Menciptakan Tempat Kerja Yang Bahagia Untuk Karyawan

menciptakan tempat kerja yang bahagia.

Gookalian – Pekerjaan adalah sebuah bisnis yang serius, tapi bisa juga menciptakan tempat kerja yang bahagia tetap bisa dilakukan. Meskipun begitu, bisa juga dengan membuat ruang kerja yang membahagiakan akan membuat karyawan puas, produktif, dan terpenuhi keinginannya. Hal tersebut adalah kunci untuk moral yang bagus dalam perusahaan.

Menciptakan rasa untuk memiliki tujuan yang sama antara manajemen dengan karyawan. Kemudian memberikan penghargaan pada karyawan yang telah mencapai sesuatu sebenarnya tidak mahal untuk dilakukan. Kuncinya hanya membuat karyawan tahu bahwa mereka punya nilai dimata perusahaan dan menciptakan atmosfer kebahagiaan. Lalu bagaimana caranya?

Cara Menciptakan Tempat Kerja Yang Bahagia

Ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk menciptakan perasaan bahagia di tempat kerja. Berikut ini bisa untuk diterapkan:

Perekrutan

Ketika sobat merekrut karyawan baru dalam perusahaan, jelaskan bahwa orang-orang dalam perusahaan memiliki kultur kerja yang antusias dengan misi visi perusahaan. Lakukan penilaian atau assesment terhadap kepribadian calon karyawan. Melalui tes pra-kerja dan wawancara bisa mengetahuinya. Mereka dengan ciri-ciri kepribadian seperti optimis, ketangkasan, dan perasaan ceria sangat penting diperhatikan. Hal tersebut dapat menciptakan hubungan kerja yang lancar di antara rekan kerja. Suasana bahagia bisa menular lewat kontribusi karyawan yang selalu tersenyum (biasanya) menciptakan suasana bahagia di tempat kerja.

Jangan Terlalu Berorientasi Pada Manajemen Mikro

Memperbolehkan karyawan dengan bebas membuat keputusan tentang pekerjaannya dan tanggung jawab terhadapnya adalah tidak baik. Selanjutnya dengan terlalu memonitor pergerakan pekerja dapat membuat rasa tidak puas, moral rendah dan produktivitas rendah yang dialami oleh pekerja.

Namun dengan mendelegasikan tugas dan mempercayakan pada pekerja untuk menyelesaikannya adalah kunci untuk mereka merasa dihargai. Bahwa mereka melakukan pekerjaan dengan memberikan kontribusi pada tempat kerja dengan cukup bahagia.

Membangun Komunikasi Menciptakan Tempat Kerja Yang Bahagia

Tetap membuat komunikasi yang terbuka antar karyawan dan manajemen. Aturan yang terbuka membuat para pekerja bisa menyampaikan keluhan atau masalah bahkan sebelum menjadi lebih serius. Saran atau masukkan untuk perusahaan dari karyawan untuk tujuan efisiensi dan produktivitas seharusnya terbuka untuk perusahaan. Tambahkan lagi bahwa saran akan dipertimbangkan dengan baik.

Dengan bersikap transparan tentang tujuan dan inisiatif perusahaan, ini akan mencegah rumor atau spekulasi yang beredar di kantor. Sehingga tidak ada omongan atau isu yang tidak mengenakan antar karyawan, semuanya terbuka jelas membuat suasana lebih bahagia.

Fleksibel

Perusahaan yang bersifat fleksibel merupakan salah satu cara untuk mencapai kebahagiaan karyawannya. Meskipun ini akan sulit karena harus mengatur ulang semua jadwal, namun hal ini dapat meningkatkan kepuasaan pekerja. Berikan waktu kerja yang fleksibel, sharing antara pekerjaan, dan memberikan mereka waktu untuk keluarga serta memberikan jadwal bekerja dari rumah (WFH) adalah beberapa cara membuat mereka bahagia.

Penghargaan

Secara tradisional memberikan bonus adalah cara untuk memberikan Reward untuk pekerja. Tapi ada cara lain untuk menunjukkan bahwa karyawan pantas untuk diapresiasi atas kerjanya. Merayakan pencapaian dengan sederhana dengan membuat buletin atau catatan dari manajer adalah penting. Manajer perlu memberikan ucapan terima kasih atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Bisa juga dengan memberikannya hari libur tambahan atau makan siang bersama dalam perusahaan.

Bersenang- Senang

Dibutuhkan sebuah momen kecil atau ringan yang dapat meredakan ketegangan, mengurangi stress dan menciptakan suasana bahagia. Untuk mereka yang bekerja dengan keras perlu hal ini.

Adakan sebuah pesta setidaknya sebulan sekali dimana karyawan berulang tahun pada bulan tersebut dilengkapi dengan kue maupun jajan kecil. Dapat pula keluar kantor bermain games atau bioskop beberapa waktu sekali. Ada saran untuk mengajak karyawan sarapan informal setiap seminggu sekali. Tambahkan papan buletin di ruang istirahat dengan gambar meme atau lelucon.

Meskipun pekerja sobat melakukan apa yang harus dilakukan mereka dengan keras, apabila sobat bisa membuat mereka tersenyum dan tertawa. Hal tersebut akan menciptakan rasa bahagia di tempat kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *