Selasa , April 16 2024

Tips Dalam Menjual NFT

Gookalian memiliki tips dalam menjual NFT sebagai digital artwork buatan sobat sendiri. Sebagai salah satu platform penjualan desain berbasis seni, NFT (Non Fungible Token) mulai digandrungi oleh mereka yang punya karya seni salah satunya gambar.

Seperti yang telah Gookalian tulis tentang cara pembuatan dan menjual NFT pada salah satu market. Memang membuatnya cukup mudah pada beberapa jenis misalkan pada Dot NFT dimana sobat bisa berkreasi dengan kotak-kotak yang diisikan warna saja. Kemudian siap untuk dipasang atau dijual ke marketplace.

Ternyata tidak semudah itu, ada hal lain yang harus sobat perhatikan juga dalam menjual karya NFT sendiri tersebut. Tidak sekedar dijual atau dipasang saja, berbagai hal perlu dilakukan untuk tujuan agar NFT kita bisa laku. Nyatanya tidak mudah untuk berjualan NFT tersebut. Lalu bagaimana tips dalam menjual NFT tersebut agar sukses?

Tips Dalam Menjual NFT Di Marketplace

Jadi sobat tidak hanya fokus pada market atau tempat menjual karya NFT saja. Diluar itu, seperti halnya menggunakan media sosial kita, perlu memperkenalkan karya agar ada yang membeli. Dan berbagai tips dalam menjual NFT lainnya dibawah ini:

Baca Juga!  5 Kesalahan Dalam Investasi Kripto Yang Perlu Dihindari

1. Orisinalitas Dan Keunikan Karya

Tips dalam menjual NFT yang pertama jJangan sampai sobat membuat NFT dengan menyerupai model karya orang lain. Karena banyak orang bisa melakukan take down terhadap apa yang sobat jual. Inspirasi memang boleh didapatkan dari mana saja. Namun menjiplak karya tidak akan bisa dilakukan pada teknologi seni ini. Bila perlu, sobat tidak menemukan model gambar yang sama dengan apa yang sobat miliki.

Keunikan juga menjadi poin penting sebelum berpikir untuk menjual NFT di marketplace. Nilai jual dari sebuah NFT tentunya akan meningkat karena keunikan yang dimilikinya. Unique Selling Point ini bisa sobat raih dengan mencari pengalaman baru dengan melihat karya-karya. Atau intuisi apa saja yang bisa dijadikan tema maupun karya dipadukan dengan pemikiran yang ada.

2. Sebarkan Dengan Media Sosial

Ada tips khusus dari beberapa sumber yaitu sobat perlu menggunakan Twitter. Sebarkan karya utama NFT sobat melalui platform burung biru ini. Karena aktivitas pada media sosial tersebut bisa dilihat banyak sekali orang. tanpa perlu jumlah teman yang dibatasi seperti Facebook. Twitter membantu orang-orang melihat time-line atau kalau kita terus membuat karya disana orang bisa melihat history karya kita. Twitter memiliki fitur retweet dan like yang mampu menciptakan komunitas dan jejaring sosial.

Instagram juga bisa dijadikan tempat pameran NFT yang sobat miliki. Bisa dilihat lebih mudah juga dengan model platform aplikasi yang dimilikinya. Evolusi sebuah karya yang ditunjukkan pada platform ini bisa menggaet mereka kolektor.

Baca Juga!  Cara Meminimalisir Resiko Bisnis

Saat mengupload karya sobat di media sosial. Jangan pernah lupa untuk menggunakan Hastag atau tanda pagar dengan tepat. Contoh yang paling umum digunakan #nftcommunity #cryptoart #cryptoartist #nftphotography #nft #nftart #nftartist #nfts #nftcollector #nftcommunity dan lain sebagainnya dapat menarik lebih banyak calon pembeli dan menyebarkan karya sobat.

3. Gabung Ke Komunitas NFT

Facebook, Twitter, Discord dan media sosial lainnya memiliki tempat tersendiri untuk mereka yang membuat karya NFT berkumpul. Disana sobat juga akan menemui banyak orang yang mengetahui seni dan pastinya rela membayar untuk karya seni yang sobat tawarkan. Menawarkan berbagai hasil karya NFT ke komunitas membuat sobat lebih mudah mengetahui harga pasaran. Menemukan calon pembeli potensial dan menyebarkan karya agar terkenal salah satunya bisa menggunakan cara ini.

4. Cari Info Trend NFT Dari Newsettler

Tips dalam menjual NFT yaitu mencari berita tentangnya. Salah satunya melalui NFT Hunter, sobat bisa mendapatkan informasi tentang jenis karya apa saja yang sedang booming. Biasanya berbentuk informasi update mingguan tentang yang sedang viral. Misalkan permintaan tertinggi untuk sebuah karya NFT tertentu. Dengan begitu sobat bisa mengikuti trends pasar. Ini sangat bagus untuk bisa bersaing dengan orang lain dalam menghasilkan karya dengan tetap up to date.

5. Bekerja Keras Dan Terus Belajar

Seperti yang viral Ghozali beberapa waktu yang lalu. Tidak serta merta 1 hasil karyana viral begitu saja. Dia telah terjun dalam dunia seni setidaknya lebih dari 5 tahun. Pembuatan NFT untuk bisa menjadi sukses butuh perjuangan setidaknya berada di depan layar selama 12 jam setiap hari dari penuturan mereka yang telah berhasil. Tips dalam menjual NFT ini adalah sebuah proses yang panjang.

Baca Juga!  Risk Based Capital Dalam Asuransi

6. Kolaborasi

Untuk lebih meluaskan produk NFT sobat dan lebih diterima, berkolaborasi merupakan kunci penting. Misalkan dari pengalaman yang telah lalu, NFT dibuat untuk dijadikan VIsual Artist untuk DJ (German DJ Boys Noize X Art Camp). Pembuatan sebuah video atau clip bisa menghasilkan keuntungan untuk keduanya. Ini bisa sobat lakukan juga dengan kolaborasi kreatif lainnya.

7. Tetap Jadi Diri Sendiri Sebagai Seorang Seniman

Mungkin mengikuti trend dan menghasilkan karya NFT sesuai permintaan pasar itu bagus. Tapi hal ini akan cukup menguras energi. Dari mereka yang sudah expert, tetaplah jadi seniman yang berorientasi pada hasil karya yang bagus. Tetap menjadi orisinil karya sobat, dan jangan berubah merupakan saran yang penting.

Check Also

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert 1

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert

Adobe Genuine Service Alert adalah notifikasi yang muncul ketika ada dugaan penggunaan software Adobe yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *