Kelemahan Google Drive Sebagai Penyimpanan Online

Gookalian membahas kelemahan Google Drive sebagai penyimpanan awan sehingga sobat perlu mengerti dalam menggunakannya. Seperti yang kita ketahui, Google memberikan satu paket penyimpanan gratis sebesar 15 GB jika sobat berhasil membuat sebuah akun Gmail. Ini merupakan sisi positif dari Google Drive, selain itu koneksinya sangat cepat sehingga banyak orang mencari link dengan sumber Drive. Namun layanan ini masih memiliki kekurangan tersendiri. Apa sajakah itu?

Kelemahan Google Drive Sebagai Penyimpanan

Drive merupakan perusahaan milik Google, artinya kebijakan pengguna harus tunduk padanya. Google memiliki begitu ekosistem yang luas bisa terlihat juga dengan kebijakan yang diterapkan akan mengacu pada banyak hal tentunya. Ini merupakan kelemahan yang mungkin dirasakan oleh beberapa orang yang agak mengerti teknologi.

Selain hal itu, ada kelemahan lain yang perlu sobat ketahui pada Google Drive. Beberapa poin kelemahan pada Drive ini bersifat beragam, artinya hal tersebut sebenarnya bisa jadi kelebihan. Akan tetapi dengan sudut pandang tertentu akan terbaca sebagai kekurangan. Simak beberapa alasan kekurangan tersebut:

Penyimpanan Hanya 15 GB Untuk Versi Gratis

Tidak ada yang salah dengan penyimpanan ini bagi sebagian orang, mungkin. Namun coba sobat pikirkan bahwa penyimpanan sebesar ini sebenarnya sangat kecil. Jika kita membandingkan dengan platform lain yang sama-sama gratisnya, bisa mendapatkan penyimpanan yang lebih besar.

Baca Juga!  Kelemahan Menggunakan 4G Only Pada Hp

Ukuran 15 GB itu menjadi satu dengan attachment pada Gmail dan jika sobat menggunakan aplikasi yang terhubung dengan akun Google. Ukuran kosongnya menjadi lebih sempit. Setidaknya beberapa dari kita harus memiliki lebih dari 1 akun Google agar mendapatkan penyimpanan yang lebih banyak.

Limit Ukuran File

15 GB memang cukup besar, namun didalamnya masih diperkecil juga. Untuk sebuah dokumen, maksimal hanya 1,02 juta karakter saja untuk setiap file. Selanjutnya jika sobat ingin mengkonversi sebuah teks ke dokumen Docs Google, hanya dibatasi sampai ukuran 50 MB saja. Membuat Spreadsheet juga dibatasi sampai 2 juta sel. Ukuran presentasi tidak boleh lebih dari 100 MB dan file lainnya hanya 5 TB untuk bijian (tentunya untuk sobat yang membeli layanan berbayar).

Menurut beberapa sumber, jika sobat upload file besar pada Sheet dengan informasi bisnis sensitif, akan sering terjadi error. Jadi layanan milik Google ini mungkin belum sempurna.

File Sensitif Akan Mudah Terhapus

Cobalah melakukan upload sebuah file dengan nama tertentu seperti menggunakan nama Microsoft. Seperti yang pernah admin lakukan, padahal file bukanlah hasil pembajakan dari Microsoft hanya iseng mengganti namanya menjadi seperti itu, tahu-tahu file dihapus karena melanggar ketentuan. Padahal file tersebut aman dan bukan merupakan pembajakan.

Hal seperti itu saja bakal hangus, apalagi kalau file tersebut memang merupakan pembajakan seperti anime, software crack yang memiliki nama mencurigakan milik sebuah perusahaan bisa saja langsung hilang. Inilah kelemahan Google Drive sebagai penyimpanan online.

Jika memang Google tidak membuka/melihat isi dari Drive, tentunya konten sensitif tidak akan hilang begitu saja. Nyatanya, misalkan menyimpan file yang berhubungan dengan hal dewasa sudah pasti akan menghilang. Memang kebijakan tetap yang paling utama ada pada Google. Kita sebagai penumpang yang memanfaatkannya harus tunduk.

Banyak Yang Menjual Storage Unlimited Tapi Bermasalah

Seringkali kita bisa membeli Google Drive unlimited dari toko online. Mereka memberikan besarnya penyimpanan tak terbatas hingga lama waktu yang tidak ditetapkan. Layanan ini sebenarnya berbasis sharing, atau satu akun edukasi yang memiliki storage tidak terbatas ini dijual. Dipakai untuk banyak pengguna sekaligus yang membuatnya jadi kelemahan Google Drive sebagai penyimpanan awan.

Ketika ada satu pengguna yang mengunggah file yang tidak sesuai dengan ketentuan Google. Maka satu akun dengan storage unlimited itu terkena banned atau pembatasan. Bahkan bisa sampai menghilang begitu saja, karena salah satu pengguna mengupload file sensitif maupun dilarang. Jadi yang melakukan kesalahan orang lain, tapi sobat kena imbasnya juga.

Limit Unduhan File

Kelemahan Google Drive sebagai penyimpanan awan adalah sobat tidak bisa menyebarkan tautan file untuk dishare ke banyak orang. Jika terdeteksi terlalu banyak orang yang mengunduh, seketika Drive akan memberi limit. Sehingga tidak bisa didownload dan harus menunggu hari selanjutnya. Tentunya ini bikin tidak nyaman, apalagi sobat yang menyukai gratisan untuk menyimpan file sharing.

Segala kelemahan atau keterbatasan Google Drive versi gratis maupun berbayar adalah bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan pengguna sendiri. Jadi sobat harus tunduk dengan kebijakan yang dibuat oleh Google. Dengan mengetahui beberapa kelemahan layanan ini, soabt bisa berpikir untuk mencari alternatif penyimpanan online lain atau tetap kukuh menggunakan Drive dengan segala keterbatasannya.

Baca Juga!  Kelemahan Membeli Hp Limbah Jepang

Check Also

Modal Kecil di Indonesia 2

Cara Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil di Indonesia

Di era digital yang serba cepat ini, memulai bisnis online menjadi pilihan yang semakin menarik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *