Rabu , September 28 2022

Kebiasaan Penyebab Android Jadi Lemot

Banyak kebiasaan penyebab android jadi lemot yang mungkin tidak disadari oleh sobat pemilik ponsel pintar ini. Ya meskipun sepintar-pintarnya ponsel android, namun masih membutuhkan Brainware atau pengguna yang harus menyesuaikan juga. Karena ketidaktahuan kita pada cara menggunakan android yang benar akan berdampak pada ponsel jadi lemot bahkan gampang rusak.

Ponsel android lemot pasti terjadi pada ponsel dengan spesifikasi yang rendah. Itu udah biasa, namun untuk ponsel sobat yang mungkin dibeli dengan uang yang tidak sedikit untuk memperoleh spesifikasi lumayan bisa juga lemot. Apa penyebabnya? Dan kebiasaan yang perlu dihindari apa saja agar tidak terjadi? Simak penjelasan dari Gookalian dibawah ini.

Kebiasaan Penyebab Android Jadi Lemot Harus Dihindari

Beberapa hal dibawah ini yang jadi masalah mengapa ponsel sobat bisa jadi lemot. Bisa karena kebiasaan atau memang ketidaksengajaan yang dilakukan. Berikut hal-hal tersebut perlu diperhatikan maupun dihindari.

Tidak Pernah Menghidupkan Ulang Ponsel

Restart ponsel android adalah sebuah kebutuhan. Semakin lama ponsel digunakan maka makin banyak penyimpanan cache-nya. Hal ini hanya bisa dibersihkan sebagian lewat mematikan ponsel. Jadi jika ponsel terlalu lemot karena tidak pernah dimatikan adalah hal yang wajar. Lakukan rutin dalam mematikan ponsel kemudian dihidupkan lagi.

Memasang Terlalu Banyak Aplikasi

Aplikasi akan memakan ruang penyimpanan yaitu internal ponsel sobat. Kebiasaan penyebab android lemot adalah terlalu banyak aplikasi membuat penyimpanan menipis. Semakin sedikit penyimpanan, maka ponsel berpikir lebih lambat karena kekurangan sumber penyimpanan untuk cadangan proses. Sehingga sobat harus menyesuaikan spesifikasi penyimpanan internal ponsel dengan jumlah aplikasi yang dimiliki.

Baca Juga!  Trik Memakai Smartphone Yang Benar Mudah

Lebih baik, sisakan setidaknya 20% penyimpanan agar tidak penuh. Soalnya, ini akan membantu kinerja ponsel. Hapus aplikasi tidak perlu dan bila perlu gunakan aplikasi seminimal mungkin tidak ditambah.

Membiarkan Penyimpanan Hampir Penuh

Penyimpanan hampir penuh atau pesan penyimpanan hampir habis jika sering muncul pada notifikasi ponsel, lebih baik segera lakukan pembebasan. Mengurangi penyimpanan internal dengan menghapus file tidak penting berupa foto dan video. Karena jika pesan tersebut muncul, ponsel akan jadi lemot dan bahkan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Terlalu Banyak Notifikasi

Notifikasi yang paling banyak umumnya dari aplikasi Chrome. Disana saat membuka sebuah situs, pasti sobat ditawarkan untuk ijinkan pemberitahuan maupun memblokirnya. Seharusnya diblokir saja, notifikasi dari situs yang dikunjungi. Karena setiap hari dia akan menambahkan jumlah pemberitahuan yang bikin lemot ponsel.

Selain dari situs Chrome, aplikasi sosial media juga cukup menambah daftar panjang notifikasi. Ponsel bisa saja nge-hang kalau terlalu banyak pesan dari aktivitas sosial media. Untuk itu, matikan saja notifikasi agar tidak menumpuk maupun membuat ponsel lemot.

Membuka Banyak Aplikasi Sekaligus Dan Tidak Ditutup Dari Recent Apps

Ada tombol berbentuk kotak dibagian bawah sebagai tombol navigasi. Itu adalah Recent Apps yang berfungsi berpindah aplikasi lain. Untuk melakukan multitasking digunakanlah tombol tersebut. Setelah aplikasi digunakan, tidak ditutup melalui Recent Apps akan membuat ponsel jadi lemot.

Penggunaan RAM akan lebih banyak karena harus menampung aktivitas aplikasi lebih lama. Aplikasi yang tidak ditutup dan hanya di minimize saja memperberat kinerja ponsel jika memang spesifikasi rendah.

Bermain Game Tidak Aturan

Bermain game adalah kegiatan menguras sumber daya ponsel secara maksimal. Hal ini akan memaksimalkan fungsi penyimpanan, sinyal, layar, RAM dan hampir keseluruhan fungsi android. Semakin lama ini akan mengurangi performa maksimal ponsel karena terjadi kelelahan atau lewat masa produktif pakai. Bermain game hanya pada ponsel dengan spesifikasi tinggi disarankan untuk membuatnya tetap awet.

Baca Juga!  Kerugian Menggunakan Vpn Di Android

Beberapa kebiasaan diatas sebaiknya tidak sobat sering lakukan. Karena akan berdampak pada kinerja ponsel yang lemot. Konsultasikan dengan teman sobat yang lebih pandai atau punya pengetahuan tentang ponsel yang lebih baik. Tentang bagaimana mencegah ponsel lemot karena penggunaan sehari-hari yang kurang baik.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.