khawatir dengan keamanan data dan privasi. Sobat bisa menyembunyikan alamat email, aktivitas penjelajahan internet, menyesuaikan perizinan aplikasi secara realtime, hingga menemukan kata sandi yang sudah tidak aman. Ini juga merupakan fitur peningkatan keamanan dari Android 11.

Jadi jangan lupa untuk terus Up To Date dengan membuka setelan pembaruan perangkat lunak. Dengan mengakses Settings > General > Software Update pastikan sobat memasang versi terbaru dari iOS. Nikmati berbagai fitur termasuk dalam iOS 15 dibawah ini.

10 Fitur Privasi iOS 15 Yang Harus Sobat Tahu

Semua orang pasti akan merasa nyaman dengan adanya teknologi privasi. Rahasia pribadi maupun hal yang berhubungan dengan pekerjaan adalah harga diri yang harus selalu dijaga. Maka dari itu, iOS 15 maupun pada iPadOS 15 memberikan setidaknya 10 fitur privasi yang akan membuat sobat nyaman. Diantaranya:

1. Menyembunyikan Alamat Email

Seringkali kita menemukan alamat email kita diketahui oleh orang yang tidak dikenal. Sehingga rawan dikirim spam atau email tidak penting. Untuk itu, Hide My Email memberikan akun email acak untuk membayangi identitas diri dan menghalangi banyak spam masuk. Buka Settings > nama sobat > iCloud > Hide My Email. Layanan ini berbayar pada iCloud dengan subscription.

Baca Juga!  Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Fitur ini bisa dinonaktifkan kapan saja. Cara kerjanya adalah membuat akun email acak yang menuju ke email utama sobat. Sehingga email asli akan tidak terlihat saat masuk ke sebuah halaman berisi login email.

2. Melindungi Aktivitas Email

Protect My Email Activity dapat diaktifkan dan berada pada Settings > Mail > Privacy Protection. Hal ini akan mencegah orang lain membaca aktivitas email sobat. Misalnya ketika membuka sebuah pesan email, lokasi dapat dicuri (diketahui orang lain). Dengan keamanan ini, ha tersebut dapat dicegah sebelum terjadi.

3. Menyembunyikan IP Address

IP asli akan dilindungi oleh iCloud Private Relay jika diaktifkan. Cara kerjanya adalah mengubah menjadi IP Address tertentu secara anonim sehingga tidak terlihat. Mencegah lokasi spesifik ponsel sobat dapat diketahui oleh orang lain. Dapat diakses di Settings > nama sobat > iCloud > Private Relay > IP Address Location dan juga dapat diakses pada setelan Wifi sehingga seluruh konektivitas akan aman.

4. Membagikan Lokasi Dengan Akurat

Fitur ini memungkinkan sobat untuk membuat lokasi ponsel akurat untuk aplikasi tertentu saja. Misalnya untuk Whatsapp dibuat tidak cukup akurat, tapi untuk aplikasi ojek online sebaliknya. Mengatur keakuratan lokasi untuk berbagai aplikasi bisa dilakukan melalui Settings ? Privacy > Location Services > Pilih aplikasi sesuai keinginan.

5. Track Permission Sebagai Fitur Privasi iOS 15

Fitur privasi iOS 15 selanjutnya yaitu melacak perizinan aplikasi yang biasanya berisi iklan tertentu. Fitur ini akan memberi sebuah notifikasi di produk Apple berisi pesan apakah sobat setuju apabila sebuah aplikasi melacak dan memberikan iklan. Mereka akan meminta izin terlebih dahulu sebelum men-Tracking sobat. Bisa diaktifkan melalui: Settings > Privacy > Tracking.

Baca Juga!  Cara Scan Barcode Google Maps

6. Tolak Akses ke Jaringan Lokal

Aplikasi mungkin membutuhkan akses ke Bluetooth atau Wifi. Saat pertama kali dibuka, maka perizinan tersebut akan muncul. Setelah berjalan beberapa kali, pesan akan muncul mengisyaratkan bahwa aplikasi menggunakan akses ke jaringan lokal. Sobat bisa menolaknya sehingga jaringan lokal tidak digunakan oleh aplikasi untuk tujuan tertentu ini merupakan fitur privasi iOS 15. Untuk mengizinkan secara khusus dapat diakses melalui Settings > Privacy > Local Network.

7. Mendeteksi Akses Ke Kamera Dan Mic

Pesan tentang kamera dan mikrofon yang digunakan pada sebuah aplikasi akan muncul. Meskipun sebuah aplikasi tidak butuh akses keduanya, pesan notifikasi akan muncul. Titik hijau memberi tahu bahwa kamera saat ini diaktifkan, sementara titik kuning memberi tahu mikrofon sedang aktif. Sobat kemudian dapat menilai sendiri apakah aplikasi tersebut mencurigakan karena seharusnya tidak perlu akses keduanya.

8. Membatasi Akses Foto

Jika sebuah aplikasi meminta akses ke penyimpanan otomatis berkas gambar juga dapat terbaca oleh aplikasi. Saat sebuah aplikasi membutuhkan akses ke foto, bisa memilih untuk Select Photos (Selected Photos) hanya mengizinkan foto yang dipilih yang bisa dibaca. Kemudian Allow Access to All Photos berarti memberikan izin semua foto bisa dibaca aplikasi. Fitur privasi iOS 15 yang satu ini bisa diakses melalui: Settings > Privacy > Photos.

9. Mendeteksi Kata Sandi Bermasalah

Dengan membuka Settings > Passwords > Security Recommendations dan mengaktifkan Detect Compromised Passwords. Sobat akan diberitahu jika ada kata sandi yang digunakan secara bersamaan, kurang kuar maupun berpotensi dibajak.

10. Laporan Privasi Browser Safari

Fitur ini mencegah sebuah situs mengikuti/Tracking aktivitas web sobat. Aktifkan melalui Settings > Safari > Privacy & Security > Aktifkan Prevent Cross-Site Tracking. Melalui Privacy Report, sobat bisa melihat situs mana yang melakukan tracking lalu mencegahnya/telah dihentikan.

Baca Juga!  Cara Menggunakan VPN di Windows 11

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

2 comments

  1. shoutmac.com

    kalo untuk privasi, iOS emang makin diperketat
    asyik sih, aku juga barusan cobain iOS 15
    cuma ya gitu, fiturnya ga semuanya bisa dipake di iPhone 6s yang sudah lawas banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.