Selasa , April 16 2024

Menjaga SSD Dari Batas TBW

Apakah sobat sudah tahu cara-cara untuk menjaga SSD dari batas TBW? Solid State Drive atau SSD merupakan perangkat penyimpanan jaman sekarang yang punya kecepatan berkali lipat dari Hard Disk Drive (HDD) biasa dengan piringannya. Kecepatan baca tulis SSD yang lebih bagus menjadi poin positif sehingga banyak yang menggunakannya.

Berhubungan dengan kegiatan baca tulis pada penyimpanan tersebut. Memang SSD lebih cepat dari HDD biasa, namun ternyata dia memiliki kekurangan tersendiri. Yaitu adanya TBW atau Total Byte Written dengan batas tertentu. Maka kita harus menghindari kelemahannya tersebut dengan berbagai cara dari Gookalian dibawah ini. Sebenarnya apa itu TBW pada SSD dan bagaimana langkah untuk menjaganya?

Tips Menjaga SSD Dari Batas TBW

TBW sering disebut dengan Total Bytes Written dan ada yang mengartikan Terra Byte Write merupakan sebuah batas melakukan Write/tulis kedalam sebuah penyimpanan. Batas tulis inilah yang menjadi kelemahan SSD. Semakin sering SSD digunakan untuk melakukan write, maka umurnya akan semakin pendek. Kegiatan write itu adalah menambahkan file, mengedit file, mengunduh file, back up data lain-lain.

Sampai pada ujung atau puncaknya, SSD tidak bisa lagi melakukan write ke penyimpanan. Jika sudah sampai batas ini, SSD tidak bisa menyimpan data lagi. Perangkat akan menjadi Read Only atau hanya bisa membaca data di dalamnya tanpa bisa ditambahkan. Tentunya hal ini merugikan kita sebagai pengguna.

Untuk itu kita butuh cara-cara menjaga SSD dari batas TBW atau puncak tulisnya. Yaitu mengurangi kegiatan menulis pada SSD kita. Jadi beberapa kegiatan dibawah ini secara umum dapat membuat SSD menjadi lebih awet dan membuat TBW pada SSD tidak cepat penuh. Yaitu:

Tidak Sering Instal Ulang Komputer/Laptop

Proses menghilangkan sistem operasi yang telah terpasang pada penyimpanan SSD kemudian menuliskannya lagi membuat siklus hidupnya pendek. Berarti kita membutuhkan usaha-usaha untuk tidak terlalu sering instal ulang laptop atau komputer. Membuat komputer berjalan dengan baik setiap waktu adalah penting lewat beberapa cara. Seperti menjaga komputer tidak terserang virus yang membuatnya lemot. Tidak menginstal banyak aplikasi dan selalu berhati-hati saat berselancar di internet juga penting.

Bijaksana Dalam Menggunakan File Terkompresi

File ZIP, RAR, 7z dan jenis file arsip lainnya memudahkan kita menyimpan banyak file. Tapi jenis file ini secara tidak sadar kita menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari kurang efektif dan efisien. Kita sering langsung membuka file di dalam RAR tanpa meng-Extract terlebih dahulu. Karena file yang langsung dijalankan akan tetap diekstrak dalam folder sistem lalu dihapus jika sudah selesai prosesnya. Jika kamu membuka arsip lalu menjalankannya lagi, maka proses menulis diulang lagi. Lebih baik file diekstrak saja jika digunakan untuk berkali-kali.

Baca Juga!  Pilih Samsung A53 Atau Samsung A52s 5G ?

Melakukan Pekerjaan Secara Online

Gunakan teknologi cloud computing atau mengerjakan segala hal secara online. Mengedit dokumen yang tersinkron di internet akan mengurangi beban SSD karena tidak ada proses menulis atau menyimpan. Pekerjaan mengedit berbagai dokumen secara online juga akan mengurangi frekuensi mengunduh yang merupakan proses menulis juga. Mengedit file di komputer menggunakan penyimpanan SSD pribadi atau penggunaan biasa bisa dihindari untuk menjaga keawetan SSD dibandingkan bekerja online.

Menghindari Hibernate Komputer Dan Memilih Sleep

Hibernate adalah fitur pada sistem operasi yang menyimpan konten dalam memori (program berjalan dan informasi masih diproses) sebelum dimatikan. Ketika komputer dihidupkan kembali, file tersebut akan dikembalikan seperti semula. Bayangkan jika besarnya RAM 4 GB, maka dibutuhkan sebesar 4 GB penyimpanan dituliskan ke SSD. Dan akan diambil kembali setelah komputer dihidupkan untuk kemudian dihapus. Proses ini memakan penyimpanan hingga beberapa Giga.

Untuk itu, sobat perlu menghilangkan hibernate otomatis untuk menjaga SSD dari batas TBW. Pada opsi Power Plant, diamkan komputer dalam mode Sleep saja. Karena selama apapun dalam keadaan Sleep, menggunakan SSD akan tetap aman. Bahkan karena keunggulannya, kamu bisa bawa laptop kemana-mana dalam posisi Sleep tanpa takut ada kerusakan fisik layaknya menggunakan Hard Disk.

Mematikan Superfetch

Hal ini sebenarnya tidak dibutuhkan oleh SSD, karena proses baca tulisnya yang begitu cepat. Jadi mempersiapkan program yang sering dibuka sudah tidak diperlukan lagi. Dengan mematikan fitur Superfetch ini, penggunaan storage akan berkurang.

Memindahkan Page File Ke Penyimpanan Non SSD

Cara untuk menjaga SSD dari batas TBW selanjutnya adalah virtual memory. Setel pengaturan virtual memory agar disesuaikan rekomendasi di penyimpanan SSD. Langkahnya yaitu:

Baca Juga!  Teknologi Digital Ngetrend Saat Ini
  • Klik kanan This PC atau My Computer
  • Properties
  • Advanced System Settings
  • Advanced
  • Settings
  • Advanced
  • Change
  • Hilangkan centang Automatically manage paging file size for all drives
  • Ubah sesuai Rekomendasi Sistem
  • Klik Set
  • Oke
  • Hidupkan ulang komputer

Jangan Defrag SSD

Melakukan defrag yang diperbolehkan pada HDD saja. Karena proses ini akan merapikan file didalam penyimpanan sehingga proses baca tulis file dilakukan. Kegiatan ini tidak direkomendasikan dilakukan di SSD. Karena dapat memperpendek umur SSD tersebut, dan mekanisme SSD dan HDD sudah jauh berbeda. Kecepatan dan efektifitas yang dimiliki SSD membuatnya tidak perlu lagi di defrag layaknya HDD.

Hindari Menyimpan File Besar Di SSD

Sebaiknya kita memiliki 2 perangkat penyimpanan: satu SSD berisi sistem operasi dan juga aplikasi-aplikasi untuk pekerjaan. Dan satu HDD tempat menyimpan file-file besar seperti film, master aplikasi dan lainnya yang tidak berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari secara langsung. Selain harga SSD yang lebih mahal dibanding HDD dengan kapasitas yang lebih kecil. Kita maksimalkan penggunaan SSD di komputer untuk tidak menjadikannya penyimpanan permanen.

Update Firmware Pada SSD

Cara menjaga SSD dari batas TBW selanjutnya mungkin agak rumit. Yaitu melakukan update pada firmware SSD. Merek penyedia SSD biasanya tidak lupa memberikan dukungan software untuk produk mereka tersebut. Dengan memperbarui firmware, kemampuan baca tulis pada SSD akan lebih efektif dan efisien. Hal ini akan memperpanjang masa penggunaan SSD sehingga batas TBW lebih lama tercapai.

Check Also

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement 1

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog Anda selain dari iklan biasa? Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *