Vtube Itu Bisnis Apa

vtube itu bisnis apa

Sobat Gookalian pasti banyak yang bertanya Vtube itu bisnis apa ? Cukup viral, sebuah aplikasi yang dibuat oleh PT Future View Tech (FVtech). Begitu banyak orang yang mempromosikannya bahwa aplikasi ini akan membayar dengan cukup menonton iklan. Alias hanya perlu duduk manis melihat iklan di Android lalu mendapatkan penghasilan. Apakah benar seperti itu ? Apa semudah itu, hanya nonton iklan dibayar ? Apalagi info yang digembar-gemborkan bahkan sampai dibayar dolar.

Vtube Itu Bisnis Apa Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Begitu banyak member Vtube (mereka yang mempromosikannya otomatis adalah anggota) yang mengatakan bahwa hanya dengan instal aplikasi ini, sobat bisa mendapatkan uang dolar secara online. Kata mereka, kemudahan yang ditawarkan hanya dengan menonton iklan mendapatkan penghasilan berupa uang secara online.

Daftar aplikasi Vtube gratis, tidak dipungut biaya sepeserpun. Hanya membutuhkan kuota internet. Banyak diantara mereka yang promosi memasukkan kode referal yang bisa dimasukkan pada saat instalasi Vtube. Kode ini dapat berguna bagi yang memberikan. Karena dapat meningkatkan poin perolehan.

Cara kerja menurut mereka (member) ketika menawarkan cukup sederhana:

  • Instal aplikasi Vtube
  • Masukkan kode referal
  • Nonton iklan
  • Dapat VP (View Point)
  • 1 VP ditukar menjadi uang setara 1 dolar dan dapat dicairkan

Namun sebenarnya tidak semudah itu, penuturan dari berbagai mantan member atau yang keluar dari Vtube untuk sekedar mengerti apa itu Vtube dan bagaimana cara kerjanya. Faktanya:

  • Instal aplikasi Vtube
  • Menonton iklan untuk mendapatkan Vp. Member baru hanya dapat menyelesaikan misi dengan perolehan 2
  • Vp setiap 40 hari
  • Vp tidak mudah untuk dicairkan, karena menunggu exchange
  • Proses exchange adalah mencairkan Vp menjadi uang tetapi harus ada member lain yang membeli Vp tersebut.
  • Sistem tidak bisa langsung digunakan untuk mencarikan uang.

Dari sini sudah kelihatan, bahwa Vtube adalah skema ponzi/money game sejenis Multi Level Marketing (MLM). Karena jika tidak ada member lain yang tidak membeli Vp yang ditawarkan di exchange maka tidak bisa cair menjadi uang.

Membeli Vp adalah salah satu cara mendapatkan viewpoint Vtube. Jika seorang member ingin lebih cepat mendapatkan uang, dia harus membeli ke Exchange. Mengapa hal ini dilakukan ?

Karena, seorang member membeli level aktivasi (misal bintang/level 6) 1 paket membutuhkan 10 Ribu Vp. Artinya dia harus membeli sekitar 150 juta (1 Vp dibulatkan 15.000) ke Exchange. Kenaikan level ini dijanjikan oleh Vtube mendapat pengembalian 3500 Vp (sekitar 52,5 juta) dalam 40 hari. Ketika member ingin penghasilan yang lebih tinggi, maka harus membeli atau upgrade level.

Jadinya sobat harus mengerti, bahwa Vtube membuat aturan member untuk invest uang dalam bentuk Vp. Yang kemudian Vp tersebut akan berlipat dalam waktu 40 hari kemudian bisa dijual lagi. Itupun jika ada member yang mau membeli Vp.

Maka dari itu, mereka berlomba-lomba dalam mencari member baru dengan menjebak pada sistem ini. Dengan embel-embel yang dikemas begitu menarik bertolak belakang dengan kondisi sebenarnya. Bahkan pemilik Vtube juga tidak bisa memastikan apakah member dapat terus mendapatkan uang dari menonton iklan yang langsung cair jadi uang.

Vtube Itu Bisnis Apa ? Terjawab Bahwa Menggunakan Skema Ponzi

Simpelnya skema ponzi adalah sebuah piramida dimana uang hanya berputar di dalam lingkaran member. Untuk dapat menambah jumlah uang dalam sistem, dibutuhkan kontinuitas member baru yang terus memasukkan uang dalam sistem.

Bayangkan saja jika tidak ada lagi member yang bergabung di Vtube. Sistem tersebut bakalan ambruk. Karena perputaran uang hanya akan terjadi antar member dan kesepakatan nilai 1 Vp sama seperti 1 dolar hanya ada pada member.

Kesalahan Aplikasi Vtube

Banyak dari member yang mengatakan bahwa Vtube akan terus jaya. Dibuktikan dengan gambar bahwa Vtube bekerja sama dengan berbagai perusahaan besar. Setelah banyak dilakukan Cross Check, perusahaan seperti Toyota, Honda, Yamaha dan perusahaan besar lainnya tidak pernah melakukan tanda tangan dengan Vtube untuk pemasaran iklan.

Beberapa ahli IT mencoba membredel daleman aplikasi Vtube. Mereka mengatakan bahwa aplikasi yang menunjukkan iklan ini hanya mencuri berbagai iklan dengan dihubungkan ke Youtube.

Dengan akses yang begitu banyak, pemilik aplikasi Vtube pasti sudah mendapat penghasilan dari iklan yang tayang dari aplikasi. Sedangkan member hanya mendapatkan jatah ViewPoint yang bahkan tidak laku dijual diluar ekosistem Vtube sendiri.

Vtube Adalah Bisnis Ilegal

Dengan menyimak Vtube itu bisnis apa, kemudian cara mendapatkan viewpoint Vtube benar sekali jika model bisnis penarikan uang ini dikatakan ilegal.

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK melalui lamannya ojk.go.id membuat daftar entitas bisnis terbaru. Menyatakan bahwa pt Future View Tech (Vtube) adalah ilegal dan diberhentikan oleh Satgas Waspada Investasi (dapat diakses melalui: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Documents/Pages/Siaran-Pers-Satgas-Waspada-Investasi-Perkuat-Koordinasi-dengan-Kepolisian-RI/Lampiran%20II%20Entitas%20Ilegal%20Juli.pdf)

Selanjutnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memblokir aplikasi Fintech sejenis yang ilegal. Sehingga tidak dapat diakses oleh pengguna jika tanpa menggunakan VPN.

Meskipun sudah dinyatakan ilegal dan diblokir, banyak member yang masih bersikukuh mempertahankan bisnis ini. Contohnya melalui aplikasinya yang masih bisa diakses di Play Store. Sebagai tambahan informasi, ada banyak bisnis berkedok investasi ilegal yang masih nangkring di Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *