Rabu , September 28 2022

Kelemahan Menggunakan 4G Only Pada Hp

Dengan mengetahui kelemahan menggunakan 4G Only di hp, sobat bisa memilih mode jaringan ini dengan bijaksana. Tak jarang kita menyaksikan sebuah tutorial di internet bahwa mempercepat jaringan internet pada ponsel dapat dilakukan dengan mengaktifkan LTE Only. Sinyal yang sama dengan 4G Only atau banyak yang mengatakan Lock 4G pada hp memberikan keuntungan kecepatan yang lebih tinggi. Namun apakah benar demikian? Gookalian akan membahas sisi negatif dari penggunaan sinyal yang dikunci pada LTE saja ini.

Kelemahan Menggunakan 4G Only Pada Ponsel

Sinyal tidak stabil naik turun akan memengaruhi kecepatan internet. Setidaknya kita telah mengenal beberapa mode layanan jaringan seperti 2G (Edge), 3G (HSPA), 4G (LTE) dan 5G (NR). Banyaknya sinyal pada ponsel kita bisa bertambah maupun berkurang bergantung pada kuantitas dan kualitasnya. Salah satu tipe jaringan yaitu 4G seringkali digunakan untuk dikunci. Sehingga menghasilkan kecepatan koneksi yang lebih bagus dan stabil. Benarkah demikian? Fakta di bawah ini menjelaskan tentang kelemahan menggunakan 4G Only pada ponsel sobat:

Kuantitas Yang Jelek Malah Membuat Bar Sinyal Hilang

Jika ponsel kita dikunci ke jaringan 4G saja, maka hanya akan menerima sinyal tersebut saja. Berbeda ketika mode jaringan yang otomatis berubah, bisa menyesuaikan dengan kondisi sekitar. Ketika LTE Only diaktifkan, maka bar sinyal bisa hilang atau silang jika kondisi tidak sesuai.

Dalam mode jaringan yang hybrid atau bisa berpindah sendiri, ponsel sobat akan mengatur naik atau turun sesuai kondisi. Misalkan sinyal sedang bagus adalah 3G, maka hp akan menurunkan menjadi H. Baru ketika sinyal 4G bagus, akan dinaikkan lagi. Kalau sinyal 4G jelek, maka tetap menggunakan jenis sinyal ini meskipun jenis jaringan dibawahnya lebih bagus. Sehingga kalau cuma ada sinyal 3G saja, ponsel akan menunjukkan bar sinyal X.

Baca Juga!  Alasan Game Mobile Lebih Disukai Di Indonesia

Menguras Baterai

Disesuaikan dengan keadaan sinyal yang ada, kelemahan menggunakan 4G Only adalah pada upaya lebih yang dilakukan oleh ponsel. Misalkan sinyal 4G di daerah tersebut sedang jelek, ponsel akan menggunakan lebih banyak daya untuk menangkap sinyal. Padahal kalau dibuat otomatis maka bisa menjadi lebih hemat seperti menurunkan ke sinyal dibawahnya yang lebih bagus. Pemborosan baterai bisa terjadi kalau memang setelan tersebut tidak pas pada kondisi sinyal bagus.

Ponsel Menjadi Panas

Penggunaan baterai menjadi tidak efisien karena dipaksa. Ini akan berdampak pada suhu ponsel yang meningkat. Kondisi ini diakibatkan dari kondisi sinyal 4G yang tidak bagus. Karena kondisi sinyal sulit, tidak jarang ponsel kita menjadi lebih panas dari biasanya. Sejalan juga ketika sinyal yang diterima dipaksa hanya 4G saja juga akan mengalami masalah tersebut.

Tidak Bisa Ditelepon

Ketika Lock 4G diaktifkan, maka ponsel hanya akan berada pada mode sinyal 4G/LTE Only. Sedangkan saat kita menerima SMS maupun telepon biasa dengan pulsa, sinyal yang digunakan berbeda. Pada mode 4G, kedua layanan tidak bisa dijalankan. Sobat tidak bisa dihubungi dan akan menunjukkan sedang berada di luar jangkauan apabila ditelpon. Hal ini juga sama terjadi saat melakukan kode dial. Kode UMTS atau MMI saat seperti mengecek pulsa tidak bisa dilakukan.

Beberapa kelemahan menggunakan 4G Only pada ponsel sudah sobat ketahui. Bijak saat menggunakan mode jaringan tertentu ini sangat dibutuhkan. Hanya ketika sinyal 4G bagus, pengaturan diatas bisa sobat gunakan.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.