Saturday , July 31 2021

Mengurangi Sampah Plastik Keluarga Bikin Bahagia Dan Sehat

Gookalian bisa ngasih tahu beberapa cara dalam mengurangi sampah plastik keluarga. Untuk menjaga lingkungan menjadi lebih baik karena bebas dari plastik. Sebenarnya sampah jenis ini beragam sesuai dengan tempatnya.

Misalnya jika sobat hidup di pedesaan, cukup mudah dengan membakar sampah plastik di kebun. Beda lagi kalau di perkotaan membakar sampah sembarangan bisa didenda karena mengganggu penghuni rumah sekitarnya. Akan lebih baik jika masalah plastik dimulai dari diri kita dan keluarga.

Tips Mengurangi Sampah Plastik Keluarga

Dalam bentuk poin-poin singkat padat dan jelas dituliskan dibawah ini. Biar langsung bisa eksekusi terkhusus untuk keluarga sobat. Cara mengurangi sampah plastik dalam kehidupan keluarga:

  1. Ubah botol plastik jadi wadah alat tulis, pakan burung, celengan, dan pot
  2. Membuat tas daur ulang dari bungkusan plastik detergen, sabun, mie instan, snack, dan kemasan plastik berwarna lainnya
  3. Menggunakan kembali barang peralatan mandi bekas seperti sikat untuk membersihkan motor dan botol sabun diisi kembali
  4. Tidak menggunakan sedotan plastik. Beli sedotan Stainless yang bisa digunakan kembali setelah dicuci
  5. Membawa tas belanja sendiri dengan membeli dalam bentuk kain atau kreasi daur ulang
  6. Membawa botol minuman sendiri
  7. Sebisa mungkin makan dari masakan ibu dirumah untuk menghemat pengeluaran atau buang wadah makanan
  8. Membeli barang dalam kemasan yang lebih besar untuk sabun cuci, pencuci piring dan sejenisnya
  9. Pilih es krim Cone yang bisa dimakan semuanya daripada Cup meninggalkan sisa bungkus
  10. Menghindari konsumsi permen karet
  11. Mengganti media pembungkus lain seperti daun atau karton yang mudah terurai

Itulah secara singkat beberapa hal yang bisa sobatkan ajarkan dalam keluarga. Dimulai dari hal yang kecil dalam kehidupan keluarga yang nantinya berujung ke semua orang memiliki pengetahuan tentang penggunaan plastik yang lebih bijak.

Mengurangi Penggunaan Plastik Bikin Keluarga Bahagia Dan Sehat

Ngomong-ngomong soal penggunaan plastik yang lebih bijak, ini bisa bikin keluarga jadi lebih sehat dan bahagia lho. Dilansir dari Kidspot, ada banyak hal positif yang menyertai kebahagian keluarga ketika bisa mengelola plastik dengan baik. Tentunya dengan beberapa tips yang lebih mendalam selain cara-cara yang dikemukakan Gookalian di atas.

Terhubung Dengan Komunitas Pengurangan Plastik Plastik

Dengan melakukan Sharing pada komunitas yang sama-sama memiliki tujuan pengurangan sampah plastik, sobat bisa meningkatkan skil dan pengetahuan tentang nya. Lewat komunitas, sobat juga bisa lebih tahu bagaimana keluarga lebih produktif mengelola sampah plastik.

Lebih Sehat Dengan Mengurangi Sampah Plastik Keluarga Lewat Masak Sendiri

Memasak untuk keluarga sendiri dapat mengurangi penggunaan kemasan. Apalagi bahan organik yang ditanam keluarga di teras belakang bisa jadi mengurangi penggunaan plastik saat membelinya. Setiap keluarga pasti bisa menanam sayur sendiri dengan media plastik botol bekas, celana jeans bekas dan sejenisnya.

Makanan yang ditumbuhkan sendiri sudah pasti lebih sehat. Soalnya tidak pakai pestisida karena dirawat sendiri untuk konsumsi sendiri. Komunitas dapat membantu sobat dan keluarga lebih produktif menanam sayur dan memanfaatkan barang bekas.

Meningkatkan Kreatifitas Dan Skill Baru

Tanpa membeli makanan dengan bungkus plastik, dan lebih memilih belajar membuat sendiri beserta menanamnya meningkatkan kreatifitas. Keluarga kemudian bisa membuat barang bekas jadi barang baru siap jual seperti tas dan bungkus alami dari dedaunan misalnya. Hal ini meningkatkan skil setiap keluarga yang belajar bersama.

Selain bernilai uang dan meningkatkan skil, sampah yang setiap beberapa minggu menumpuk mulai berkurang banyak. Jadi barang baru yang bisa dijual kembali.

Gimana? Apakah sobat tertarik untuk memanfaatkan barang bekas seperti plastik untuk lebih produktif dan menjaga lingkungan?

Check Also

10 cara menghemat energi listrik dirumah

10 Cara Menghemat Energi Listrik Dirumah

Dalam keluarga, ada 10 cara menghemat energi listrik yang bisa sobat terapkan khususnya dirumah. Informasinya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *