Menghadapi Anak Suka Mengambil Barang Orang Lain

anak suka mengambil barang orang lain

Apa saja penyebab dan cara menghadapi anak suka mengambil barang orang lain ? Hampir semua anak mungkin pernah mengambil barang yang bukan haknya. Memang karena sifatnya yang masih kecil menyebabkan dia belum tahu tentang kepemilikan barang.

Mengambil barang orang lain yang dilakukan oleh anak bisa membuat sobat sebagai orang tua naik darah. Ya, namanya juga anak-anak. Sebelum sobat memarahi, ada baiknya melakukan berbagai hal dibawah ini untuk kebaikan sang anak.

Menghadapi Anak Suka Mengambil Barang Orang Lain

Jangan dulu memarahi anak, marah tidak baik. Bisa dengan mendiskusikan dengan anak apa yang sebenarnya dia lakukan. Jangan sampai hal ini menjadi kebiasaan buruk.

Mencari Tahu Alasan

Membuat anak terbuka dan mau menceritakan mengapa dia membawa sebuah barang sangat penting untuk dilakukan. Apakah karena memang suka terhadap barang tersebut dari dulu atau ingin tapi tidak dibelikan. Hal ini bisa menjadikan motivasi untuk anak agar mendapatkan apa yang dia mau maka perlu berusaha. Misalnya dengan rajin membantu ibu atau ayah akan dihadiahi barang yang dia sukai.

Perlu cari tahu juga siapa yang membuatnya bisa terinspirasi mengambil barang. Anak memiliki kemampuan meniru yang cukup baik. Mungkin ada anggota keluarga yang mengajari mengambil barang tanpa sepengetahuan pemilik sehingga ini dijadikan sebagai alasan anak.

Mengembalikan Barang

Tentunya bersama-sama dengan orang tua dan sang anak. Bila perlu melatih anak untuk mengembalikan sendiri dan meminta maaf dengan tidak mengulangi perbuatannya lagi. Anak akan punya jiwa yang pemberani mengakui kesalahan, pun sebenarnya dapat didampingi dengan ayah atau ibu.

Tidak Memarahi Dengan Hukuman Fisik

Hukuman fisik tidak dapat menyelesaikan masalah. Ini akan menimbulkan luka dalam hatinya dan malah memunculkan perasaan dendam untuk mengulangi perbuatannya lagi. Ini hanya akan berefek sebentar pada psikologis anak dan dia akan mengulangi lagi.

Beritahu Resiko Dengan Menghadapi Anak Suka Mengambil Barang Orang Lain

Memberitahukan si kecil terkait apa yang dilakukannya bisa berbahaya untuk dirinya sendiri. Misalnya bakal kena marah dan dipukul teman atau orang lain yang diambil barangnya. Berikan peringatan juga bahwa nanti dia akan dijauhi teman-temannya karena pencurian atau barang yang diambil. Tindakan ini buruk bisa ditangkap sampai dipenjara oleh polisi.

Periksakan Ke Psikolog

Ketika anak sangat sering mengambil barang orang lain tanpa sepengetahuan pemilik dan dia suka melakukannya. Berarti ada yang salah dengan anak tersebut. Ada sebuah penyakit psikologis yaitu Kleptomania yang mengacu pada kegiatan mencuri. Ini adalah usaha terakhir yang bisa sobat lakukan pada anak.

Karena mengambil barang pada ranah ini sudah bukan semata-mata kebutuhan atau keinginan. Tapi berhubungan dengan kondisi hormon rasa senang yang bisa muncul karena mencuri.

Pada akhirnya sobat sebagai orang tua juga perlu intropeksi diri juga. Keluarga juga, apakah ada salah satu darinya yang mengajari atau pernah melakukan hal ini di depan mata anak tersebut. Anak biasanya hanya akan mencontoh apa yang dia lihat dan pelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *