Kenapa YouTube Tidak Ada Suaranya di Komputer

Jika Anda pernah mengalami masalah dengan YouTube yang tidak mengeluarkan suara di komputer Anda, maka Anda bukanlah satu-satunya. Ini adalah masalah yang sering terjadi dan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa kemungkinan penyebab mengapa ini bisa terjadi dan memberikan solusi yang mudah dan cepat untuk mengatasi masalah tersebut. Pastikan Anda membaca sampai akhir untuk mengetahui solusinya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas istilah-istilah teknis seperti pengaturan suarapengaturan aplikasi, dan sistem operasi komputer. Namun, jangan khawatir jika Anda tidak terbiasa dengan istilah-istilah tersebut, karena kami akan menjelaskannya secara detail dan mudah dipahami.

Jadi, mari kita mulai dengan mengeksplorasi beberapa kemungkinan penyebab mengapa YouTube tidak mengeluarkan suara di komputer Anda.

YouTube Tidak Ada Suaranya 1

Periksa Pengaturan Suara di Komputer Anda

Salah satu kemungkinan mengapa YouTube tidak mengeluarkan suara di komputer adalah karena pengaturan suara yang salah atau terdiam di komputer Anda. Anda perlu memeriksa pengaturan suara di sistem operasi komputer Anda, seperti volume yang teredam atau perangkat audio yang tidak terdeteksi. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara memeriksa dan mengatur pengaturan suara di komputer Anda:

  1. Cek Pengaturan Volume: Pastikan volume tidak teredam atau terlalu rendah. Jika Anda menggunakan Windows, caranya adalah dengan mengklik ikon volume di bilah tugas dan memastikan slide volume tidak teredam.
  2. Cek Perangkat Audio: Pastikan perangkat audio terhubung dengan benar ke komputer. Jika menggunakan speaker atau headphone, pastikan mereka tersambung ke jack audio yang tepat.
  3. Cek Driver Audio: Pastikan driver audio Anda terinstal dengan benar dan diperbarui. Anda dapat memeriksa di bagian Device Manager di Control Panel atau mencari pembaruan melalui situs web produsen.
  4. Cek Aplikasi Suara: Pastikan aplikasi suara seperti Skype atau Zoom tidak sedang mengambil alih pengaturan suara pada komputer Anda.
Baca Juga!  Cara Hemat Baterai Hp Saat Hotspot Aktif

Dengan memeriksa dan mengatur pengaturan suara di komputer Anda, seharusnya dapat mengatasi masalah suara pada YouTube.

Periksa Pengaturan di Aplikasi YouTube

Setelah memeriksa pengaturan suara di komputer Anda, sekarang saatnya untuk memeriksa pengaturan di aplikasi YouTube. Beberapa pengaturan di aplikasi dapat mempengaruhi keluaran suara dan menyebabkan masalah dengan suara pada YouTube.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi YouTube dan memeriksa apakah video yang Anda tonton memiliki pengaturan suara yang tepat. Pastikan bahwa volume tidak teredam atau terlalu rendah dan pastikan bahwa video tidak diatur ke mode “mendiamkan suara”. Jika volume masih tidak muncul, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi YouTube dan klik ikon pengaturan (ikon gigi) di bagian bawah video yang sedang diputar.
  2. Pilih “kualitas” di menu yang muncul.
  3. Periksa jika pengaturan “cerahkan” atau “perjelas” diaktifkan. Jika ya, matikan pengaturan ini.

Setelah mematikan pengaturan “cerahkan” atau “perjelas”, coba putar video kembali dan kini suara seharusnya muncul secara normal. Jika masalah masih berlanjut, ada kemungkinan masalah terletak pada kode HTML video itu sendiri. Jika ini terjadi, Anda mungkin perlu memperbarui browser web yang Anda gunakan atau menggunakan browser web yang berbeda untuk menonton YouTube.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa kemungkinan penyebab mengapa YouTube tidak mengeluarkan suara di komputer Anda. Kami telah memberikan solusi untuk memeriksa dan mengatur pengaturan suara di sistem operasi komputer Anda dan pengaturan di aplikasi YouTube sendiri.

Jika setelah mengikuti semua langkah yang telah kami berikan dan masalah suara di YouTube masih belum teratasi, mungkin ada masalah dengan perangkat audio yang digunakan atau mungkin juga membutuhkan pembaruan sistem operasi. Namun, dengan mengikuti panduan yang telah kami berikan, Anda seharusnya dapat menikmati YouTube dengan suara yang jernih di komputer Anda.

Check Also

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement 1

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog Anda selain dari iklan biasa? Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *