Saturday , July 31 2021

Cara Meningkatkan Retensi Karyawan

Cara meningkatkan retensi karyawan adalah jantung perusahaan. Retensi memiliki maksud mempertahankan. Terlebih lagi kewajiban perusahaan mempertahankan karyawan dengan produktivitas yang tinggi atau terbaik. Retensi karyawan merupakan usaha-usaha yang dilakukan untuk mempertahankan karyawan agar tidak Resign atau hengkang dari perusahaan.

Cara Meningkatkan Retensi Karyawan

Dilansir dari berbagai sumber, Gookalian sajikan apa saja yang perlu sobat lakukan di perusahaan agar pekerja potensial tetap bertahan. Karena mereka adalah mesin-mesin yang membuat perusahaan tetap berjalan dan penghasil keuntungan tentunya.

1. Inisasi Saat Perekrutan

Retensi karyawan dimulai sejak awal dimana proses penjaringan karyawan dilakukan. Menurut CIO, perlu mengidentifikasi kultur dan strategi yang perlu ditekankan dan mulai melihat mana yang berpotensi dari kandidat-kandidat tersebut. Cari tahu kandidat yang akan bertahan. Seperti halnya lewat Resume tentang loyalitas pekerjaan. Cari tahu juga tentang kegiatan diluar pekerjaan seperti hobi olahraga akan mengetahui seberapa besar rasa kepedulian mereka.

Selektif dalam merekrut karyawan dilakukan untuk menemukan jati diri karyawan dalam pekerjaan. Mereka yang bekerja sesuai dengan jati diri mereka akan lebih senang bekerja untuk waktu yang sangat lama. Ditambah dengan skill yang dimiliki harus tepat dan dibutuhkan dan sejalan dengan budaya/kultur perusahaan, rekan kerja dan atasan. Melalui wawancara yang cukup mendalam akan mampu melihat pandangan karyawan potensial berpandangan sama dengan nilai-nilai perusahaan. Bukankah akan sulit jika melihat karyawan jika berganti pekerjaan sampai belasan kali dalam 1 tahun?

2. Tawarkan Pendidikan Berkelanjutan Dan Promosi

Memberikan promosi atau kenaikan jabatan merupakan salah satu jalan yang jelas untuk karyawan sebagai alasan untuk tetap Stay. Karena mereka merasa bahwa perusahaan membutuhkannya dan dijadikan sebagai bagian yang penting untuk kesuksesan perusahaan.

Pendidikan yang diberikan kepada karyawan membuatnya dapat mengembangkan diri. Ini merupakan sebuah alat yang dapat meningkatkan retensi karyawan dengan baik. Meskipun perusahaan menggunakan teknologi baru, proses baru dengan memberikan bayaran pendidikan pada kryawan akan membuat mereka merasa bernilai dan diinvestasikan oleh perusahaan.

Menurut penelitian dari CTA (Consumer Technology Association) mereka yang dilatih skill nya dan mengikuti program peningkatan profesionalitas dinilai memberikan retensi karyawan hingga jangka waktu 5 tahun kedepan. Investasi pendidikan dan karir seorang karyawan adalah sebuah jalan utama dimana mereka tidak akan lagi memiliki jalan lain bahkan keluar dari perusahaan.

3. Tawarkan Keuntungan Yang Nyata

Keuntungan atau benefits untuk karyawan membuat mereka menjadi senang dan lebih sehat (untuk asuransi kesehatan misalnya). Selain asuransi kesehatan, sobat bisa tawarkan hadiah keuangan atau bentuk finansial tertentu untuk mereka yang melewati batas Goals/tujuan dalam waktu tertentu. Menurut CTA, memberikan Reward berupa insentif keuangan dapat meningkatkan retensi karyawan hingga 5 tahun.

Pekerjaan yang fleksibel, kesempatan bekerja dalam daring atau jarak jauh dan bayaran yang besar memberikan mereka sebuah nilai dengan berkontribusi pada perusahaan. Menurut CTA, pekerjaan yang fleksibel memberikan urutan keempat sebagai keuntungan didapat karyawan setelah peningkatan skil, asuransi kesehatan, dan bonus.

4. Komunikasi Terbuka Cara Meningkatkan Retensi Karyawan

Dengan komunikasi yang transparan antara manajemen dan karyawan akan membuat sense yang saling terhubung. Pengkomunikasian tujuan antara keduanya harus dilakukan melalui komunikasi yang baik. Buatlah sebuah meeting yang membuat para karyawan dapat mencetuskan ide dan memberikan pendapat.

Ini juga akan membuka jejaring dari teman, kolega dan kontak lain ke perusahaan lain dalam industri. Sehingga membuka peluang untuk melebarkan sayap perusahaan dan mengembangkannya.

5. Siap-Siap Untuk Berubah

Benar sekali perusahaan harus bersiap untuk kehilangan seorang bintang. Organisasi harus bersiap dengan karyawan yang pergi karena pekerjaan impian mereka. Meskipun sulit harus kehilangan orang terbaik dalam perusahaan tetapi bersiap untuk mencari pengganti yang sama handalnya.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan dalam perusahaan sobat untuk tetap menjaga retensi karyawan. Buat mereka nyaman, bayaran yang sesuai dan tentunya promosi agar mereka merasa memiliki nilai dalam perusahaan.

Check Also

fintech untuk masa depan lebih baik

Fintech Untuk Masa Depan Lebih Baik

Fintech untuk masa depan lebih baik kini telah merambah di dunia sebagai bagian dari teknologi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *