Cara Menghilangkan Rasa Malu Yang Berlebih

Cara Menghilangkan Rasa Malu Yang Berlebih

Rasa malu merupakan perasaan yang tentunya dimiliki setiap manusia, dan hal itu merupakan hal yang wajar. Memiliki rasa malu merupakan pelajaran yang seringkali kita dengar baik dari sekolah, agama maupun rumah. Dengan adanya rasa malu manusia dapat membatasi tindakanya agar menjadi manusia yang berakhlak. Namun rasa malu yang berlebih terhadap sesuatu juga menjadi hal yang memiliki efek buruk. Menurut penelitian rasa malu berlebih dapat berdampak pada peningkatan risiko depresi dan ansietas.

Cara Menghilangkan Rasa Malu Yang Berlebih

Penyebab Munculnya Rasa Malu

Sebelum mencoba mencari cara menghilangkan rasa malu tentunya kamu harus mengenali terlebih dahulu penyebab munculnya rasa malu tersebut. Rasa malu dapat disebabkan oleh berbagai pemicu misalnya seperti melakukan kesalahan didepan umum, tidak percaya diri dengan penampilan, atau merasa kurang nyaman dengan bau badan.

Dengan mengetahui penyebab rasa malu kita dapat mengatasi rasa malu berlebih tersebut seperti rasa malu yang timbul akibat bau badan. Bau badan merupakan hal yang umumnya menjadi penyebab munculnya rasa malu, seseorang umumnya akan mencoba menghindari kegiatan ngumpul dengan orang lain terutama teman-teman karena hal tersebut.

Agar kamu bisa lebih nyaman dalam beraktivitas tentunya penyebab malu tersebut perlu diperbaiki misalnya dengan menggunakan deodorant, parfum, dan hal lainnya untuk menghilangkan bau badan tersebut.

Cara Menghilangkan Rasa Malu Berlebihan

Agar rasa malu tidak menjadi penganggu kamu dalam menjalani akitivitas sehari-hari tentunya rasa malu tersebut perlu kamu kelola atau hilangkan. Walaupun pada sebagian orang rasa malu tersebut sulit untuk dihilangkan karena berbagai hal, namun dengan mengelola rasa malu tersebut agar tidak berlebihan maka hal tersebut dapat membantu kamu dalam menjalani kegiatan. Berikut cara menghilangkan rasa malu berlebihan yang dapat kamu coba untuk mengatasi rasa malu kamu.

Mengenali Pemicu Rasa Malu

Seperti yang sudah disinggung diatas, mengenali penyebab atau pemicu rasa malu merupakan langkah yang paling ampuh untuk mengatasi rasa malu. Dengan mengetahui penyebab atau pemicu rasa malu tersebut, kita bisa menentukan langkah atau solusi yang lebih tepat untuk dilakukan.

Mencoba Untuk Menanamkan Nilai dan Norma yang Benar

Seringkali rasa malu yang muncul terjadi karena kesalahan yang pada dasarnya tidak menyalahi nilai dan norma yang ada, misalnya ketika kamu melakukan presentasi dengan jas yang terbalik. Hal tersebut bukan merupakan sesuatu yang salah jika dikaitkan denga nilai dan norma yang ada, oleh karena itu penting adanya untuk menanamkan nila dan norma yang benar agar kita tdak merasa malu berlebihan akibat kesahalan yang tidak menyalahi nilai dan norma

Pilih Lingkungan yang Mendukung

Cara menghilangkan rasa malu berlebih berikutnya yakni dengan memilih lingkungan yang mendukung. Rasa malu pada sebagaian orang merupakan hal yang memang sulit untuk dirubah misalnya seperti penyandang kanker yang menjalani pengobatan dimana membuat rambut mereka rontok. Tidak sedikit dari mereka yang malu untuk bertemu dengan teman-teman karena perbedaan tersebut. Oleh karena itu penting untuk memilih lingkungan yang supportif atau mendukung dan dapat menerima kekurangan kita.

Fokus Pada Diri Sendiri

Cara menghilangkan rasa malu terakhir yang bisa kamu coba yakni dengan mencoba untuk lebih fokus pada diri sendiri dan menghiraukan hal lain yang pada dasarnya bukan suatu hal yang berarti untuk kamu. Pada dasarnya kita memang tidak bisa menyenangkan setiap orang, dan tidak ada kewajiban untuk melakukan hal tersebut. Itulah mengapa penting untuk mencoba fokus pada diri sendiri dan menghiraukan hal-hal yang memang pada dasarnya bukan suatu hal yang penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *