Selasa , April 16 2024

Alasan Android Lebih Unggul Dari iOS

Sobat mungkin bertanya, apa ada alasan Android lebih unggul dari iOS ? Sepertinya dari segi harga, lebih mahal iOS layaknya iPhone daripada Android. Kemungkinan karena selisih harga, kita bisa bergumam sebagai orang awam bahwa yang lebih mahal itu yang lebih baik. Ditambah iOS sekarang sudah versi 15 dengan segala keunggulannya.

Tapi ternyata, belum tentu pernyataan tersebut benar. Ternyata perbedaan ekosistem Android dengan iOS ini masing-masing membawa kelebihan dan kekurangan juga. Gookalian bakalan bahas beberapa alasan mengapa Android lebih unggul daripada iOS (iPhone). Ada poin-poin tertentu kamu tidak bisa meremehkan Android meskipun punya rentang harga yang hampir sama atau dibawahnya.

Alasan Android Lebih Unggul Dari iOS

Dalam teknologi telepon genggam, selalu ada kompetisi. Bahkan untuk satu ekosistem namun berbeda merk, mereka selalu ingin mengungguli lainnya. Pertarungan antar beda ekosistem yaitu iOS dan Android juga terus berlangsung. Sobat bisa mengetahui, keunggulan sistem operasi Android daripada iOS yang dijelaskan dibawah ini:

Value For Money

Untuk harga jual iPhone yang pasti sobat sudah tahu bahwa tidak murah. Dengan harga yang lebih murah, membeli Android memberikan value yang lebih banyak. Misalkan untuk harga iPhone seri paling murah saja, sobat bisa mendapatkan ponsel Android dengan layar lebih lebar, baterai lebih besar, 4 kamera, dan fitur lainnya.

Baca Juga!  Cara Melihat Siapa Yang Unfollow Instagram

Kustomisasi, Skin Dan Widget

Ponsel Android bisa dengan mudah mengganti aplikasi untuk mengerjakan sesuatu. Aplikasi default di Android bisa diubah sesuka hati, misalkan mengubah aplikasi untuk membuka peta atau merubah launcher untuk tampilan. Lebih banyak kustomisasi bisa dilakukan di Android bahkan yang belum Root sekalipun. Berbeda dengan ekosistem iOS dimana sobat tidak akan bisa mengubah aplikasi non-iOS sebagai aplikasi bawaan.

Selain itu, masalah kustomisasi tampilan menjadi kelemahan ekosistem iOS dibanding Android. Apple lebih tahu apa yang sobat butuhkan dalam sebuah ponsel pintar, sehingga mereka mengunci User Interface agar tidak dapat dimodifikasi. Jadi sobat tidak bisa menambahkan akan mengurangi. Berbeda di Android, memungkinkan memasang ratusan widget untuk tampilan yang lebih user friendly. Sehingga pengguna akan lebih bebas menyesuaikan tampilan yang disukai.

Dukungan Multitasking

Fitur Android yang membuatnya lebih unggul dibanding iPhone adalah floating windows. iOS belum bisa membuka dua aplikasi dalam satu layar seperti Android jaman sekarang dengan fitur tersebut. Ini mungkin dianggap sebagai ketertinggalan iOS. Di Android untuk bisa membuka dua aplikasi sekaligus terdapat fitur split screen, picture in picture dan floating windows membuat pengguna lebih produktif.

Dukungan Google

iOS tidak memiliki layanan sendiri seperti Email, sehingga harus menggunakan pihak ketiga. Untuk streaming video masih bergantung pada Youtube dan layanan lain yang tidak dimilikinya. Ekosistem Google yang sangat luas cukup menguntungkan android, karena secara langsung Google ikut mengembangkannya. Aplikasi pihak ketiga yang digunakan pada iOS membuat pengguna ribet karena harus memasukkan akun dan kata sandi berkali-kali untuk dapat terhubung.

Baca Juga!  Alasan Game Mobile Lebih Disukai Di Indonesia

Gaming

Android punya banyak tipe khusus yang dirancang untuk bermain game penggunanya seperti ROG, Razer, Black Shark dan lainnya. Tersedia juga aplikasi Steam Link untuk bermain game Steam di Android, NVIDIA Shield Tv untuk basis built in. Spesifikasi Android yang mendukung game ini tentunya akan membuat para gamer menyukainya.
Berbeda dengan iOS atau iPhone nya yang memang tidak dirancang khusus untuk bermain game. Meskipun secara umum ponsel iPhone mumpuni untuk bermain game, tapi mereka tidak membangun ekosistem yang baik untuk para pemain game. Bisa dibilang bahwa developer ini memang tidak mendukung untuk bermain game.

USB Type C

Ketika sobat membeli ekosistem dari iOS (iPhone) berarti harus bersiap dengan konsekuensinya. Hanya iPhone dan iPad yang menggunakan kabel Lightning untuk pengecasan, sedangkan perangkat lain tidak. Ironisnya, Apple Macbook menggunakan USB Type C untuk pengisian dayanya. USB Type C yang digunakan banyak ponsel Android saat ini mendukung banyak perangkat secara universal dan juga bisa mengecas dengan cepat.

Sistem File

Alasan Android lebih unggul dari iOS adalah ketika sobat ingin menyalin file ke komputer. Ketika menggunakan iPhone/iPad sobat harus instal iTunes terlebih dahulu. Itupun hanya bisa menyalin file berbentuk media seperti gambar, video, dan musik. Meskipun pada iOS 11 sudah bisa, namun tidak semua akses folder diizinkan. Berbeda dengan Android yang bisa dengan mudah menyalin apapun ke komputer dengan sistem operasi Windows.

Itulah beberapa hal yang menjadi alasan Android lebih unggul dari iOS. Terlepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki ekosistem iOS. Beberapa alasan diatas bisa menjadi pertimbangan sobat dalam memilih ponsel.

Baca Juga!  Kelemahan Membeli Hp Limbah Jepang

Check Also

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement 1

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog Anda selain dari iklan biasa? Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *