Simak Alasan Kenapa Jangan Beli Hp 5G Dahulu

alasan kenapa jangan beli hp 5g

Gookalian kasih beberapa tips alasan kenapa jangan beli Hp 5G dahulu. Meskipun beberapa ponsel dari China telah menyematkan teknologi 5G, ada baiknya Wait And See aja dulu. Maksudnya tunggu jangan beli dulu dan lihat aja terlebih dahulu sebelum bergerak.

Hadirnya teknologi koneksi nirkabel yang sampai saat ini sudah pada generasi kelima yaitu 5G sebenarnya menawarkan banyak hal. Terutama kecepatan yang begitu menggiurkan. Tak ayal karena kecepatannya bisa sampai 634 mbps sedangkan generasi sebelumnya cuma 27,9 mbps (melalui aplikasi Speedtest). Gimana gak ngiler kan? Kegiatan unduh data, menonton film dan Streaming lagu udah gak perlu nunggu Buffering lagi. Ada tapinya, sekarang ini kayaknya belum waktunya deh. Coba dibaca-baca di bawah ini deh.

Alasan Kenapa Jangan Beli Hp 5G Dulu

Kecepatan internet melalui koneksi 5G bisa 10 kali lipat dari 4G. Memang cepat sih, tapi perlu dukungan infrastruktur dan dukungan lainnya sebagai alasan sobat mulai melirik teknologi ini. Berikut lengkap alasannya:

1. Infrastruktur Belum Merata

Berkaca dari luar negeri, saat ini koneksi 5G di negeri paman Sam misalnya belum merata dan hanya tersedia di kota-kota besar. Itu padahal di negara maju ya, bandingkan kalau di Indonesia belum banyak kota yang bisa menggunakan jaringan 5G. Jika sobat buru-buru membeli ponsel 5G mungkin saat ini jadi mubazir. Soalnya sinyalnya mungkin tidak muncul jika kamu tidak dalam jangkauan di kota besar.

Diperkirakan jaringan 5G baru akan merata dan terealisasi setidaknya sampai tahun 2025. Masih butuh 4 tahun lagi perkiraan dari pakar ITB tersebut. Dan itupun masih prediksi. Melihat jangkauan 4G di tanah air saja yang masih 76% dari seluruh kota saja mungkin masih agak ragu dalam waktu cepat pemerataan sinyal 5G bisa terealisasi.

2. Jaringan 4G Masih Cukup Alasan Kenapa Jangan Beli Hp 5G Dulu

Untuk kegiatan sehari-hari seperti Browsing dan menonton film. Kecepatan 4G di kota besar dengan provider dari BUMN berwarna merah saja sudah cukup. Menggunakan koneksi tersebut tidak membuat Buffer saat nonton film. Bisa enjoy berkegiatan dengan arus data yang tidak besar.

Semakin cepat koneksi internet memang akan membuat produktivitas menjadi lebih baik. Akan tetapi jika digunakan sekarang dengan kondisi yang tidak merata malah akan memperburuk keadaan. Biarkan saja terlebih dahulu koneksi 4G merata ke semua wilayah, barulah produktivitas kerja akan meningkat seiring meratanya koneksi tersebut.

3. Tidak Murah Dan Masih Terbatas

Beberapa teori mengatakan bahwa ponsel baru dan juga harga paketan untuk 5G akan mahal. Itu memang benar adanya, dan akan terjadi pada tahun-tahun pertama koneksi tanpa delay ini ada di negeri kita. Dari ponsel yang masih sedikit diproduksi mendukung Chip 5G hingga infrastruktur atau kondisi sinyal yang terus ditingkatkan membutuhkan dana yang besar.

Tapi seiring waktu, perkembangan ponsel dan pemancar sinyal memang akan lebih murah menghadirkan dukungan 5G. Tapi sobat perlu menunggu terlebih dahulu dengan momen tersebut. Agar tidak terkena harga awal yang memang bakalan lebih mahal daripada nanti saat dukungan 5G sudah menjamur.

Keterbatasan pada wilayah juga pada ponsel yang akan dibeli. Saat ini kita belum tahu Band/Jenis frekuensi 5G yang mana sedang dikembangkan di Indonesia. Ya kalau mau beli Hp sekarang kemungkinan besar kalau ponsel itu mendukung dengan Band 40 misalnya. Jika memang ponsel tidak menyematkan penerima sinyal tersebut, sobat harus tetap menunggu sampai ponsel bisa nyambung ke sinyal 5G.

4. Kelemahan 5G Dibanding 4G

Semakin banyak sinyal penerima atau frekuensi yang ada di udara negeri kita menyebabkan penuhnya jaringan radio. Kita masih punya 2G,3G, dan 4G jika ditambah 5G serta 6G kemungkinan malah terjadi masalah baru seperti interferensi atau gangguan sinyal.

Sinyal 5G memiliki kelemahan pada kemampuannya dalam menembus yang minim. 5G kemungkinan tidak dapat menembus penghalang seperti tembok dan beton dengan cukup baik (Commercialintegrator). Sinyal 5G menggunakan panjang gelombang yang lebih pendek dari 4G. Berdampak pada kecepatannya yang bagus, kemampuan dalam membawa lebih banyak data juga. Namun kemampuan menembus benda padat lebih lemah.
Tak hanya itu, luas jangkauan dari sinyal ini juga tidak sebaik generasi sebelumnya. Range sinyal 5G hanya sampai 1000 kaki, tidak lebih dari 2% jangkauan 4G. Jadi kalau belum merata dengan baik, kecepatan yang menggiurkan hanya jadi mimpi belaka.

Itulah beberapa alasan buat sobat untuk menahan dulu beli ponsel 5G. Ya biar dikira kekinian, semisal terealisasi beberapa tahun kedepan apakah ponsel kamu masih sanggup dipakai kalau beli sekarang? Mengingat pembaruan ponsel juga gila-gilaan dengan lifetime yang semakin singkat dibanding ponsel jaman dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *