Keunggulan Jaringan 5G di Masa Depan

Keunggulan Jaringan 5G

Keunggulan Jaringan 5G – Beberapa tahun lalu kita di gemparkan dengan hadirnya sebuah teknologi jaringan internet bernama 4G LTE yang di klaim memiliki kecepatan internet sangat tinggi. Tapi beberapa bulan belakangan ini kita telah di hadapkan dengan sebuah teknologi telekomunikasi terbaru yang di klaim jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya yakni 4G LTE.

Teknologi tersebut di namakan jaringan 5G yang di gadang-gadang akan memberikan dampak luar biasa terhadap kehidupan manusia di masa mendatang. Mulai dari sektor kesehatan, keuangan, transportasi hingga pendidikan. Nah, pada artikel kali ini Gookalian akan mengenal lebih jauh apa saja keunggulan jaringan 5G di masa depan.

Keunggulan Jaringan 5G

Kelebihan Teknologi 5G di Masa Depan

Di masa depan nanti jaringan internet pasti akan di manfaatkan untuk memudahkan kegiatan manusia di berbagai sektor bidang pekerjaan. Teknologi jaringan 5G di rasa sudah sangat mampu untuk menunjang semua itu. Di karenakan teknologi 5G memiliki jaringan yang lebih stabil dan cepat. Berikut ini beberapa keunggulan jaringan 5G di masa depan.

Dapat Mengontrol PC dari Jarak Jauh

Selain perangkat seperti CCTV, komputer dan laptop juga akan bisa di kontrol dari jarak jauh dengan menggunakan jaringan 5G. Konsepnya hampir sama dengan CCTV, di mana kita akan memanfaatkan jaringan WiFi yang ada pada komputer dan mengontrolnya menggunakan smartphone yang juga terhubung dengan jaringan 5G.

Bahkan sebuah komputer atau laptop bisa menjadi CCTV dadakan, dengan syarat kedua perangkat tersebut telah memiliki webcam. Sehingga kamu tak perlu khawatir mengenai keamanan rumah meski kamu sedang di luar sekalipun.

Dapat Mendeteksi Bencana Alam dan Orang Hilang

Keunggulan jaringan 5G berikutnya adalah mampu untuk mendeteksi adanya bencana alam dan pencarian orang hilang. Bencana alam memang bisa datang kapan saja dan tidak ada satupun orang yang tahu, tetapi bukan berarti bencana alam tidak dapat di prediksi. Saat ini alat untuk memprediksi bencana alam seperti gunung meletus, gempa dan tsunami memang sudah ada. Nah, nantinya teknologi jaringan 5G akan memiliki kemampuan seperti itu.

Dengan demikian kita akan bisa jauh lebih waspada kapan pun itu. Bukan hanya itu saja, 5G nantinya juga bisa di manfaatkan untuk melacak keberadaan orang hilang. Konsepnya pun hampir sama dengan melacak orang hilang menggunakan GPS. Sehingga hal ini akan memudahkan para tim pencari ketika sedang mencari keberadaan orang hilang di gunung maupun korban kecelakaan yang sulit di temukan.

Dapat Berkomunikasi dengan Sesama Kendaraan

Nantinya jaringan 5G akan di sematkan pada jenis kendaraan tertentu. Nah untuk saat ini hanya kendaraan mobil saja yang di sematkan jaringan 5G. Dengan keberadaan jaringan 5G di dalam kendaraan maka memungkinkan untuk sesama pengendara mobill saling berkomunikasi satu sama lain ketika sedang di jalan. Hl ini sangat di butuhkan terutama untuk orang-orang yang tergabung dalam komunitas dan ingin mengadakan konvoi. Dengan berkomunikasi menggunakan jaringan 5G yang stabil maka kegiatan konvoi akan berjalan dengan lancar karena semua anggota bisa berkomunikasi dengan baik.

Memudahkan Aktivitas Manusia

Sama seperti ketiga poin sebelumnya, jika keberadaan 5G nantinya akan mempermudah aktivitas manusia karena segala macam pekerjaan bisa lebih cepat selesai dari biasanya. Misalnya saja waktu yang di butuhkan untuk upload sebuah video dengan kualitas tinggi menggunakan jaringan 4G LTE membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Maka dengan menggunakanjaringan 5G waktu upload akan jadi jauh lebih cepat. Sehingga dengan begitu akan menghemat waktu kita dan kita dapat mengerjakan hal lainnya.

Nah, itulah beberapa keunggulan jaringan 5G di maasa depan. Tentu kita patut bersyukur dengan hadirnya jaringan 5G yang memudahkan segala aktivitas kita. Tentu kita juga harus berharap kepada pemerintah Indonesia untuk segera mengaplikasikan jaringan 5G di negara kita tercinta supaya semua masyarakat Indonesia bisa merasakan langsung betapa cepatnya jaringan 5G ini.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *