Mengatasi Skin Purging Akibat Skincare Baru

Skin Purging Akibat Skincare Baru

Pernahkah mengalami Skin Purging akibat Skincare baru yang sobat beli dan coba? Gookalian bakalan ngasih beberapa tips dalam mengatasi hal ini.

Sebelumnya sobat perlu tahu apa itu istilah Skin Purging yang muncul pada wajah karena hal tertentu. Ini merupakan sebuah kondisi wajah yang berjerawat dalam beberapa waktu ketika mulai menggunakan Skincare atau berganti ke produk baru.

Ini merupakan sebuah tanda bahwa kulit sedang menyesuaikan diri melalui tahapan pembersihan sel kulit mati. Sebelum terangkat, akan muncul minyak dari kelenjar kulit yang akan menutupi pori-pori wajah. Hal tersebutlah yang menyebabkan kulit lebih mudah terkena jerawat akibat perpaduan minyak debu dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Yang kemudian akan sel kulit mati ini terganti dengan yang lebih bersih dan lebih baik daripada yang sebelumnya. Selain jerawat, ada juga yang mengalami munculnya komedo hitam atau putih, jerawat batu. Kulit dalam kondisi ini biasanya kering dan cukup nyeri saat disentuh.

Lalu bagaimana cara mengatasi apabila hal ini terjadi?

Cara Mengatasi Skin Purging Akibat Skincare Baru

Hindari Memencet Kulit Yang Terkena Skin Purging Akibat Skincare Baru

Kegiatan ini seringkali cukup mengesankan karena mengeluarkan cairan dalam jerawat. Biasanya untuk tujuan biar jerawat cepat kempes agar tidak membuat percaya diri hilang. Namun hal ini justru tidak baik yang sebisa mungkin sobat hindari. Karena jerawat bisa iritasi dan bisa terjadi infeksi lebih parah. Selain itu, luka sekitar jerawat yang dipecah paksa akan sulit dihilangkan dan cenderung memberikan noda hitam pada wajah.

Lebih jauh dari memencet. Baiknya tidak menyentuh wajah sekalipun karena tangan bisa membawa bakteri memperparah kondisi wajah.

Tidak Memakai Make Up Tebal

Ketika Skin Purging terjadi, sobat hindari menggunakan bedak yang cukup tebal. Meskipun hal ini dapat menutupi wajah dan ketidaksempurnaan pada kulit namun malah akan memperparah keadaan. Wajah memerah karena iritasi kulit akan lebih sering terjadi pada kulit yang tidak dapat bernafas akibat make up tebal. Diperparah dengan jerawat akan meradang dan sulit untuk disembuhkan.

Tetap Menggunakan Skincare Tersebut Dengan Catatan

Seperti pada iklan beberapa produk atau obat bisa diterapkan untuk kasus ini. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter. Sesuai apabila sobat telah menggunakan produk baru atau baru pertama kali menggunakan tetapi jangka waktu kelewat batas.

Proses Skin Purging akan memakan waktu setidaknya sampai sebuah Skin Care bekerja. Menurut klikdokter, setidaknya butuh 2-3 bulan untuk pencerah kulit sobat yang menggunakan baru akan merasakan manfaatnya. Untuk menghilangkan jerawat juga butuh waktu 1-2 bulan. Yang paling penting apabila masalah kulit masih terus terjadi melebihi rentang waktu tersebut sobat perlu waspada atau mungkin tidak cocok.

Karena terdapat bahan alergen yang menyebabkan kondisi wajah tambah parah. Jika sebuah jenis bahan tidak cocok untuk kulit sobat, bisa mulai menggunakan produk lainnya. Hindari produk yang mungkin berbahaya untuk wajah.

Menggunakan Secara Bertahap

Sedikit demi sedikit digunakan pada wajah adalah salah satu jalan menghindari atau mengurangi dampak Skin Purging. Kulit wajah mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk terbiasa dengan bahan yang membuat alergi pada Skincare.

Misalkan gunakan satu produk terlebih dahulu selama 5-7 hari sebelum menambahkan produk lain secara bersamaan yang dapat membiasakan wajah. Jika memang sudah terbiasa, efek jerawatan atau Purging akan cepat menghilang dan mendapatkan wajah yang sobat dambakan.

Hindari Dan Cegah Sinar Matahari

Menghindarkan wajah dari paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama adalah salah satu yang bisa sobat lakukan. Jika memang harus bekerja dibawah sinar matahari, gunakan pelembab wajah dan sunscreen. Seperti kandungan hyaluronic acid dan emollient dan setidaknya SPF 30 PA++.

Skin Purging merupakan proses membuang minyak, cairan, sel kulit mati dan kotoran pada wajah. Banyak yang menganggap ini adalah sebuah hal yang kurang baik padahal sebaliknya, secara esensial kulit membersihkan diri merupakan hal yang baik. Setidaknya beri waktu 2-4 minggu untuk produk yang sobat gunakan bekerja dan selalu perhatikan untuk efek lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *