Bahan Alami Atasi Bibir Kering Bisa Dicoba Dirumah

Bahan Alami Atasi Bibir Kering

Gookalian punya beberapa rekomendasi bahan alami atasi bibir kering. Untuk memiliki bibir yang gak kering dan pecah-pecah, bisa sobat dapatkan dari bahan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahan Alami Atasi Bibir Kering Yang Bisa Dicoba

Sebelum pada fase bibir pecah-pecah terjadi, biasanya diawali dengan bibir kering. Ini sering terjadi pada kondisi terlalu panas dan dingin. Dan bibir sobat tidak memiliki kelenjar minyak sendiri seperti kulit biasanya untuk tetap lembab. Karena minyak alami tidak diproduksi pada bibir, maka perlu perawatan dan bahan khusus.

Meskipun bibir yang kering dapat dengan mudah diatasi dengan lipstik, sobat perlu cara yang alami dibawah ini yang bisa dilakukan dirumah dilansir dari beberapa sumber.

1. Lidah Buaya

Merupakan tanaman yang memproduksi gel yang lembab. Tanaman yang dengan nama Aloe vera ini dapat diaplikasikan ke bibir yang kering. Sebaiknya menggunakan campuran bahan lain untuk menggunakannya. Tapi jika sobat ingin mencobanya, bisa dilakukan di malam hari dan berhati-hati agar tidak menetes ke tempat tidur.

Sobat bisa menanam jenis tumbuhan ini dengan mudah dihalaman rumah. Namun perlu diingat juga untuk reaksi alergi pada tumbuhan ini mungkin perlu dihindari.

Menurut Healthline, lidah buaya yang licin dapat dengan cepat diserap oleh kulit. Sehingga dapat melembabkan kulit bibit yang kering hingga pecah-pecah. Aloe vera bekerja dengan menyerap kelembaban pada udara sekitar ke permukaan kulit untuk mencegah kekeringan.

Kandungan polisakarida pada lidah buaya dapat melembabkan kulit. Menjaga kulit tetap terhidrasi dan dapat membantu pemulihan bibit yang pecah dengan meningkatkan pembentukan sel baru dalam waktu cepat mengatasi radang (Surjushe, et.al. 2008. Aloe Vera: A Short Review).

2. Minyak Kelapa Bahan Alami Atasi Bibir Kering

Bahan yang menyejukkan ini bersifat menghaluskan dan melembabkan kulit. Sangat cocok untuk bibir yang kering. Bahan ini mengunci kelembaban dan mencegahnya agar tidak cepat kering. Bahan pelembab non kosmetik ini dapat melindungi kulit dan juga dijadikan obat luka bakar sejalan dengan kondisi kering pada kulit bagian bibir.

Minyak kelapa dapat menjadi bahan anti inflamasi yang meringankan rasa sakit akibat bibir yang mulai pecah akibat kering. Ditambah dengan kerja antibakterinya, infeksi akan dapat ditangkal (Verallo-Rowell, et.al. 2008. Novel Antibacterial and Emollient Effects of Coconut and Virgin Olive Oils in Adult Atopic Dermatitis). Dipadukan dengan sedikit gula dan dioleskan ke bagian atas dan bawah membantu meregenerasi sel kulit mati.

3. Mentimun

Times Of India menuturkan bahwa mentimun memiliki sifat rehidrasi. Menyingkap bibir yang kering dan memberikan mineral maupun vitamin untuknya. Sangat efektif diterapkan pada musim panas dimana seringkali bibir sangat kering. Hanya dengan mengirisnya kemudian diusapkan ke bibir atau membuat jus sobat bisa mendapatkan manfaat dari buah yang cukup sering ada di sekitar kita ini. Membuatnya sebuah jus kemudian dioleskan ke bibir sebagai masker serta melakukannya setiap 2 kali dalam sehari akan membantu mengatasi bibir yang kering

4. Madu Bahan Alami Atasi Bibir Kering

Pengobatan yang sangat baik untuk bibir kering dan pecah-pecah ada pada madu. Bekerja hampir sama layaknya Aloe vera yang menyerap kelembaban pada udara sekitar. Bahan ini juga dikenal sebagai zat penyembuh dan membantu meredakan radang serta kulit pecah akibat kering. Manfaat madu untuk kulit adalah dari kandungan protein, enzim, vitamin, serta zat antibakteri dan antijamur di dalamnya. Hal ini membantu mempercepat proses pembelahan sel-sel kulit bibir yang baru.

Mencegah infeksi dari pecahnya kulit dan peradangan, sifat antimikroba yang dimilikinya bekerja bersama dengan menghilangkan kekeringan, sel kulit mati dari kulit bibir. Bisa diaplikasikan dengan mengoleskan tipis ke bibir dengan Cotton Bud bersih dan biarkan 20-30 menit sebelum membersihkannya. Disarankan untuk tidak menjilatnya meskipun manis karena berdampak pada kulit kering di bibir. Jadi lakukan ini pas mau tidur atau sebisa mungkin untuk menahannya deh.

5. Gula

Karena mudah ditemukan disekitar kita, bahan makanan ini bisa kita jadikan sebuah Scrub yang diaplikasikan ke bibir. Campurkan dengan salah satu dari madu, jus lemon, atau minyak kelapa atau minyak goreng biasa. Balurkan ke bibir untuk mencegah dan mengobati kering atau pecah-pecah. Menurut Aurorahealthcare, gula bersifat abrasif namun ringan hingga membantu mengangkat kulit yang kering karena sifat menyerap kelembaban yang dimilikinya.

6. Jeli Minyak Bumi

Atau sering disebut dengan Petroleum Jelly adalah campuran setengah padat dari hidrokarbon. Bahan ini sering ada pada vaselin atau pelembab kulit. Menurut Alodokter, umumnya bahan ini aman digunakan untuk mengatasi kulit kering. Carilah produk yang mengandung zat ini khusus untuk bibir dapat diaplikasikan dengan mudah. Sering muncul pada kandungan kosmetik yang dijual dengan bebas.

Beberapa cara alami dengan bahan yang tidak mengandung kimia diatas bisa sobat terapkan untuk pencegahan maupun pengobatan bibir kering.Ya meskipun bahan alami tersebut memiliki kandungan tertentu yang bekerja mengobati bagian tubuh untuk senyuman kita ini. Karena yang alami pasti aman apalagi kita bisa membuatnya sendiri dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *