5 Menit Perawatan Diri Dilakukan Di Rumah

5 menit perawatan diri

Hanya 5 menit perawatan diri, tipsnya dari Gookalian untuk sobat. Bahkan sebagian gak sampai 5 menit yang cukup bisa membuat diri terasa dimanjakan.

Apalagi di masa pandemi saat ini, beberapa jam bisa terasa cukup cepat seperti beberapa menit saja. Bahkan bisa menjadi fleksibel, sehari terasa satu minggu dapat terasa seperti itu. Mungkin sobat sudah terlalu banyak memanjakan diri melalui berbagai perawatan untuk diri selama masa tersebut. Atau mungkin sudah terlalu banyak memanjakan diri dengan mandi berjam-jam atau hal lainnya yang menyamankan diri.

Namun ada sedikit tips untuk mengelola perawatan diri dalam waktu yang cukup singkat. Ini cocok untuk mereka yang cukup sibuk. Mengikuti tren peremajaan diri bahkan bisa dilakukan dalam waktu 5 menit saja.

5 Menit Perawatan Diri

Memanjakan diri memang memiliki banyak cara. Termasuk waktu yang dibutuhkan biasanya cukup lama. Tapi sebenarnya sobat hanya membutuhkan sedikit atau dosis mikro untuk menyenangkan diri.

Menurut Nkechi Njaka, ahli neuro, artis dan meditator dari San Fransisco memberikan sebuah pengalamannya. Bahwa cukup 5 menit dilakukan secara sadar untuk memanjakan diri. Meskipun terdapat berbagai bahasa kesehatan tentang apa yang harus seseorang lakukan, makan, dan oleskan ke kulit untuk tujuan perawatan diri. Namun dia menyimpulkan bahwa perawatan diri merupakan sebuah percakapan antara tubuh dan jiwa dengan bertemu diri sendiri pada tempat lapang, nyaman, menyenangkan dan membumi. Lalu apa sajakah 5 menit itu?

Lakukan Sesuatu Dengan Tangan Dan Otak

Kuncinya ada pada Mindfulness, sebuah kata yang menggambarkan fokus terhadap keadaan sekitar dan menerima dengan terbuka. Sebuah cara yang cantik untuk terus memiliki perhatian diri. Contohnya saja bermain Origami atau kertas lipat yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi yang bahkan bisa sobat lakukan dengan gratis.

Carilah kertas dan gunakan tutorial di Youtube untuk melipat-lipatnya menjadi bentuk yang menarik. Teknik dalam melipat kertas dibutuhkan untuk koordinasi mata dan tangan. Tentunya hanya dilakukan dalam 5 menit ini akan meremajakan diri menjadi lebih Mindfulness.

5 Menit Perawatan Diri Dengan Buku Berisi Perjalanan

Mungkin buku dengan secangkir kopi dimeja adalah hal yang baik untuk memanjakan diri. Buku dengan pemandangan atau momen-momen tertentu yang membuat kita lebih memperhatikan detail-detail kecil adalah memanjakan diri yang dimaksud. Suara, gambar, bernafas dan ngobrol dapat merelaksasi tubuh.

Dengan kondisi yang tidak boleh keluar karena pandemi Covid-19, membuka foto yang penuh kenangan saat traveling adalah hal yang menyenangkan. Kegiatan tersebut mengundang rasa gembira yang pernah ada sehingga merasa lebih baik karena mengingat masa itu. Bahkan secara ilmiah melihat hal-hal menyenangkan baik itu tentang rekreasi maupun foto-foto kenangan akan berdampak positif terhadap emosi yang lebih baik.

Memberikan Cinta Pada Wajah

Pijat atau Massage mungkin bisa sobat lakukan untuk memberikan cinta pada tubuh dan wajah. Akan tetapi kondisi yang terus menekankan untuk tidak bertemu orang, menyebabkan sobat harus urus sendiri. Meningkatkan “me time” atau waktu untuk meremajakan diri adalah memberikan perlakuan pada wajah. Tujuannya untuk meredakan tensi atau ketegangan pada wajah.

Dengan mengikuti berbagai tutorial pijat wajah dalam waktu 5 menit saja, mampu membuat wajah lebih glowing. Intinya mengisi waktu untuk perawatan diri. Bisa dengan membeli serum atau produk ditambah pijatan untuk wajah.

Mendengarkan Rekaman (Bukan Lagu)

Meskipun mendengarkan lagu adalah salah satu bentuk peremajaan diri. Namun apa yang sobat dengarkan mungkin punya ciri khas masing-masing. Cara mendengarkan lagu dengan bergoyang juga merupakan hal tersendiri setiap orang mampu menikmatinya.

Tapi penelitian menunjukkan dengan mendengarkan rekaman dari suara yang jadul atau lawas akan meningkatkan gairah emosional. Selain itu membangkitkan nostalgia masa kanak-kanak. Intinya mendengar suara atau lagu dari masa lalu akan memberikan sensasi suara berlapis dan nuansa tertentu. Ini akan memberikan kesehatan untuk jiwa tentang rasa yang berbeda ketimbang mendengarkan musik biasa.

Ngobrol Dengan Teman Jarak Jauh Meski Hanya 5 Menit

Mindfulness dapat diraih dengan memanajemen stres dan meningkatkan sistem saraf maupun daya tahan tubuh. Dengan berkomunikasi dengan teman atau tetangga sekitar merupakan salah satu jalan menjaga diri dan memanjakannya.

Berbagi potongan-potongan kecil dalam kehidupan. Misalnya mengutarakan rasa bahagia bisa bertemu dengan keluarga atau teman dekat adalah saling mengisi hati. Hal ini bisa dilakukan bahkan selama 5 menit saja bersama teman mengisi momen-momen berbagi.

Itulah beberapa tips dalam waktu 5 menit untuk memanjakan atau merawat diri. Meskipun dalam waktu yang singkat, inti dari kegiatan tersebut adalah Mindfulness sebagai perasaan yang memperhatikan hal-hal kecil untuk kesehatan jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *