5 Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Bingung mencari bisnis online tanpa modal untuk pelajar ? Sebenarnya ya gak bisa sih 100% tanpa modal. Tapi ada beberapa tips dari Gookalian untuk beberapa daftar bisnis online yang bisa sobat lakuin untuk pelajar.

Meskipun dikatakan tanpa modal, setidaknya ada persiapan-persiapan tertentu untuk bisa memulainya. Karena sebenarnya ada begitu banyak modal selain uang yang bisa kamu peroleh, terkhusus untuk kamu sebagai pelajar. Berikut daftar dan beberapa tips untuk menjalankannya.

Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Berhubungan dengan kegiatan daring atau online, sobat harus punya senjata sebagai modal terlebih dahulu. Ponsel pintar atau seperangkat komputer maupun laptop yang digunakan untuk berbagai keperluan. Selanjutnya tidak lupa kuota internet bila perlu jaringan yang cukup baik, keduanya merupakan komponen vital untuk bisnis online sobat.

Berikut ini beberapa bisnis online untuk pelajar yang bisa kamu jalani:

1. Blog

Blog memang awalnya adalah tentang menulis, bisnis yang memang hampir tanpa modal ini mengharuskan sobat memiliki Niche atau Topik blog tertentu untuk menyusun sebuah brand. Perlu diingat untuk mencapai kualitas blog yang baik dibutuhkan proses yang panjang.

Salah satu tujuan ngeblog untuk menghasilkan uang adalah membuat blog masuk ke pencarian Google. Dan mendapatkan banyak pengunjung dari pencarian tersebut. Jika sudah banyak pengunjung maka akan ada pihak lain yang akan menawarkan iklan yang dipasang ke blog sobat.

Yang paling sering ada Adsense, jika blog sobat sudah cukup banyak pengunjung setidaknya 500-1500 per hari cobalah untuk mendaftar. Adsense memberikan bayaran uang untuk setiap klik iklan di blog sobat.

Ada juga metode lain yaitu dengan mendaftarkan blog sobat ke affiliate marketing atau sebuah forum tempat orang menawarkan iklan dan menawarkan tempat memasang iklan. Tentunya semakin populer dan banyak pengunjung semakin mudah mendapatkan tawaran untuk pemasangan iklan.

Ada begitu banyak cara untuk meningkatkan pengunjung lewat SEO (Search Engine Optimization). Inilah inti dari proses panjang Blogging itu sendiri selain menulis secara rutin dengan konten yang original dari kamu. Tentunya kamu juga terus belajar membuat tulisan yang menarik dan meningkatkan skil pembuatan blog serta meningkatkan jejaring blog agar pengunjungnya semakin banyak.

2. Dropshipper/Reseller Sebagai Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Tanpa modal barang dan tempat untuk menyimpan barang-barang yang dijual, Dropshipper bisa dilakukan secara online. Sobat hanya perlu memikirkan bagaimana cara menarik pelanggan agar produk dapat dijual. Keuntungan bisnis yang sobat dapatkan menjadi Reseller adalah dari persentase berapa banyak barang terjual.

Jenis bisnis ini memiliki dasar kekuatan marketing atau pemasaran produk. Semakin terkenal sebuah produk dipasarkan, maka semakin banyak orang melihat. Dengan begitu akan ada begitu banyak orang melihat dan membeli produk. Barulah barang yang terjual lewat pemasaran yang kamu lakukan inilah pendapatan bisa sobat raih.

Pasang iklan produk di platform online mana saja secara gratis bisa di Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Ketika ada yang tertarik membeli pada iklan yang sobat pasang. Kemudian sobat membeli dari toko asli yang diteruskan ke pelanggan dimana pengirimnya adalah sobat sendiri.

3. Freelance Designer

Bermodalkan laptop atau komputer yang sobat miliki untuk belajar, Freelance adalah pekerjaan paling masuk akal. Karena modalnya hanya ada pada skil menggambar atau membuat desain yang sobat miliki. Tanpa skil pun secara otodidak sobat bisa belajar dari Youtube dan blog lain. Dengan belajar lebih banyak, kemampuan akan terasah dan sobat sudah bisa membuat desain untuk logo, baju, gambar dan lain sebagainnya.

Kunjungi situs Freepik, Redbubble, Fiverr, 99design, Upwork, dan lain sebagainnya. Buatlah akun dengan gratis dan mulailah mengupload berbagai jenis karya seni. Beberapa situs akan membayar sobat lewat kunjungan blog dan ada yang mengunduh karya sobat.

Beberapa situs Freelance tersebut juga memajang hasil karya sobat. Orang yang tertarik dengan jenis desain yang sobat miliki bisa memesan sebuah karya. Dengan begitu sobat bisa mendapatkan bayaran dari karya yang dipesan secara online.

4. Youtuber

Prosesnya hampir sama seperti ngeblog, sobat perlu membangun apa yang akan sobat jadikan konten dalam video. Sesuatu yang terus dicari orang dari waktu ke waktu atau mungkin berguna. Untuk membuat sebuah video modalnya adalah komputer dan koneksi internet untuk mengupload ke Youtube.

Video tidak hanya soal berbau kehidupan sehari-hari dalam dunia nyata seperti jalan-jalan, tutorial dan potret sebuah produk. Sobat bisa melakukan editing video dengan memberikan narasi atau pelajaran atau sebuah ide tentang ilmu pengetahuan.

Tujuannya tetap sama, menambah pengunjung yang menonton konten video sobat. Melalui cara-cara merekam dan edit video yang bagus di Youtube atau Google, sobat bisa belajar secara otodidak untuk membuat karya video sendiri. Semakin bagus, semakin banyak penonton dan iklan dari adsense akan datang sebagai penghasilan.

5. Jasa Membangun Follower Atau Viewer

Jadilah selebgram atau artis online tentunya dengan sedikit modal apabila memang sobat sudah Good Looking sejak lahir. Lakukan kegiatan di sosial media (IG, tiktok, fb), biasanya orang-orang akan tertarik dengan follow akun sobat. Semakin banyak membangun pengikut biasanya membuat para pemilik produk/toko ingin membayar sobat dengan cara meng endorse produk mereka.

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar didapat dari memasarkan produk secara langsung. Dari follower yang banyak produk akan meluas meningkatkan daya jual sebuah produk.

Selain menjadi Subjek dalam mencari follower, sobat juga bisa membangun sebuah jasa Follower. Dimana orang akan membayar jasa anda untuk mendapatkan banyak like, subscribe, atau follower terhadap sebuah barang atau pemasaran tertentu.

Yang paling penting di akhir artikel ini adalah keseluruhan bisnis diatas tidak semudah yang dibayangkan. Sobat perlu waktu, keringat, tenaga untuk mencapai titik-titik tertinggi pada bidang bisnis di atas untuk benar-benar dapat menghasilkan uang. Memang tidak mudah, akan tetapi jiwa berjuang dan belajar sobat akan terbayar meskipun hampir tanpa modal di awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *