Rabu , September 28 2022

Cara Hemat Baterai Hp Saat Hotspot Aktif

Adakah cara hemat baterai hp saat hotspot aktif? Layanan tethering/ hotspot/ penambatan wifi adalah fitur jaman sekarang yang sangat sering digunakan. Karena kita bisa berbagi koneksi internet dengan perangkat lain baik itu hp atau komputer bahkan televisi pintar. Tethering atau hotspot adalah memposisikan sebuah hp menjadi modem. Hp menggunakan koneksi internet yang dibagi ke perangkat lain dengan wifi.

Biasanya aktivitas berbagi koneksi internet dengan perangkat lain ini menghabiskan daya baterai dengan cepat. Karena ponsel bekerja mencari sinyal internet selain itu juga menyebarkan wifi secara bersamaan. Dua fungsi ini memang benar akan mempercepat habisnya baterai. Lalu adakah solusi agar ponsel sobat jadi lebih hemat ketika berbagi tethering hotspot? Gookalian jelaskan beberapa tipsnya.

Cara Hemat Baterai Hp Saat Hotspot

Cara Hemat Baterai Hp Saat Hotspot Aktif

Tidak ada cara khusus untuk bisa menghemat baterai ketika dipakai untuk hotspot. Namun admin mencoba beberapa hal diterapkan pada ponsel pribadi. Hasilnya setidaknya ada penghematan yang cukup terlihat. Berikut ini beberapa cara hemat baterai hp saat hotspot diaktifkan yang bisa sobat coba:

Jangan Gunakan Hp Ketika Hotspot Aktif

Jika hp sobat sendiri yang dijadikan perangkat untuk berbagi internet, mengurangi penggunaannya bisa menghemat baterai. Ponsel akan lebih fokus untuk mendapatkan sinyal dan membagikan hotspot kepada perangkat lain tanpa tambahan kegiatan. Sering menghidupkan ponsel, browsing, membalas chat, bahkan hingga bermain game tidak direkomendasikan.

Semakin banyak kegiatan bersamaan/ multitasking yang dilakukan ponsel, akan semakin banyak daya yang digunakan. Lebih baik letakkan ponsel dan tidak dipakai untuk apa-apa. Bila perlu aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak penting ikut dimatikan. Lebih sedikit beban aplikasi semakin baik untuk menambah masa pakai baterai.

Letakkan Hp Di Tempat Yang Sinyal Bagus

Karena ponsel digunakan untuk berbagi sinyal internet kembali, letakkan pada tempat dimana sobat mendapati sinyalnya bagus. Misalkan diluar rumah atau di bagian tertentu di dalam rumah sobat. Ponsel tidak akan bersusah payah mengeluarkan banyak daya untuk bisa menangkap sinyal lebih baik. Ketika ponsel menerima sinyal dari penyedia layanan internet yang bagus, ponsel bekerja dengan lebih mudah. Hal ini memengaruhi penggunaan daya baterai menjadi lebih sedikit sesuai kondisi sinyal yang baik.

Gunakan Pendingin Pada Ponsel

Setiap menggunakan hotspot, ponsel akan meningkat suhunya. Lebih lagi kalau ponsel merupakan keluaran lama sehingga sudah berumur. Sobat bisa memberikan kipas komputer/ fan cooler laptop dibawah ponsel saat digunakan untuk hotspot. Cara hemat baterai hp saat hotspot aktif adalah menurunkan suhu ponsel sehingga tidak terjadi pemborosan. Semakin panas biasanya hp bisa semakin tidak efisien dalam menghemat daya.

Menjaga suhu ponsel tetap dingin juga bisa dilakukan dengan meletakkannya di lantai keramik. Namun pastikan di bawah itu sinyal bagus. Jadi ponsel benar turun suhu panasnya. Suhu ponsel yang terus terjaga membuat baterai jadi tidak mudah bocor, boros, dan lebih awet. Suhu panas akan mematikan sel-sel baterai, sobat perlu mengetahui hal ini.

Jadikan Ponsel Sebagai Wifi Repeater

Wifi Repeater artinya ponsel hanya sebagai penguat sinyal atau hanya membagikan kembali melalui hotspot. Caranya yaitu sobat hubungkan ponsel dengan wifi, kemudian mengaktifkan hotspot secara bersamaan. Ponsel hanya menerima sinyal dari wifi lalu menyebarkan kembali ke perangkat lain. Hal ini bisa dilakukan apabila jangkauan sinyal wifi tidak sampai.

Saat ponsel terhubung ke wifi, penggunaan baterai tidak menjadi boros. Berbeda dengan data seluler yang bisa menguras baterai. Cara hemat baterai hp saat hotspot dihidupkan ini tidak bisa diterapkan di semua ponsel. Hanya ponsel dengan spesifikasi yang cukup mumpuni bisa mengaktifkan wifi dan hotspot bersama-sama.

Begitulah beberapa tips cara hemat baterai hp saat hotspot aktif spesial buat sobat. Gunakan ponselmu dengan bijak tanpa harus membuat suhunya terlalu tinggi. Tambahan juga, lepas pelindung seperti karet atau case pada ponsel. Sirkulasi panas akan lebih lancar membuat suhu menurun sehingga lebih hemat baterai.

Baca Juga!  Kelemahan Windows 11 Baru Perlu Diwaspadai

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.