Buah Untuk Meredakan Asam Lambung

buah untuk meredakan asam lambung

Selain minum obat, terdapat beberapa buah untuk meredakan asam lambung yang bisa sobat konsumsi. Tingginya kandungan asam dalam lambung menyebabkan berbagai gejala yang tidak enak pada bagian perut sampai dada dan tenggorokan.

Asam lambung diproduksi oleh tubuh secara alami untuk membantu proses pencernaan dan membunuh kuman dalam makanan. Produksi yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk didalamnya gejala Maag.

Gookalian punya informasi beberapa buah disekitar kita yang mampu meredakan gejala asam lambung yang sedang kumat. Atau dikarenakan sobat telat makan sehingga dapat mengganggu aktivitas.

Buah Untuk Meredakan Asam Lambung

Umumnya, buah-buahan yang direkomendasikan untuk meredakan gejala asam lambung tinggi dan cocok untuk mereka yang memiliki penyakit yang berhubungan dengannya tidak memiliki rasa asam. Kandungan beberapa buah di bawah ini dinilai dapat meredakan dan aman untuk lambung.

1. Apel

Apel yang berwarna merah yang sudah matang adalah yang terbaik. Karena ada juga jenis apel lain yang memiliki rasa masam. Rasa masam akan memperparah keadaan lambung yang sudah memiliki sifat asam.

Sebaliknya, kandungan apel yang manis merupakan sumber kalsium, magnesium dan potasium yang baik. Keseluruhan kandungan alkali ini mampu meredakan gejala sakit akibat asam lambung (Healthline).

2. Pisang Sebagai Buah Untuk Meredakan Asam Lambung

Buah dengan serat yang cukup tinggi ini mengandung potasium untuk meningkatkan kerja sistem pencernaan. Buah yang memiliki kandungan kalium ini dapat membantu mengatasi asam lambung naik dengan melapisi dinding esofagus. Terkhusus pada dinding yang terluka sehingga dapat memberikan rasa nyaman (AARP).

Selain dinding melindungi, efek anti asam pada buah pisang juga merangsang produksi cairan lendir pencernaan. Lewat kandungan potasiumnya, dinding pencernaan dapat tertutup oleh lendir sehingga tidak terjadi iritasi lagi.

3. Pepaya

Terkenal untuk melancarkan pencernaan, kandungan enzim papain dapat menghancurkan makanan yang melukai dinding pencernaan (Hindustan Times). Ditambah kimopapain membantu memecah protein dan menenangkan perut dengan menjadikan keasamaan tetap normal.

4. Melon

Masuk dalam kategori buah yang mengandung alkali tinggi. Buah ini mengandung magnesium dimana seringkali digunakan sebagai obat Maag atau asam lambung. Menurut AARP, kandungan pH 6,1 yang dimiliki melon masuk dalam kategori asam sangat ringan mendekati pH netral.

5. Buah Tin (Fig)

Buah spesial dan bersejarah ini dapat membantu memperlancar pencernaan sehingga dapat mencegah konstipasi dan diare (WEBMD). Buah yang dikenal dengan Figs ini dapat membatasi level keasaman di dalam tubuh. Potassium yang terkandung didalamnya meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan meningkatkan perkembangan bakteri baik untuk kesehatan.

6. Persik

Pastikan konsumsi buah ini yang sudah matang. Sobat bisa mendapatkan manfaat buah persik yang mengurangi rasa sakit akibat asam lambung naik. Kandungan serat cukup bagus untuk mencegah masalah pada perut seperti konstipasi dan gastritis.

Keseluruhan buah baik di atas dengan mekanisme yang dikandungnya dapat menurunkan gejala asam lambung. Jangan lupa untuk mencuci buah sebelum dikonsumsi.

Ketika asam lambung datang menyerang, dibanding meminum obat. Sobat bisa mencoba mengkonsumsi buah diatas untuk kondisi yang memungkinkan. Pun saat tidak kambuh, sobat coba sering mengkonsumsi buah ini dengan waktu yang tepat sehingga dapat mengurangi bahkan menyembuhkan sakit yang biasanya sering disebut Maag ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *