Atasi Nafsu Makan Berlebih Saat WFH

nafsu makan berlebih saat wfh

Gookalian ada beberapa tips untuk atasi nafsu makan berlebih saat WFH. Work From Home hampir memaksa sobat untuk berada di depan komputer atau ponsel. Menggunakan internet saling terhubung merupakan hal sangat biasa namun jika berlebihan bakalan jadi masalah. Sobat bisa mengalami stres akibat WFH. Dan ujungnya adalah merasa lapar alias nafsu makan berlebihan. Lalu bagaimana cara mengatasi nafsu makan ini selain dari stres juga?

Cara Atasi Nafsu Makan Berlebih Saat WFH

Bekerja dari rumah atau WFH bertujuan untuk menekan laju penyebaran penyakit yang sedang mewabah seperti Covid-19. Dalam pekerjaan di rumah karena kebiasaan yang berbeda, sobat pasti lebih dekat dengan akses ke makanan. Wah apalagi malah sering makan jadi merubah nafsu makan selalu lapar saat bekerja di depan layar. Berikut tips untuk mengatasinya:

Biasakan Diri Menahan Lapar Emosional Dan Lapar Fisik

Saat sobat dalam kondisi tekanan stres akibat pekerjaan yang membosankan dan melelahkan. Akan cukup sulit membedakan perasaan lapar beneran atau lapar karena stres. Ini perlu banyak latihan untuk mencegah lapar bahkan setelah makan siang saat bekerja.

Salah satu tanda untuk mengetahui lapar beneran adalah perut keroncongan. Ketika kedengeran ini, maka sudah saatnya sobat menyantap makan disesuaikan dengan jadwal juga.

Cara Atasi Nafsu Makan Berlebih Saat WFH Dengan Menyusun Jadwal Makan

Dalam mengatasi pola makan yang tidak terpikirkan sebelumnya, mengatur jadwal makan harian akan menurunkan resiko gangguan kesehatan. Seperti teraturnya tingkat gula darah dalam tubuh, menjaga kesehatan mental dan tenaga, serta pencernaan hingga menjaga siklus tidur sobat. Jika tidur terlalu berlebihan, bisa menyebabkan gangguan mental.

Cobalah untuk sarapan 1 jam setelah bangun dan setidaknya makan 3 kali sehari sesuai jadwal harian. Batasi waktu 4-5 jam untuk setiap sajian makan. Boleh ngemil tapi dengan makanan yang kaya serat dan vitamin, bukan jajanan yang penuh perasa makanan. Bisa dicoba sarapan jam 8 pagi, makan siang jam 1, dan makan malam jam 6 dengan tidak melebihi 5 jam waktu tanpa makan. Bisa dengan mengatur alarm ponsel untuk lebih rutinnya.

Konsumsi Nutrisi Seimbang

Pastikan makanan untuk sarapan hingga makan malam memiliki komponen yang seimbang. Ini juga ikut mengatasi gejala rasa lapar berlebihan. Paduan antara makanan kaya protein dan lemak akan membantu menjaga metabolisme dan imunitas.

Jika sobat suka dengan sereal bisa ditambahkan sayuran atau jus buah dengan campuran sayuran segar. Beberapa sendok kacang, mentega dan kandungan karbohidrat sehat yang lain melengkapi asupan harian sobat. Protein dari daging atau telur, nasi merah. Jangan lupakan nutrisi makro dan mikro yang seimbang mencegah peningkatan berat badan.

Sedia Air Putih Disampingmu

Lebih baik segelas atau sebotol air biasa untuk menemani sepanjang hari. Jangan minum yang manis-manis apalagi gula buatan, Ini bisa melemahkan imunitas tubuh. Apalagi jika sobat minum berkarbonasi atau beralkohol sebaiknya dihindari.

Tidak Bekerja Sambil Makan

Sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal Of CLinical Nutrition tahun 2020. Mengemukakan bahwa apabila makan sambil bekerja atau tidak fokus akan menyebabkan gangguan perasa dalam tubuh terhadap makanan. Biasanya memicu nafsu makan berlebih karena hilangnya kepekaan tubuh mengenali momen saat makan. Jauhkan peralatan saat bekerja, fokus saat menyantap makanan dan sugestikan apa yang kamu makan jadi energi untuk hari-harimu.

Mengatasi Stres Saat WFH

Latihan yoga dan olahraga yang cukup dalam satu minggu membuat kamu punya kematangan emosional. Tidak cepat emosi dan mampu mengatur rasa tertekan. Apalagi biasanya saat emosi, rasa ingin makan berlebih jadi memuncak.

Berbagai manajemen stres bisa kamu lakukan dimulai pada Yoga kecil seperti mengatur nafas. Dan jangan lupa untuk melihat segi makanan apa yang sobat konsumsi. Hingga mengatur jadwalnya, akan membantu mengurangi rasa lapar meski kurang bergerak saat WFH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *