Cara Membuka Catatan Facebook Terbaru

Cara membuka catatan Facebook sekarang ini sudah tidak mudah lagi. Beberapa tahun yang lalu, pilihan menu catatan masih nongol di beranda Facebook. bisa dengan mudah dipilih dari akun sobat. Perlu diketahui bahwa menu Catatan atau Notes kini sudah hilang entah kemana.

Catatan tidak lagi muncul dari menu Facebook yang dibuka lewat komputer maupun ponsel android. Kejadian ini secara terang-terangan menghilangkan navigasi ke menu catatan. Tepatnya setelah Facebook berubah ke tampilan yang lebih baru. Dari laman facebook.com menjadi web.facebook.com yang memiliki suasana dark mode sebagai fitur baru.

Hal tersebut juga diiringi dengan perubahan yang terjadi pada aplikasi facebook lite dan facebook biasa. Pengguna android dengan kedua aplikasi ini tidak dapat lagi mengecek catatan, karena menu tersebut telah tidak ada. Sebelumnya melalui laman facebook.com/notes sobat masih bisa melihat berbagai catatan jika sudah login pada browser Chrome komputer maupun android.

Akan tetapi sekarang url tersebut kini tidak dapat diakses. Facebook telah menutup akses ke laman khusus untuk membuka catatan Facebook. Lalu bagaimana cara mengatasi catatan Facebook yang hilang ?

Cara Membuka Catatan Facebook

Untuk dapat kembali membaca berbagai catatan tersimpan yang sobat miliki di Facebook ada hal yang perlu diketahui. Catatan Facebook tidaklah hilang, melainkan mungkin bukan menjadi bagian yang aplikasi berwarna biru ini pentingkan.

Sobat masih tetap bisa mengaksesnya dari browser Chrome pada komputer maupun android. Langkah lebih mudahnya menggunakan komputer dengan koneksi internet:

  1. Bukalah aplikasi browser atau penjelajah internet di komputer kamu seperti Chrome
  2. Buka web.facebook.com
  3. Masuk/login ke Facebook menggunakan akun sobat
  4. Klik pada tombol panah kebawah di pojok kanan atas (Akun)
  5. Pengaturan Dan Privasi (Settings And Privacy)
    membuka catatan facebook
  6. Pengaturan (Settings)
  7. Privasi (Privacy)
  8. Di Bagian kiri, klik Informasi Facebook Anda (Your Facebook Information)
  9. Dibagian tengah pilih Lihat (View) dibagian kanan Log Aktivitas (Activity Log)
    membuka catatan facebook
  10. Klik Filter di bagian atas kiri
  11. Pilih Tahun (masukkan tahun dimana sobat membuat catatan di Facebook)
  12. Klik pada kategori Postingan Anda, dibawah Jenis Aktivitas panel sebelah kiri layar.
  13. Ketuk pada Pembaruan Teks, Persinggahan, Catatan, dan Lainnya
  14. Panel sebelah kanan, Scroll untuk menemukan catatan yang sobat telah buat pada periode waktu Tahun tersebut
    membuka catatan facebook
  15. Untuk pengaturan yang lebih lawas, sebagian mungkin langsung bisa memilih Catatan pada panel sebelah kiri. Biasaya terus pilih Save Changes, catatan sobat akan muncul di bagian kiri layar (yang terbaru menu berbeda)

Inilah sebenarnya model catatan yang ada di Facebook saat sekarang. Sobat gak bisa langsung melihat semua catatan yang pernah dibuat. Sobat harus mengeceknya tahun per tahun apakah ada catatan jika sobat lupa. Lebih lagi catatan tersebut hanya masuk dalam kategori aktivitas akun. Tidak dipisahkan atau diletakkan pada tempat yang berbeda. Sehingga semakin banyak sobat melakukan aktivitas, semakin lama harus scroll mencari catatan yang ingin dibuka pada masa lampau.

Kalau model catatan yang dahulu, ketika membuka menu catatan maka keseluruhan berkas tulisan tersebut ditampilkan. Dapat juga dilihat secara mudah kapan saja sobat membuat catatan untuk bisa dibuka lagi. Untuk yang baru ini bahkan catatan tidak dipisahkan, dijadikan satu dengan semua aktivitas selain foto, video, dan cerita maupun postingan dari aplikasi lain diluar Facebook.

Cara membuka catatan Facebook memang sudah disetel seperti itu. Sehingga mungkin kurang nyaman untuk dipilih atau ingin dibaca kembali. Setidaknya, Notes tidak hilang begitu saja atau dihapus Facebook dan hanya membutuhkan sedikit usaha untuk membukanya kembali.

Check Also

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik Angka

Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik Angka

Keyboard komputer tidak bisa mengetik angka disebabkan oleh berbagai masalah. Dengan beberapa tips dari Gookalian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *