Memperbaiki Komputer yang Terkena Virus Tanpa Install Ulang

Saat komputer kita terinfeksi virus yang sulit diatasi dan antivirus menjadi tidak efektif, terkadang muncul pertanyaan apakah kita harus melakukan instal ulang sistem operasi atau membawa ke tukang servis. Namun, instal ulang bukanlah solusi satu-satunya. Artikel ini akan membahas cara memperbaiki komputer yang terkena virus tanpa harus melakukan instal ulang.

windows terkena virus 2

Langkah 1: Backup Data Penting

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan backup dokumen, foto, dan video yang penting. Simpan data tersebut ke drive eksternal dan pastikan untuk melakukan scan antivirus, idealnya di warnet yang memiliki antivirus yang selalu ter-update atau di komputer lain yang masih fresh dan antivirusnya terupdate

Langkah 2: Restart dalam Safe Mode

Agar virus tidak berjalan saat kita mencoba menghapusnya, restart komputer dalam Safe Mode. Caranya, restart komputer dan tekan tombol F8 pada keyboard secara berulang-ulang hingga muncul layar hitam dengan opsi untuk restart dalam Safe Mode. Pilih “Safe Mode dengan Jaringan” agar tetap dapat mengakses internet.

Langkah 3: Download Virus Scanner / Alat Penghapusan

Unduh 2-3 program berbeda untuk mendeteksi dan menghapus malware, seperti:

  • Windows Defender bawaan windows 10/11 terupdate
  • Malwarebytes
  • SuperAntiSpyware
  • Norton

Setelah diunduh, instal dan jalankan masing-masing program. Biarkan program mencari virus atau item mencurigakan dan izinkan program untuk menghapus file.

Langkah 4: Restart Biasa & Tambah Sistem Keamanan

Setelah proses pembersihan selesai, restart komputer secara normal. Sebelum memasukkan kembali file dari backup, sebaiknya instal antivirus seperti AVG, Avira, Norton, dll.

Langkah 5: Update Antivirus

Pastikan untuk selalu mengupdate antivirus secara teratur, setidaknya seminggu sekali atau sesuai dengan pemberitahuan antivirus. Ini penting untuk menjaga komputer tetap aman dari ancaman virus terbaru.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat memperbaiki komputer yang terkena virus tanpa harus melakukan instal ulang. Penting untuk selalu menjaga sistem keamanan dan melakukan tindakan pencegahan, seperti melakukan backup data secara berkala dan mengupdate antivirus secara teratur. Semoga tips dari kami bermanfaat untuk sobat blogger mania.

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *