Selasa , April 16 2024

Windows 11 Tidak Bisa Uninstal Google Chrome

Gookalian berbagi beberapa tips mengatasi Windows 11 tidak bisa uninstal Google Chrome. Sebagai salah satu aplikasi penjelajah internet, ada kemungkinan bug Software sehingga membuatnya tidak bisa dihapus begitu saja karena sistem operasi yang tergolong baru.

Sebelum melakukan uninstal aplikasi termasuk jenis browser, seharusnya kita menghentikan berbagai proses aplikasi tersebut dahulu. Itu merupakan satu dari sekian tips yang akan disajikan Gookalian untuk sobat. Lalu apa saja langkah-langkah agar bisa melancarkan proses uninstal Google Chrome yang gagal di Windows 11? Informasinya dibawah ini.

Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Uninstal Google Chrome

Seperti yang telah diketahui pada pengalaman-pengalaman menghapus instalasi Google Chrome versi Windows sebelumnya. Menghapus via Control Panel pada aplikasi tersebut seperti berlalu begitu saja. Tanpa ada jendela uninstal yang terbuka alias tiba-tiba Chrome hilang begitu saja. Namun gagalnya uninstal pada Windows 11 ini juga tidak terjadi apa-apa saat dilakukan via Control Panel. Berikut solusi yang bisa sobat terapkan:

Menutup Semua Proses Google Chrome

Buka Task Manager dengan tombol CTRL, Shift dan ESC bersamaan. Setelah itu pada bagian Tab Processes cari Google Chrome. Klik kanan – End Task. Di bagian bawah, apabila ada proses dari Chrome juga perlu dimatikan terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah untuk melakukan uninstal dari Control Panel lagi. Windows 11 tidak bisa uninstal Google Chrome karena terhalang oleh proses yang berjalan di latar belakang juga.

Baca Juga!  Dampak Negatif Metaverse Dalam Kehidupan Media Sosial

Menghapus Semua Ekstensi Google Chrome

Ekstensi pada Chrome bisa menghambat proses uninstal. Menghilangkannya mungkin adalah salah satu cara yang bisa memperlancar. Langkah untuk menghapusnya:

  • Buka Google Chrome
  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • More Tools
  • Extensions
  • Remove pada ekstensi yang tidak terpakai

Uninstal Pada Safe Mode

Tekan dan tahan tombol Shift saat sobat akan Restart. Atau dengan klik tombol Windows kemudian klik tombol Power – pilih menu Restart. Kemudian pilih menu Troubleshoot – Advanced Options – Advanced Startup – Restart – komputer akan loading – pilih Startup Settings – Restart – pilih nomor 4 (Safe Mode).

Setelah masuk ke mode ini, sobat buka Control Panel. Kemudian buka Program and Features – Klik Google Chrome untuk Uninstal. Saat mode ini, beberapa virus yang menyebabkan aplikasi tidak bisa diuninstal akan terhenti saat Safe Mode aktif.

Menggunakan Aplikasi Uninstaller

Ada banyak aplikasi yang bisa membantu sobat dalam menghapus instalasi sebuah aplikasi. Kita membutuhkan perangkat lunak ini karena proses pencopotan pemasangan aplikasi biasa tidak bersih. Ada file di Registry yang ikut termodifikasi saat kita melakukan instal sebuah aplikasi. Aplikasi uninstaller akan menghapus sistem yang termodifikasi tersebut akibat instalasi sebuah aplikasi.

Gunakan aplikasi sejenis seperti Revo Uninstaller, IObit, Puran, Wise Program, Comodo Program Manager, Ashampoo, Absolute uninstaller. Lakukan penghapusan aplikasi Google Chrome didalamnya. File sistem yang termodifikasi dan sisa-sisa file yang masih menyangkut di dalam sistem akan dibersihkan. Aplikasi tersebut juga biasanya akan membuat Recovery Point sebelum menghapus instalasi aplikasi.

Baca Juga!  Mengenal Wifi 6 Teknologi Nirkabel Cepat Dan Aman

Terakhir Instal Ulang

Kita mungkin sering tidak mengetahui bahwa virus menyerang Windows 11 diakibatkan kegiatan kita sendiri sehingga Windows 11 tidak bisa uninstal Google Chrome. Salah penyebabnya yaitu berselancar melalui Google Chrome yang memang sangat rentan untuk terserang virus jika kita tidak berhati-hati. Salah satu jenis virus akan mengambil alih perizinan aplikasi Chrome pada sistem. Sehingga membuatnya tidak bisa dihapus begitu saja. Hal ini membuat berbagai cara yang dilakukan diatas tidak bisa berhasil.

Solusi yang paling akhir adalah melakukan instal ulang pada komputer dengan sistem operasi Windows 11. Dengan demikian semua virus yang menyebabkan Windows 11 tidak bisa melakukan uninstal pada aplikasi Chrome menghilang.

Check Also

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement 1

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog Anda selain dari iklan biasa? Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *