Selasa , April 16 2024

Tips Agar Khutbah Jumat Tidak Ngantuk

Sobat perlu berbagai tips agar khutbah Jumat tidak ngantuk sebagai bagian dari penyempurna ibadah mingguan wajib ini. Sobat pasti sudah tahu manfaat mendengarkan khutbah dalam agama Islam. Namun untuk mendapatkan pahala, ada cobaan berat yaitu mengantuk ketika ibadah ini sedang kita lakukan. Lalu adakah tips khusus agar ketika mendengarkan khutbah Jumat tidak ngantuk? Beberapa tips dari Gookalian akan membantu sobat.

Tips Agar Khutbah Jumat Tidak Ngantuk

Jika ada orang yang punya penyakit tidak bisa tidur, mungkin perlu mendengarkan ceramah di hari Jumat. Sambil duduk bersila menurunkan pandangan, pasti terbawa suasana menyejukkan sehingga ingin tidur. Lupakan sedikit candaan yang dibuat admin Gookalian tersebut. Sekarang fokus pada beberapa hal yang bisa sobat lakukan agar tidak merasakan ngantuk saat mendengarkan ceramah Jumat. Beberapa hal tersebut diantaranya:

Posisikan Tubuh Dan Wajah Serta Tidak Bersandar

Buat tubuh setegang mungkin dengan meluruskan bahu ke atas. Selanjutnya wajah memandang ke atas pada arah khatib/penceramah. Tidak duduk dengan memeluk lutut juga direkomendasikan dalam Hadits, karena mudah membuat kita mengantuk. Posisi ini seharusnya akan direspon tubuh bahwa kondisi yang tidak nyaman membuat otak terus terjaga. Menatap penceramah,menyerap dan mengerti apa yang disampaikan juga membuat tubuh merasa bahwa posisi sobat sedang tidak bersantai atau penuh konsentrasi.

Baca Juga!  Gaya Hidup Minimalis: Tips Kebahagiaan Melalui Kesederhanaan

Selain beberapa posisi tersebut, bersandar pada tiang masjid atau tembok juga tidak diperkenankan oleh Nabi SAW saat mendengarkan khutbah. Posisi ini juga membuat tubuh merasa nyaman sehingga rasa kantuk menyerang. Untuk itu beberapa hal terkait posisi tubuh tersebut penting untuk sobat terapkan untuk mencegah rasa kantuk itu datang.

Mandi Sebelum Berangkat

Salah satu cara mencegah agar ketika khutbah Jumat tidak ngantuk yaitu membersihkan diri. Direkomendasikan setelah bekerja separuh hari, mandi akan mengembalikan energi yang terkuras dan mengusir rasa kantuk seperti halnya ketika bangun di pagi hari.

Berpindah Tempat

Bergerak adalah inti dari menghilangkan rasa kantuk dengan berpindah tempat. Ini juga disarankan oleh Nabi SAW, ketika mendengarkan khatib dan mengantuk, berpindah tempat duduk bisa dilakukan. Beberapa shaf di depan maupun dibelakang yang masih kosong.
Tidur Sebelum Ibadah Sholat Jumat

Bagi pekerja keras seperti kuli disarankan tidur sebelum berangkat ke masjid. Setidaknya tidur 1 jam sebelum datang ke masjid. Datang sebelum Adzan dan menunaikan tambahan ibadah akan menambah pahala dan mencegah mengantuk terjadi.

Tidak Makan Banyak Waktu Dekat Berangkat Ke Masjid

Saat perut terisi apalagi penuh, kemudian duduk santai membuat otak fokus ke pencernaan. Hal ini menyebabkan rasa kantuk karena proses mencerna oleh tubuh. Untuk menghindari ini, sobat jangan makan setidaknya 3 jam sebelum sholat Jumat. Adapun sebelum itu bisa sarapan namun dengan porsi yang tidak banyak.

Baca Juga!  10 Cara Menghemat Energi Listrik Dirumah

Tidur Cukup

Sebelum datang hari jumat, atau kamis malam direkomendasikan untuk tidur cukup. Pagi bangun di hari jumat berbekal tidur yang berkualitas maka akan membuat sobat tidak akan mengantuk lagi ketika duduk mendengarkan ceramah. Jadi untuk mempersiapkan hari dengan potongan sholat jumat ini, tidur berkualitas dan cukup diperlukan sebelumnya.

Berwudhu Kembali

Ketika ngantuk sudah sangat tidak tertahankan, mengusap muka dengan air wudhu itu juga akan mengembalikan kesegaran wajah. Rasa kantuk akan pergi jika sobat melakukan hal ini. Banyak orang yang mungkin tidak sadar bahwa selama mereka mendengarkan ceramah tidak sengaja tertidur. Seharusnya kembali berwudhu untuk mengembalikan badan yang suci sebelum berdiri menunaikan sholat jumat.

Sobat juga bisa mencoba beberapa cara lain seperti: minum kopi sebelum berangkat, melakukan dzikir konsentrasi dengan melafalkan lewat mulut pelan saat khotbah, mengubah posisi kaki dari bersila menjadi selonjor, dan menyibukkan diri dengan mencatat isi khutbah untuk dilihat sumber penyerta lain di internet di lain waktu.

Check Also

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert 1

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert

Adobe Genuine Service Alert adalah notifikasi yang muncul ketika ada dugaan penggunaan software Adobe yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *