Selasa , April 16 2024

Kelemahan Bezel Ponsel Kotak

Terlihat cukup keren dan modern, tapi tetaplah ada kelemahan bezel ponsel kotak seperti yang ditanamkan pada ponsel iPhone 12 Series misalnya. Desain mengkotak terlihat kokoh dan modern maupun terlihat cukup tidak umum jika dibandingkan dengan ponsel Android dengan bezelnya yang Curve/melengkung.

Bezel bisa kita artikan bagian tepi dari layar dan ponsel. Berbagai bentuknya ada yang melengkung dan ada yang mengkotak. Bezel berbentuk persegi sebenarnya bisa sobat lihat pada ponsel iPhone 4 yang telah lama rilis menggendong tepian kotak tegas. Namun Apple dengan generasi iPhone 12-nya juga mengarahkan desain ponsel pintar mereka memiliki bezel kotak atau hampir kembali ke generasi yang lama. Mungkin saja hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa bosan terhadap desain ponsel pintar sebelumnya yang sudah terlalu sering dipakai. Meskipun begitu, dulu saat ponsel masih kaku adanya bezel curved (melengkung) makin digandrungi karena lebih nyaman di genggaman tangan.

Bezel kotak bisa juga disebut dengan bezel rata atau tidak melengkung. Karena bentuknya yang kelihatan lancip, bahkan sempat viral di 9Gag (situs meme internasional) iPhone 12 digunakan untuk mengupas apel. Mungkin hal tersebut juga menjadi kelemahan bezel ponsel kotak yang bisa cukup tajam di tangan. Termasuk iPhone SE 2022 menggunakan desain yang sama mengkotaknya. Lalu apa lagi kira-kira kelemahan menggunakan bezel mengkota tersebut? Gookalian akan membahasnya untuk sobat.

Kelemahan Bezel Ponsel Kotak

Secara teori, bezel berbentuk kotak pada ponsel akan memberikan ruang yang lebih luas daripada yang curve atau tipis. Ada lebih banyak komponen bisa muat didalamnya. Jenis bezel tersebut juga kalau dinilai secara subjektif akan terasa lebih mewah dan berbeda. Mungkin karena sudah terlalu bosan dengan berbagai tampilan ponsel yang itu-itu saja. Ponsel bezel kotak rata menurut admin Gookalian cukup bagus grip yang dimilikinya. Tidak mudah lepas atau tidak sengaja terpeleset dari tangan saat berkeringat. Mungkin karena bentuknya yang kurang licin melengkung bisa lebih kuat digenggam.

Dari beberapa kelebihan yang dimilikinya, termasuk desain dan penggunaan. Namun masih ada beberapa kelemahan bezel dengan bentuk kotak biasa maupun kotak rata dibandingkan curved:

1. Menyulitkan Saat Melepas Case

Ponsel yang punya body mengkotak sangat cocok untuk mereka yang tidak pernah melepas karet pelindung maupun case lunak atau keras. Kebanyakan produsen pembuat case akan membuat ukurannya pas dengan body ponsel. Ketika dipasang, bentuk curve lebih mudah untuk dilepas. Karena bentuk mengkotak membuatnya kurang bisa dibuka karena bentuk yang tidak melengkung melancarkan proses lepas dan pasang case. Bagi sobat yang menggemari case dan sering berganti-ganti, hal tersebut bakal menjadi mimpi buruk. Karena melepasnya tidak bisa mudah dibandingkan dengan ponsel dengan curved design.

Melepas memasang lagi berkali-kali akan memberikan tekanan yang lebih kuat karena desainnya pada body. Kondisi lecet akan lebih sering terlihat, bagian menyiku dari ponsel semakin lama akan semakin kasar atau tidak halus jika sering melepas case. Untuk itu, perlu penyesuaian yaitu penggunaan ponsel yang jarang membuka hanya untuk mengganti kartu atau mengambil kartu memori eksternal.

2. Kurang Nyaman Di Genggaman

Istilahnya kurang ergonomis karena bentuknya yang mengkotak. Inilah kelemahan bezel ponsel kotak kedua. Sedangkan bentuk alami manusia yang lebih cocok untuk memegang bentuk benda yang lonjong atau cekung. Memang benar mungkin tidak mudah terlepas dari tangan karena bentuknya membuat tangan lebih aware. Tentunya jika terlalu lama menggunakan desain mengkotak tersebut bisa menyebabkan tangan pegal.

3. Lebih Rawan Berbekas Saat Terjatuh

Beberapa ponsel mungkin dirancang untuk bisa sedikit bertahan dari jatuh. Bagian samping merupakan yang sering terkena dampak benturan. Desain bezel yang kotak bisa dengan mudah menyebabkan bekas/penyok. Ketika terjatuh, bezel kotak cenderung memiliki sifat yang rigid atau kaku.menyebabkan titik damage lebih terpusat. Sehingga kurang bagus jika jatuh dibandingkan bezel curved. Terbentur ke tanah atau terbentur benda keras menjadi penyebabnya.

Terlepas dari kelemahan bezel ponsel kotak tersebut, sobat masih bisa menikmatinya. Toh banyak juga yang masih membeli ponsel iPhone dengan desain seperti itu. Sebagai tambahan informasi juga untuk sobat sebelum membeli ponsel dengan bentuk kotak tersebut.

Check Also

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement 1

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog Anda selain dari iklan biasa? Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *