Selasa , April 16 2024

Kelemahan Refresh Rate Tinggi Pada Ponsel

Apakah sobat sudah mengetahui kelemahan refresh rate tinggi pada ponsel pintar? Sekarang ini teknologi yang berhubungan dengan layar sangat maju salah satunya pada penyegaran layar yang hingga 120 Hz sampai 240 Hz. Ini merupakan satuan gambar yang muncul (disegarkan) dalam setiap detik. Jadi sebanyak itu gambar diperbarui merupakan kunci mengapa tampilannya lebih halus dibanding layar biasa (dengan 60 Hz).

Ponsel android memiliki refresh rate lebih tinggi dari biasanya yaitu 90 Hz, 120 Hz dan ada juga yang sampai 240 Hz. Kelebihan yang dimiliki pada jenis layar ini adalah lebih halus atau lebih lancar ketika diusap/scrolling. Terutama ketika kita sedang membuka Feed IG atau TikTok akan lebih terasa enak dan tidak patah-patah dibandingkan 60 Hz. Selain itu, bermain game akan jadi lebih lancar atau pengalaman bermain game jadi meningkat. Namun dari kelebihan yang ditawarkan, terdapat kelemahan refresh rate tinggi di ponsel genggam tersebut. Apa saja kelemahan ini, Gookalian akan membahasnya untuk sobat.

Kelemahan Refresh Rate Tinggi Di Ponsel Pintar

Teknologi memang selalu membantu kehidupan manusia kalau semakin baru. Tapi terkadang teknologi membawa masalah baru juga jika dibandingkan dengan yang sebelumnya. Berikut ini beberapa kelemahan penyegaran layar yang tinggi pada ponsel pintar:

Baterai Lebih Boros

Logis ketika spesifikasi ponsel lebih tinggi akan membutuhkan suatu hal lain yang seimbang juga. Terbukti banyak pengguna ponsel pintar merasa ponsel mereka lebih boros ketika menggunakan refresh rate yang lebih tinggi. Performa lebih tinggi akan memakan lebih banyak daya. Meskipun diikuti dengan peningkatan kapasitas baterai, hal ini akan membuat ponsel jadi sama saja seboros generasi sebelumnya.

GPU Bekerja Lebih Keras

Graphic Processing Unit pada ponsel berfungsi untuk memproduksi tampilan yang lebih baik. Dibandingkan dengan 60 Hz, kenaikan refresh rate yang lebih tinggi membuat GPU bekerja lebih keras dari biasanya. Dengan begitu akan berdampak pada hal lain, yaitu jika terlalu lama akan membuat GPU mengalami penurunan performa.

Suhu Ponsel Menjadi Lebih Panas

Karena kinerja GPU lebih tinggi, penggunaan baterai lebih banyak sejalan menghasilkan suhu yang lebih tinggi juga. Apalagi kalau ponsel dipaksa untuk bermain game dalam waktu yang lama. Peningkatan panas sangat tidak disukai pada perangkat elektronik. Berdampak pada baterai membuatnya menurun performanya (tidak lagi bisa menampung lebih banyak daya).

Performa Ponsel Menurun

Semakin lama ponsel mengalami panas akibat performa layar yang meningkat, suhu panas tersebar. Untuk mengatasi panas, sistem punya mekanisme CPU Throttling. Yaitu menurunkan performa CPU dan juga GPU untuk mengurangi panas berlebih. Menurunkan performa untuk mencapai suhu yang lebih stabil adalah logis. Hal ini merupakan bagian dari kelemahan refresh rate tinggi di ponsel. Ponsel akan mengalami penurunan performa (Throttling) lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang menggunakan layar 60 Hz atau standar saja.

Baca Juga!  Cara Login Telegram Di Komputer

Beberapa kelemahan refresh rate tinggi pada ponsel tersebut bisa sobat pahami. Gunakan refresh rate yang sesuai dengan kebutuhan dan juga dibatasi. Agar tidak terjadi panas dan penurunan performa serta baterai yang lebih boros. Semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement 1

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog Anda selain dari iklan biasa? Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *