Manfaat Menyetrika Pakaian

manfaat menyetrika pakaian

Apakah sobat malas atau membenci kegiatan menyetrika pakaian? Wah, berarti sobat belum tahu manfaat menyetrika pakaian nih. Setiap hari kita menggunakan pakaian, baju-baju ini harus dicuci untuk kemudian dipakai lagi dalam rumah tangga. Proses sebelum dipakai yaitu disetrika. Beberapa orang mungkin khususnya cowok-cowok muda begitu malas menyetrika pakaian mereka.

Entah mengapa hal tersebut terjadi, mungkin menyetrika merupakan salah satu kegiatan menyebalkan dalam kehidupan. Selain karena ribet, suhu panas saat meneytrika mungkin kurang menyenangkan. Biasanya sih, kawula muda hanya akan menyetrika pakaian khusus untuk bekerja atau kencan. Agar terlihat rapi, tapi tidak dengan pakaian biasa sehari-hari tanpa acara. Tahukah sobat, bahwa ada berbagai manfaat menyetrika pakaian ? Jadi jangan hiraukan salah satu kegiatan keseharian membosankan ini.

Manfaat Menyetrika Pakaian

Alasan mengapa menyetrika pakaian adalah sebuah representasi dari sobat sendiri. Khususnya pada kenyamanan dan kebersihan, ya memang benar untuk bekerja terlihat rapi itu sangat bagus. Tetapi kenapa tidak dengan pakaian untuk hal yang kurang penting ?

Membunuh Kuman Dan Jamur

Yang paling utama adalah kedua hal ini. Kuman dan jamur dapat menempel di pakaian kamu. Meskipun mencuci dapat membersihkan kedua agen penyebab masalah kesehatan ini. Seringkali pada saat proses pengeringan pakaian, angin membawa bibit kuman atau jamur. Proses penyetrikaan dapat membunuh kuman sebelum pakaian benar-benar dapat digunakan.

Suhu setrika yang mencapai 200 derajat celcius dapat membunuh bahkan kuman dan bakteri termofilik. Jenis bakteri yang bertahan di suhu panas. Sebagian besar bakteri akan mati pada suhu air mendidih yang hanya 100 derajat. Suhu ini bisa dengan mudah membuat pakaian bersih dari gangguan kesehatan akibat infeksi atau serangan bakteri.

Mencegah Bau Tidak Sedap

Apakah sobat tahu bahwa menyetrika dapat menghilangkan bau tidak sedap juga ? Bau ini disebabkan oleh berbagai hal. Bakteri yang berkembang pada pakaian sendiri dan bakteri dari badan. Jika kondisi pakaian lebih bersih dari bakteri karena proses penyetrikaan, setidaknya perkembangannya tidak secepat jika tidak disetrika. Perpaduan kuman di pakaian dan badan dapat mempermudah bau tidak sedap, termasuk bau badan lebih cepat muncul.

Manfaat Menyetrika Pakaian Lebih Rileks Untuk Tubuh

Menyetrika adalah salah satu proses yang mengembalikan fungsi dan tekstur pada pakaian. Proses mencuci dan mengeringkan juga demikian. Pakaian akan kembali menjadi lentur, empuk, lembut dan kembali seperti baru lagi. Pakaian yang lembut akan membuat kulit lebih nyaman saat digunakan dan berujung pada perasaan yang rileks.

Lebih Aman Ketimbang Pengeringan (Dry Cleaning)

Saat sobat malas atau tidak sempat mencuci, biasanya menggunakan jasa laundry. Salah satu metode pengeringan yang digunakan oleh jasa ini adalah Dry Cleaning. Hindari model laundry yang menggunakan ini. Karena bahan kimia layaknya PCE atau perch tidak baik untuk kesehatan kulit. Bahan ini dapat diserap oleh kulit sehingga menyebabkan masalah kesehatan. Seperti iritasi kulit, pusing dan bahkan masalah pengelihatan bisa mengganggu sobat. Sehingga manfaat menyetrika pakaian ini bisa didapatkan oleh sobat

Sebagai penutup, untuk menyetrika, lakukan pada pakaian sobat secara merata. Bisa dengan menyetrika bagian dalam dan luar. Meskipun memakan banyak waktu, setidaknya manfaat menyetrika pakaian akan sobat dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *